Kelas: IV

Tema: 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Subtema: 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran: 5

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi, melakukan apresiasi terhadap hasil karya seni kolase dengan mandiri dan bertanggung jawab.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, sebelumnya kita telah belajar tentang padi. Tahukah kamu bahwa jenis tanaman yang berbeda mempunyai tempat yang berbeda untuk tumbuh? Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda memengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah tersebut.

Ayo, kita cari tahu dengan menyimak penjelasan pada video berikut!

Bagaimana dengan wilayah tempat kamu tinggal? Termasuk wilayah pantai, dataran tinggi, atau dataran rendah? Ayo tuliskan lokasi, ciri-ciri, sumber daya alam, manfaat, serta mata pencaharian penduduk di sekitar tempat tinggalmu dalam peta pikiran sepeti di bawah ini!


Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan kepada bapak/ibu guru!

Pada pembelajaran sebelumnya kamu dan teman-temanmu telah membuat kolase dari tumbuhan. Pamerkan kolase tersebut pada WA Group! Jelaskan hasil karyamu kepada teman-temanmu! Amati hasil karya teman-temanmu tersebut dan beri komentar sebagai bentuk apresiasimu!

Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasil pekerjaanmu kepada bapak/ibu guru ya!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

0 Komentar