Tema : 4. Kewajiban dan Hakku 

Subtema: 4. Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara 

Pembelajaran:2

Tujuan Pembelajaran 

Setelah membaca teks, peserta didik dapatmenuliskan kalimat permasalahan dan penyelesaian masalah (sederhana) berdasarkan teks tulis dengan tepat; menuliskan kewajiban dan hak sebagai warga negara berdasarkan teks tulis dengan tepat.

Anak-anak, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya. 

Anak-anak, pada pembelajaran hari ini kita memasuki pembelajaran sub tema 4, yaitu Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara. Nah, untuk mengetahui pembelajaran kita hari ini simak bersama-sama, yuk video di bawah ini! Selama menonton video siapkan buku untuk mencatat informasi baru yang akan kamu ketahui yaa. Klik tautan di bawah ini! 

 

Kalimat penyelesaian berisi pendapat terhadap suatu masalah. Kalimat penyelesaian biasanya menggunakan kata sebaiknya, seharusnya, dan hendaknya yang ditulis di awal atau pertengahan kalimat. Selanjutnya, amati teks yang berjudul “Menjaga Kesehatan Gigi” di bawah ini!

Menjaga Kesehatan Gigi 

Sore itu, Udin membeli makanan di toko depan rumahnya bersama teman-temannya. Udin membeli banyak sekali permen. Kakak Udin berpesan agar permen itu tidak dihabiskan sekaligus. Namun, Udin menghabiskan permen itu semuanya. Malam harinya, Udin tidak bisa tidur. Pipinya bengkak. Ia sakit gigi. Kemudian, ibu membawa Udin ke dokter gigi. 

Sesampainya di klinik, Udin bertemu dengan dokter. Dokter meminta Udin untuk membuka mulut. Dokter menyarankan agar Udin tidak terlalu banyak makan permen. Dokter juga mengatakan agar Udin rajin menyikat giginya.

Tuliskan kalimat permasalahan dan kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah (sederhana) berdasarkan teks tulis tersebut! Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto dan mengunggahnya di WAG!  

Ayah/Bunda, tolong bimbing dan awasi Putra/putrinya ya. Biarkan mereka mengeksplorasi kemampuan dirinya menuliskan kalimat penyelesaian masalah berdasarkan teks tulis. Mari kita sama-sama fasilitasi.

Wah, ternyata kalian hebat dalam menuliskan kalimat penyelesaian masalah dalam sebuah teks tulis. Terima kasih Ayah/bunda yang sudah mengirimkan foto laporan kegiatan Putra/putrinya. 

Selain hak dan kewajiban di rumah, di sekolah dan di lingkungan masyarakat, kita juga memiliki hak dan kewajiban sebagai warga Negara. 

Selanjutnya, amati kembali teks “Menjaga Kesehatan Gigi” lalu tentukan dan tuliskan hak dan kewajiban kita sebagai warga Negara berdasarkan teks tersebut, boleh juga kalian kembangkan menurut kalian hak dan kewajiban sebagai warga Negara. Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengunggahnya di WAG. 

Ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 

Terima kasih, sampai jumpa!

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta ---------------------------------------------------------------------------------

 

 

 BDR KELAS 3 KAMIS, 26 NOVEMBER 2020

Tema : 4. Kewajiban dan Hakku 

Subtema: 4. Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara 

Pembelajaran: 1

Tujuan Pembelajaran

Setelah membaca teks, peserta didik dapat menuliskan kalimat permasalahan dan penyelesaian masalah (sederhana) berdasarkan teks tulis dengan tepat; menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya sudah diketahui dengan tepat; membuat kreasi seni dengan menggunakan teknik melipat dengan tepat.

Anak-anak, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya. 

Anak-anak, pada pembelajaran hari ini kita memasuki pembelajaran sub tema 4, yaitu Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara. Nah, untuk mengetahui pembelajaran kita hari ini simak bersama-sama, yuk video di bawah ini! Selama menonton video siapkan buku untuk mencatat informasi baru yang akan kamu ketahui yaa. Klik tautan di bawah ini!

 

Kalimat penyelesaian menjelaskan tentang pendapat dalam permasalahan yang timbul. Kita dapat menjelaskan kalimat penyelesaian berdasarkan teks yang ada.

Selanjutnya, amati teks yang berjudul “Merawat Tanaman” di bawah ini!

Merawat Tanaman 

Udin dan teman-temannya sedang bermain bersama di taman. Udin terkejut karena taman itu sangat kotor. Banyak sampah daun berguguran dan membusuk. Selain itu, ada kubangan air sehingga banyak jentik nyamuk tumbuh di dalamnya. Udin juga melihat tanaman-tanaman kering yang tidak pernah disiram. Udin tidak bisa bermain di taman itu karena kotor dan bau sampah. 

Besoknya, Udin dan teman-temannya membersihkan taman itu. Mereka membawa sapu, sekop, dan plastik sampah. Mereka juga tidak lupa membawa bibit tanaman. Udin mulai menyapu daun-daun. Yang berguguran dan memasukkan smpah ke dalam tempat sampah. Temannya yang lain ada yang membuang air kubangan ke tanah. Setelah menyapu dan membersihkan taman, Udin dan teman-temannya menanam bibit tanaman yang dibawa. Mereka juga menanam bunga agar taman semakin indah. Setelah selesai, mereka mencuci tangan dan pulang dengan hati yang senang karena taman tempat mereka bermain sudah bersih dan sejuk.

Tuliskan kalimat permasalahan dan kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah (sederhana) berdasarkan teks tulis tersebut! Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto dan mengunggahnya di WAG! Ayah/Bunda, tolong bimbing dan awasi Putra/putrinya ya. Biarkan mereka mengeksplorasi kemampuan dirinya menuliskan kalimat penyelesaian masalah berdasarkan teks tulis. Mari kita sama-sama fasilitasi.

Wah, ternyata kalian hebat dalam menuliskan kalimat penyelesaian masalah dalam sebuah teks tulis. 

Terima kasih Ayah/bunda yang sudah mengirimkan foto laporan kegiatan Putra/putrinya. 

Ayo, menentukan dua bilangan yang hasil pembagiannya diketahui! Ingatlah, pembagian merupakan lawan dari perkalian. Selanjutnya, berlatih mengerjakan soal latihan di bawah ini!

 

Tuliskan pada buku tulismu. Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengunggahnya di WAG.

Pernahkah kamu melihat karya dari kertas berupa bentuk, seperti hewan, tumbuhan, atau alat transportasi? Karya tersebut dinamakan seni melipat kertas. Seni melipat kertas juga biasa disebut dengan origami. Melipat selembar kertas persegi menjadi sebuah bentuk, mulai dari bentuk sederhana sampai sulit. 

Nah, selanjutnya buatlah topi menggunakan origami/kertas koran/kertas hvs. Buatlah sesuai dengan ukuran kepalamu. Buatlah yang rapi dan dapat dipakai. 

Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto setiap kegiatan kalian membuatnya hingga bisa dipakai dan pas di kepala kalian, kirimkan kepada Bapak/ibu guru foto tersebut sebagai bentuk laporan pembelajaran.

Ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.Terima kasih, sampai jumpa besok!

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta ---------------------------------------------------------------------------------

  

BDR KELAS 3 RABU, 25 NOVEMBER 2020 

Tema: 4. Kewajiban dan Hakku

Subtema: 3. Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga

Pembelajaran: 5 dan 6

Tujuan Pembelajaran

Setelah membaca teks, peserta didik dapatmenemukan dan menuliskan kalimat penyelesaian masalah (sederhana) dalam hidup bertetangga dengan tepat; menceritakan pengalaman sehari-hari berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban dan hak dengan tetangga dengan percaya diri; menentukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya sudah diketahui dengan tepat.

Anak-anak, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya. Ayo, ingat kembali! Kalimat penyelesaian dapat disusun berdasarkan teks yang kit abaca.

Nah, untuk mengetahuinya kita simak bersama-sama, yuk video di bawah ini! Selama menonton video siapkan buku untuk mencatat informasi baru yang akan kamu ketahui yaa. Klik tautan di bawah ini!

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QGDhbhYJdrI

Kalimat penyelesaian dapat ditemukan dalam suatu teks yang kita baca atau kita dengar. Kalimat penyelesaian biasanya diawali dengan suatu masalah. Setelah menyimak teks, kita dapat menuliskan kalimat penyelesaian dengan menggunakan kata-kata baku dan kalimat sesuai ejaan yang benar. Selanjutnya, amati teks yang berjudul “Wabah Demam Berdarah” di bawah ini!

Wabah Demam Berdarah

Ayah Dayu terserang demam berdarah. Tubuhnya demam tinggi dan menggigil kedinginan. Kepalanya terasa berat. Perutnya mual dan ingin muntah. Ada bintik-bintik merah di kulitnya. Tetangga Dayu pun segera membawanya ke rumah sakit.

Demam berdarah penyakit berbahaya dan mudah menular. Nyamuk demam berdarah adalah penyebar penyakit demam berdarah. Seluruh warga membersihkan lingkungan. Mereka membersihkan lingkungan untuk memberantas sarang nyamuk demam berdarah. Seluruh warga bekerja dengan bergotong royong. Mereka melakukan 3 M yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur. Mereka juga melakukan pengasapan.

Tuliskan kalimat penyelesaian masalah (sederhana) berdasarkan teks tulis tersebut! Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto dan mengunggahnya di WAG! Ayah/Bunda, tolong bimbing dan awasi Putra/putrinya ya. Biarkan mereka mengeksplorasi kemampuan dirinya menuliskan kalimat penyelesaian masalah dalam teks tulis tersebut. Mari kita sama-sama fasilitasi.

Wah, ternyata kalian hebat dalam menuliskan kalimat penyelesaian masalah dalam sebuah teks tulis. Terima kasih Ayah/bunda yang sudah mengirimkan foto laporan kegiatan Putra/putrinya.Kitatelah mengetahui bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri dan memenuhi kebutuhannya sendiri.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti memerlukan bantuan orang-orang yang ada di sekitar kita. Selain itu, kita juga memiliki kewajiban untuk saling menghargai dan menghormati sesama warga masyarakat. Sikap saling menghargai dan menghormati sangat dibutuhkan untuk dapat terpenuhinya hak warga untuk hidup rukun, tenang, dan nyaman.

Selanjutnya, ceritakan secara lisan pengalamanmu berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban dan hak tetangga! Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memvideokan dan mengunggahnya di WAG.

Ayo, ingat kembali tentang cara menentukan pasangan bilangan dengan perkalian tertentu! Kamu dapat menggunakan operasi hitung yang merupakan kebalikan dari perkalian, yaitu pembagian.

Tentukan lima kemungkinan berikut ini!


Tuliskan pada buku tulismu. Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengunggahnya di WAG.Ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

BDR KELAS 3 SELASA, 24 NOVEMBER 2020

Tema: 4. Kewajiban dan Hakku

Subtema: 3. Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga

Pembelajaran:4

Tujuan Pembelajaran

Setelah membaca teks, peserta didik dapat menemukan dan menuliskan kalimat yang menunjukkan masalah dan penyelesaiannya dengan tepat; menceritakan pengalaman sehari-hari berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga dengan percaya diri.

Anak-anak, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya. Ayo, ingat kembali! Sebuah informasi dalam teks pasti disajikan dalam bentuk kalimat utama dan kalimat pendukung. Nah, untuk mengetahuinya kita simak bersama-sama, yuk video di bawah ini! Selama menonton video siapkan buku untuk mencatat informasi baru yang akan kamu ketahui yaa. Klik tautan di bawah ini!

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=vw3yoHAx8CA

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pokok pikiran, ataupun ide utama, pada suatu paragraf. Sedangkan, kalimat pendukung adalah kalimat yang digunakan oleh penulis untuk memperjelas kalimat utama.

Selanjutnya, amati teks yang berjudul “Bekerja Bakti Bersama Tetangga” di bawah ini!

Bekerja Bakti Bersama Tetangga

Setiap Minggu pagi, Lani dan orang tuanya ikut bekerja bakti di lingkungan rumahnya. Lani bertemu tetangga-tetangganya. Lani melihat kubangan air yang kotor. Ia dan teman-temannya membersihkan kubangan itu agar tidak ada jentik nyamuk.

Ibu Lani membersihkan taman karena banyak daun berserakan. Sedangkan ayah Lani bersama pemuda lain membersihkan parit. Parit dibersihkan agar sampah tidak menyumbat saluran air. Jika tidak dibersihkan, maka lingkungan rumah akan banjir karena air yang tersumbat oleh sampah.

Tuliskan masalah dan penyelesaiannya pada tabel berikut!


Gunakan bahasamu sendiri dengan ejaan yang tepat. Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto dan mengunggahnya di WAG! Ayah/Bunda, tolong bimbing dan awasi Putra/putrinya ya. Biarkan mereka mengeksplorasi kemampuan dirinya menuliskan penyelesaian masalah dalam teks tulis tersebut. Mari kita sama-sama fasilitasi.

Wah, ternyata kalian hebat dalam menuliskan penyelesaian masalah dalam sebuah teks tulis. Terima kasih Ayah/bunda yang sudah mengirimkan foto laporan kegiatan Putra/putrinya.

Kita sudah mempelajari bahwa kita harus dapat menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban tanpa merugikan orang lain. Hal ini sangat penting agar dapat tercipta suasana yang rukun, baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat.

Selanjutnya, ceritakan secara lisan pengalamanmu berkaitan dengan kewajiban dan hak ketika bekerja bakti bersama tetangga agar lingkungan rumah dan sekitar menjadi bersih. Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memvideokan dan mengunggahnya di WAG.

Ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

BDR KELAS 3 SENIN, 23 NOVEMBER 2020 

Tema: 4. Kewajiban dan Hakku

Subtema: 3. Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga

Pembelajaran: 3

Tujuan Pembelajaran

Setelah membaca teks, peserta didik dapat menuliskan kalimat saran berdasarkan teks tulis; menentukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya diketahui; membuat karya dekoratif menggunakan bentuk dan warna dengan percaya diri.

Anak-anak, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak bersama Ayah/bunda di rumah ya.

Anak-anak, masih ingatkan dengan kalimat saran itu biasanya menggunakan kata apa? Nah, untuk mengingatkan kembali kita simak bersama-sama, yuk video di bawah ini! Selama menonton video siapkan buku untuk mencatat informasi baru yang akan kamu ketahui yaa.

Klik tautan di bawah ini!


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=TJAQRuZBglI

Kalimat saran dapat juga disebut kalimat penyelesaian. Kalimat saran biasanya menggunakan kata sebaiknya, seharusnya, dan hendaknya. Kalimat penyelesaian ditulis dengan bahasa yang santun agar tidak menyinggung perasaan lawan bicaranya.

Selanjutnya, perhatikan teks tulis di bawah ini!

Berbagi Kepada Tetangga

Pak Arif memiliki pohon jambu yang besar di depan rumahnya. Suatu hari, pohon jambu milik Pak Arif berbuah lebat. Buahnya banyak sekali. Setiap orang yang melewati rumahnya pasti akan tergoda untuk mencicipi buah itu. Pak Arif memanen pohon jambunya. Pak Arif meminta anaknya untuk mengambil karung. Pak Arif memasukkan buah jambu itu ke dalam karung.

Pada sore hari, karung yang berisi buah jambu tersebut sudah penuh. Dibantu anaknya, Pak Arif lalu membagikan jambunya kepada para tetangganya. Sisanya akan Pak Arif jual di pasar. Pak Arif tidak segan untuk membagikan makanan kepada tetangganya. Ia merasa senang karena dapat berbagi kepada orang lain

Temukan permasalahan pada teks tersebut!

Tuliskan kalimat saran sesuai dengan permasalahannya! Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto dan mengunggahnya di WAG! Ayah/Bunda, tolong bimbing dan awasi Putra/putrinya ya. Biarkan mereka mengeksplorasi kemampuan dirinya menuliskan kalimat saran sesuai dengan permasalahannya dalam teks tulis. Mari kita sama-sama fasilitasi.

Wah, ternyata kalian hebat dalam menuliskan kalimat saran berdasarkan permasalahan dalam sebuah tekstulis.

Terima kasih Ayah/bunda yang sudah mengirimkan foto laporan kegiatan Putra/putrinya. Suatu bilangan juga dapat dinyatakan sebagai hasil kali dua bilangan. Untuk mempermudah pengerjaannya, gunakan operasi hitung yang merupakan lawannya, yaitu pembagian.

Selanjutnya, tuliskan lima kemungkinan lain di bawah ini!


Tuliskan pada buku tulismu. Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasil pekerjaanmu dan mengunggahnya di WAG.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mempelajari macam-macam bentuk gambar dekoratif, yaitu meliputi bentuk motif tumbuhan, hewan, dan geometris.

Selanjutnya, membuat gambar motif. Gunakan kertas gambar, pensil, dan pensil warna/crayon/spidol.

Ikuti langkah-langkahnya pada video pembelajaran di atas. Berkreasilah dengan pilihan warna yang kalian sukai. Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk memfoto hasilnya dan mengunggahnya di WAG.Ucapkan terimakasih kepada Ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

 

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

0 Komentar