Tema: 5. Pahlawanku 

Subtema: 3. Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran: 6

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila dengan percaya diri dan penuh tanggung jawab.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Nak, sudahkah kamu lakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) hari ini? Ayo lakukan PSN agar lingkungan rumahmu selalu bersih dan kita semua terhindar dari covid-19 dan demam berdarah.

Dengan melakukan PSN dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, kita sudah meneladani sikap kepahlawanan dari para pahlawan bangsa. Banyak sikap kepahlawanan yang ditunjukkan oleh orang-orang di sekitar kita. Setiap orang bisa menjadi pahlawan, asalkan dia melakukan hal-hal yang berguna untuk lingkungannya. 

Apakah sikap yang dimiliki sosok berikut ini mencerminkan sikap kepahlawanan? Yuk kita kita cari tahu dengan menyimak video berikut ini ya!

Sumber: https://youtu.be/5J-6RO03KVo

Jelaskan maksud dari pernyataan di atas sehubungan dengan sila kelima Pancasila! Tuliskan pada kolom berikut ini ya!

 

Kamu juga dapat menerapkan sikap yang menunjukkan tanggung jawab sosial
dalam kehidupan sehari-hari, khususnya terhadap lingkungan. Berikan contoh!

 

Apa yang akan terjadi jika kita tidak mempunyai tanggung jawab sosial dalam
kehidupan sehari-hari?

Membantu orang-orang di sekitar kita yang mengalami kesusahan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial yang sesuai dengan sila kelima Pancasila. Dengan membantu orang-orang di sekitarmu, maka kamu adalah Pahlawan.

Semoga kamu terus dapat menerapkan sikap-sikap kepahlawanan yang telah kita pelajari pada tema 5 ini. Sampai di sini dulu pembelajaran hari ini. Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini.

Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa!

Sumber: Buku Siswa Kelas IV Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ------------------------------------------------------------------------------

 

 BDR KELAS 4 KAMIS, 3 DESEMBER 2020

Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 3. Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran: 5

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan Sultan Iskandar Muda dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran; Menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan percaya diri.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak-anak, salah satu tokoh yang berjuang untuk kemakmuran rakyatnya adalah Sultan Iskandar Muda. Bagaimana perjuangan Sultan Iskandar Muda? Yuk, kita simak video berikut ini!

Sumber: https://youtu.be/ccI31TsLtRE

Setelah menyimak video, tentu kalian sudah memahami perjuangan Sultan Iskandar Muda. Sebagai latihan, silakan tuliskan dalam peta pikiran berikut ini ya!

Sultan Iskandar Muda, mengabdikan seluruh hidupnya bagi negara dan kebesaran bangsa. Beliau sangat peduli terhadap kesejahteraan rakyat Aceh. 

Sultan Iskandar Muda adalah salah satu pahlawan nasional yang mencurahkan hidupnya demi kemerdekaan rakyatnya.

Nah, sekarang nyanyikan lagu "Hari Merdeka" bersama keluargamu! Rekamlah dengan voice note atau video, lalu kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!

 

Selamat bernyanyi.
Sampai di sini dulu pembelajaran kita hari ini. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa.

Terima kasih, sampai jumpa!

Sumber: Buku Siswa Kelas IV Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ------------------------------------------------------------------------------

 

 

 

BDR KELAS 4 RABU, 2 DESEMBER 2020

Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 3. Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran: 4

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat membandingkan informasi sebelum dan sesudah membaca teks nonfiksi dengan benar dan menganalisis sikap yang sesuai dengan Pancasila dengan terperinci. 

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Anak-anak, tahukah kamu kapan Hari Pahlawan diperingati? Mengapa peringatan tersebut merupakan hari besar Nasional? Peristiwa apa yang terjadi pada tanggal itu? 

Sebelum kita pelajari lebih lanjut. Tulislah hal-hal yang kamu ketahui tentang
hari pahlawan!

 

Nah, untuk mempelajari tentang hari pahlawan, yuk kita simak video berikut ini ya!

 

Berdasarkan teks Bung Tomo pada video tadi tulislah informasi mengenai Hari Pahlawan.


Bandingkan informasi awal yang kamu tulis sebelumnya dengan sekarang.

Apa kesimpulanmu? 

Sikap-sikap Bung Tomo telah mengaplikasikan Pancasila. Beliau gigih mempertahankan kemerdekaan. Itulah sikap dari Bung Tomo. Sikap itu harus kita contoh, sehingga kita juga layak menjadi pahlawan.

Nah, sampai di sini dulu pembelajaran kita hari ini. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa.

Terima kasih, sampai jumpa!

Sumber: Buku Siswa Kelas IV Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ------------------------------------------------------------------------------

 

BDR KELAS 4 SELASA, 1 DESEMBER 2020

Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 3. Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran:3

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat mengidentifikasi sikap kepahlawanan; Menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Setelah mengetahui perjuangan para pahlawan, sikap apakah yang dapat kamu tiru dari mereka? Apakah sikap kepahlawanan itu hanya ditunjukkan pada masa perjuangan melawan penjajah saja? Adakah tokoh-tokoh pada masa sekarang yang tindakan mencerminkan sikap kepahlawanan? Mari kita cari tahu bersama melalui video berikut ini!

 

Masih ingatkah kamu dengan perjuangan para tokoh pada masa kerajaan Hindu, Buddha, Islam, dan masa penjajahan? Bagaimana sikap kepahlawanan yang mereka miliki? Yuk kita buat urutan atau lini masa perjuangan dan sikap kepahlawanan mereka! Tuliskan pada tabel berikut ini ya!

 

Sikap kepahlawanan bisa kamu temukan di lingkunganmu. Kamu bisa belajar tentang sikap kepahlawanan dari kisah seorang penjaga pintu perlintasan kereta api.

Untuk menambah pengetahuanmu tentang sikap kepahlawanan dari penjaga pintu kereta api, bacalah teks berikut dalam hati!

 

Menjadi penjaga pintu perlintasan kereta api yang bertanggung jawab adalah salah satu cerminan sikap kepahlawanan.

Sikap kepahlawanan pun dimiliki oleh mereka yang bekerja di kapal selam. Mereka menjaga perairan Indonesia tetap terjaga dari gangguan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya kapal selam menggunakan sebuah ‘jendela’ yang membantunya melihat keadaan sekeliling. Jendela ini berfungsi seperti mata pengintip. ‘Jendela’ pada kapal selam ini disebut periskop.

Nah, dari video yang kalian simak tadi, sebagai latihan jawablah pertanyaan berikut ini. Boleh ditulis di buku tugas atau direkam voice note, lalu kirim kepada bapak/ibu guru melalui WA ya!

1. Apa yang kamu ketahui tentang periskop?

2. Bagaimana cara kerja periskop sederhana?

Selamat mengerjakan!

Sampai di sini dulu pembelajaran kita hari ini. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa.

Terima kasih, sampai jumpa!

Sumber: Buku Siswa Kelas IV Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ------------------------------------------------------------------------------

 

  BDR KELAS 4 SENIN, 30 NOVEMBER 2020

Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 3. Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran: 2

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video, peserta didik dapat menuliskan sikap kepahlawanan dan menghubungkan dengan nilai-nilai Pancasila dengan benar.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kalian telah belajar tentang sikap-sikap kepahlawanan. Sikap-sikap tersebut telah mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila. Apakah Kalian masih ingat, sikap-sikap kepahlawanan apa saja itu? Untuk mengingat kembali tentang sikap-sikap kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, yuk kita simak video berikut ini! 

 

Setelah kalian mempelajari sikap kepahlawanan, tentunya kalian merasa bangga terhadap mereka. Tulislah sikap-sikap kepahlawanan yang sudah kalian  pelajari. Apakah nilai-nilai tersebut mencerminkan sila Pancasila? Jelaskan jawabanmu pada tabel berikut ini ya!

Perhatikan gambar-gambar berikut. Apakah sikap mereka sudah mengaplikasikan nilai- nilai Pancasila?

Tuliskan jawabanmu pada buku tugas, lalu jika sudah selesai, fotokan dan kirimkan kepada Bapak/Ibu guru melalui WA ya!

 

Berkat perjuangan para pahlawan, Indonesia mencapai kemerdekaannya. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur dan mendoakan para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Sampai di sini dulu pembelajaran kita hari ini. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa.

Terima kasih, sampai jumpa!

Sumber: Buku Siswa Kelas IV Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ------------------------------------------------------------------------------


 

BDR KELAS 4 JUMAT, 27 NOVEMBER 2020

 Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 3. Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran:1

Tujuan Pembelajaran 

Setelah menyimak video peserta didik dapat menyampaikan informasi baru yang didapat dari teks dan melaporkan hasil percobaannya tentang bayangan pada cermin dengan benar dan percaya diri.

Assalamu alaikum anak-anak, apa kabar? Anak-anak sudah melaksanakan 3M hari ini? Melaksanakan gerakan 3M untuk mencegah penyakit DBD dan 3M untuk mencegah penyebaran virus corona sama pentingnya ya. Siapa yang selalu melaksanakan 3 M? Bagus, itu salah satu sikap kepahlawanan juga lho. Pahlawan kesehatan. Dengan 3 M kita telah menyelamatkan diri sendiri dan oran-orang di sekitar kita. Selamat ya untuk kalian yang telah menunjukkan sikap kepahlawanan.

Anak-anak kalian masih ingat pelajaran tentang sifat-sifat cahaya? Bagus, untuk selanjutnya, kita akan mempelajari berbagai cermin. Siapkan catatan ya, tulis informasi baru yang kalian peroleh, kita lihat ya di tautan berikut! 

 

Nah, tugas kalian sekarang adalah menuliskan informasi yang kalian dapatkan dari video tadi. Tulis dengan bahasamu sendiri. Tulis jawabanmu dibuku tulis,ya! Kemudian foto dan kirimkan ke WA bapak/Ibu guru ya!

Selamat mengerjakan anak-anak!

Terima kasih untuk anak-anak yang telah menyelesaikan tugas pertamanya. Selanjutnya saatnya kita melakukan percobaan ya.  

Kalian boleh mencari benda-benda di sekitar kalian yang menggunakan sifat-sifat cermin. Boleh cermin datar, cermin cekung, maupun cermin cembung. Amati cara kerja dan fungsinya serta manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari, sesuai tabel berikut ya!

  

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa minggu depan! 

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta ---------------------------------------------------------------------------------

 

 

 

Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 2. Pahlawan Kebanggaanku

Pembelajaran: 6

Tujuan Pembelajaran 

Setelah menyimak tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan makna nilai-nilai sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiridengan mandiri dan bertanggung jawab.

Assalamu alaikum Ananda semua yang hebat, apa kabar? Semoga semua dalam keadaan sehat ya.

Ananda, tahukah kamu siapa pahlawan nasional yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia? Beliau adalah Ir. Soekarno atau lebih akrab disapa Bung Karno adalah pejuang pemersatu bangsa, pejuang melawankolonialisme dan imperealisme, proklamator kemerdekaan bangsa Indonesia serta presiden pertama Republik Indonesia selalu dikenaldan dihormati bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang Soekarno melalui tayangan pada tautan berikut ini!

Sumber: https://youtu.be/JXmckcgjzDQ

Setelah menyaksikan tayangan tadi, selanjutnya tuliskanlah informasi yang kamu peroleh dalam bentuk peta pikiran seperti berikut!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada Bapak/Ibu guru!

Sepanjang hayatnya, Bung Karno telah menyumbangkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk mempersatukan bangsa Indonesia agar menjadi bangsa besar, yang hidup dalam masyarakat berkeadilan danberkemakmuran dan bebas dari penindasan.Upaya Bung karno untuk menciptakan masyarakat berkeadilan dan berkemakmuran sejalan dengan sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.Kamu dapat menerapkan sikap yang menunjukkan keadilan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Berikan contoh!

 

Apa yang akan terjadi jika kita tidak menerapkan sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari? 

 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian paparkan hasilnya kepada bapak/ibu guru melaluirekaman suara! Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok! 

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta ---------------------------------------------------------------------------------

 

Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 2. Pahlawan Kebanggaanku

Pembelajaran: 5

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak tayangan video, peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri, menyelesaikan masalah pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat dengan santun dan teliti.

Assalamu alaikum, apa kabar Ananda semua? Hari ini adalah tanggal 25 November 2020. Tahukah kamu diperingati sebagai hari apa pada tanggal tersebut? Ya, tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa.

Dalam dunia pendidikan di Indonesia ada seorang tokoh penting yang diberi gelar ‘Bapak Pendidikan Nasional’. Tahukah kamu siapa beliau? Yuk kita cari tahu melalui tayangan berikut ini!  

 
 
Berdasarkan video tersebut, jawablah pertanyaan berikut!

 

Susunlah jawaban-jawabanmu tersebut menjadi paragraf!

Pergunakanlah ejaan yang benar! Apabila telah selesai, fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guruya!

Anak-anak, pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari cara melakukan pembulatan bilangan, mengenal alat ukur satuan panjang dan berat, serta kamu juga sudah dapat mengubah satuan panjang dan berat ke satuan lainnya. Apabila Ananda masih mengalami kesulitan dalam mempelajarinya, Ananda dapat bertanya kepada bapak/ibu guru atau ayah/bunda di rumahya!

Selanjutnya, kita akan mengerjakan kuis tentang pembulatan bilangan pada satuan panjang dan beratpada tautan di bawah ini.

Kerjakanlah dengan teliti ya!

https://forms.gle/X5pzbAawhFyU73UDA

Bagaimana hasilnya? Apakah kamu memperoleh skor yang tinggi? Hebat! Apabila kamu belum mencapai skor yang tinggi, jangan berkecil hati. Pelajari kembali materi-materinya dan terus berlatih! Kalau sudah selesai screenshoot skor perolehanmu dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

BDR KELAS 4 SELASA, 24 NOVEMBER 2020

Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 2. Pahlawan Kebanggaanku

Pembelajaran:4

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan makna nilai-nilai sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri dengan santun dan bertanggung jawab.

Ananda, Indonesia mempunyai pahlawan-pahlawan nasional. Mereka bekerja keras memperoleh kemerdekaan Indonesia. Salah satu pahlawan nasional yang terkenal akan keberaniannya dalam menentang masa penjajahan Belanda adalah Kapitan Pattimura. Ayo kita cari tahu tentang perjuangan Kapitan Pattimura melalui tayangan berikut ini!

 

Berdasarkan tayangan tadi, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Perjuangan para pahlawan dalam memperoleh kemerdekaan sangatlah hebat ya Anak-anak! Selain itu, banyak juga hal-hal positif yang dapat kita contoh dari para pahlawan. Menurutmu apakah sikap Kapitan Patimura mencerminkan nilai-nilai Pancasila?

Nah, selanjutnya jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini ya!

1.Apakah sikap Kapitan Pattimura mencerminkan kerja keras? Jelaskan jawabanmu!

2.Apakah sikap Kapitan Pattimura menginginkan keadilan? Jelaskan jawabanmu!

3.Apakah sikap Kapitan Pattimura menginginkan kedaulatan wilayahnya diakui? Jelaskan jawabanmu?

4.Apakah sikap Kapitan Pattimura mencerminkan nilai-nilai sila kelima Pancasila? Berikan contohnya!

5.Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah mengamalkan nilai-nilai Pancasila sila kelima dalam kehidupan sehari-hari?

a. Sikapku yang sudah sesuai dengan sila kelima Pancasila....

b. Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai sila kelima Pancasila....

c.Rencana perbaikan yang akan aku lakukan....

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membacadoa!

Sampai jumpa besok!

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

 BDR KELAS 4 SENIN, 23 NOVEMBER 2020

Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 2. Pahlawan Kebanggaanku

Pembelajaran: 3

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak tayangan video, peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri., menyelesaikan masalah pengukuran berat dan satuan berat, mengidentifikasi kerajaan Islamdi lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini dengan santun dan teliti.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah belajar tentang Sultan Hasannudin dan nilai-nilai kepahlawanannya. Tahukah kamu siapa lagi tokoh pada masa kerajaaan Islam yang memiliki nilai-nilai kepahlawanan yang dapat kita teladani?

Nah, salah satu tokoh tersebut adalah Sultan Agung. Beliau ada raja dari Kesultanan Mataram. Sultan Agung memiliki peninggalan dalam bidang budaya yaitu seni dan kalender Jawa. Peninggalan beliau itu mewarnai budaya masyarakat Jawa. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, ayo kita simak tayangan berikut ini!


Sumber: https://youtu.be/ox2psxBgJ1A

Perhatikan tabel berikut. Isilah lebih dulu kolom sebelah kiri. Kamu bisa mengisinya berdasarkan video yang kamu saksikan tadi. Selanjutnya isilah kolom di sebelah kanan.


Tuangkan isi tabelmu ke dalam tulisan.

Tulisanmu harus memuat tokoh, tempat, waktu dan hubungan ketiganya. Pergunakanlah ejaan yang benar.

Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengatahui pembulatan pada satuan panjang, alat ukur panjang dan juga satuannya. Sama halnya pada pengukuran panjang, hasil pengukuran berat pun dapat dibulatkan.

Kali ini kita akan mempelajari tentang alat uku berat dan satuannya. Simak penjelasannya pada video berikut ini ya!

Sumber: https://youtu.be/RT_MzVMXqUY

Selanjutnya kerjakanlah soal-soal berikut ini!

1.Isilah titik-titik di bawah ini dengan bilangan yang tepat!

     a)10 kg= ... g

     b)2 ton= ... kg

     c)100 g= ... kg

     d)350 mg= ... cg

     e)2.000 kg= ... ton

2.Selesaikan operasi hitung berikut ini dengan benar!

     a)12 kg + 20 hg = ... kg

     b)10 ton + 5 kuintal = ... kg

     c)500 cg +20 hg = ... g

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

0 Komentar