Tema: 5. Ekosistem

Subtema: 2. Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran: 5

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak tayangan video, p eserta didik dapat menjelaskan pengertian dan jenis-jenis simbiosis; dapat menyebutkan jenis-jenis kenampakan alam di Indonesia melalui permainan Teka Teki Silang (TTS).

Bagaimana kabarnya Ayah, Bunda dan Ananda hari ini? Semoga semua dalam keadaan sehat dan bersemangat. Pada subtema sebelumnya kita sudah mengenal berbagai jenis ekosistem. Setiap jenis ekosistem mempunyai ciri khas yang dipengaruhi oleh keadaan disekitarnya. 

Di dalam sebuah ekosistem, setiap makhluk hidup saling berhubungan. Hubungan antar dua makhluk hidup berbeda jenis disebut dengan simbiosis. Hubungan ini dapat bersifat menguntungkan atau merugikan. Mari kita simak penjelasan pada video berikut ini


 

Bagaimana videonya sudah cukup jelas bukan? Setelah menyaksikan video, Ananda dapat menjawab pertanyaan berikut: 

1.Sebutkan jenis-jenis simbiosis yang kalian ketahui! 

2.Tuliskan dalam bentuk tabel contoh dari setiap simbiosis tersebut!


Kalian boleh berdiskusi dengan Ayah, Bunda atau orang yang ada di rumah kalian untuk mengerjakan tugasnya . Setelah selesai kirim tugasnya dalam bentuk foto setelah itu mengunggah di WAG kelas.

Terima kasih Ananda yang sudah mengumpulkan tugas pertamanya. 

Pada pembelajaran lalu kita sudah mempelajari tentang kenampakan alam yang ada di Indonesia. Kenampakan alam adalah bentuk permukaan bumi yang terjadi karena proses alam. 

Contoh kenampakan alam adalah gunung, danau, pantai dan lain sebagainya. Kali ini kita akan mempelajari tentang kenampakan buatan. 

Jika kenampakan alam terjadi karena proses alam, maka berbeda dengan kenampakan buatan, kenampakan buatan terjadi karena bentuk permukaan bumi yang terjadi karena aktivitas manusia. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan pada video berikut ini 

 

Bagaimana videonya mudah dipahami bukan? Kalian sekarang jadi tahu ya apa saja jenis kenampakan buatan.Sekarang kita bermain Teka Teki Silang (TTS) yuk! Tugas Ananda hari ini menjawab pertanyaan pada TTS yang sudah Ibu/Bapak guru berikan tentang kenampakan buatan. Jawabannya sesuai dengan jumlah kotak yang tersedia pada TTS

 

Mendatar

2. Tempat untuk lalu lintas orang dan kendaraan 

4. lahan yang digunakan untuk bercocok tanam yang luas 

5. bangunan kuno yang dibuat dari batu 

7. tanah yang digarap dan diairi untuk menanam padi

8. sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai atau danau untuk menerima kapal 

9. kawasan yang digunakan sebagai tempat tinggal penduduk 

Menurun

 1. kolam buatan yang biasanya terdapat didaerah pantai sebagai budidaya perairan 

2. sebuah bangunan untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus 

3. bangunan penahan atau penimbun air untuk irigasi 

6. kebun yang ditanami bunga-bunga dan sejenisnya adalah

Jika sudah selesai, kirim foto gambar TTS nya beserta jawabannya. Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, selamat libur akhir pekan.

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta ---------------------------------------------------------------------------------

 

 



BDR KELAS 5 KAMIS, 26 NOVEMBER 2020

 Tema: 5. Ekosistem

Subtema: 2. Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran:4

Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik dapat menjelaskan peran produsen, konsumen dan pengurai pada rantai makanan, serta membentuk jaring-jaring kubus, dengan benar.

Bagaimana kabarnya Ayah, Bunda dan Ananda hari ini? Semoga semua dalam keadaan sehat dan bersemangat.  

Ananda, kali ini kita akan belajar lebih banyak tentang rantai makanan. Rantai makanan adalah perjalanan makan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup.Makhluk hidup memiliki peran masing-masing pada rantai makanan. Agar pembahasan lebih lengkap dan kalian bisa lebih paham,yuk,simak penjelasannya dalam video pada tautan berikut ini.

 

Bagaimana videonya sudah cukup jelas bukan? Ada tiga peran pada rantai makanan yaitu produsen, konsumen dan pengurai. 

Tugas Ananda hari ini adalah :

 1.Gambarlahdiagram rantai makanan seperti yang ada pada video! 

2.Jelaskan peran produsen, konsumen dan pengurai dalam rantai makanan!

Kalian boleh berdiskusi dengan Ayah, Bunda atau orang yang ada di rumah kalian untuk mengerjakan tugasnya. Setelah selesai kirim tugasnya dalam bentuk foto setelah itu mengunggah di WAG kelas.

Terima kasih Ananda telah mengumpulkan tugas pertamanya. 

Pada pembelajaran sebelumnya, Ananda mempelajari jaring-jaring bangun kubus dan jaringjaring balok. Kali ini kita akan mengulang kembali tentang jaring-jaring kubus.

 

Tugas Ananda adalah :  

1.Gambarlah bangun ruang kubus dan jaring-jaring tersebut di atas, dan gunting! 

2.Isilah titik-titik pada jaring-jaring kubustersebut dengan huruf sehingga membentuk bangun ruang seperti pada gambar kubus di atas! 

3.Bentuklah jaring-jaring tersebut sampai membentuk bangun ruang kubus!Jika sudah selesai, kirim foto jawaban ke WAG kelas!  

Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri. Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa besok.

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta ---------------------------------------------------------------------------------

 

 

Tema: 5. Ekosistem

Subtema: 2. Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran: 3

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat membuat pantun dan membacanya dengan ekspresiyang tepat sebagai bentuk ungkapan diri, serta dapat menjelaskan contoh kenampakan alam.

Bagaimana kabarnya Ayah, Bunda, dan Ananda hari ini? Semoga semua dalam keadaan sehat dan bersemangat. Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari tentang pengertian pantun, ciri-ciri pantun dan lain sebagainya.

Pantun yang pernah kalian buat pada pertemuan sebelumnya memberikan makna untuk selalu menjaga keseimbangan ekosistem agar ekosistem kita tetap seimbang dan terjaga. Kali ini kita masih belajar tentang pantun, hanya saja agak berbeda dari biasanya.

Kalian tahu tidak hari ini tanggal berapa dan diperingati sebagai hari apa? Tepat sekali hari ini tanggal 25 November 2020 kita merayakan Hari Ulang Tahun Guru Nasional. Dalam satu tahun Indonesia memperingati hari guru sebanyak dua kali, hari guru sedunia dan hari guru nasional. Hari guru sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober.

Tugas Ananda hari ini adalah membuat sebuah pantun untuk guru kalian, sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih atas jasa dan usaha Ibu/ Bapak guru.

1.Buatlah contoh pantun bertemakan hari guru!

2.Sebutkan bagian-bagian dari pantun tersebut!

3.Jelaskan amanat pantun tersebut! Kalian boleh berdiskusi dengan Ayah, Bunda atau orang yang ada di rumah kalian untuk membuat pantunnya. Setelah selesai kirim tugasnya dalam bentuk video kalian membacakan pantunnya. Dan mengunggah di WAG kelas agar Ibu/Bapak guru bias mendengarkan pantun yang kalian bacakan.

Selamat berkreasi.

Pada pembelajaran tema sebelumnya kita pernah belajar tentang jenis-jenis kenampakan alam. Kali ini kita bias mengingat kenampakan alam yang pernah kita pelajari tersebut. Mari kita simak penjelasan tentang kenampakan alam di video pada tautan berikut ini.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=XS8CtQHBf08

Bagaimana videonya? Sudah cukup jelas bukan? Kalian jadi tahu ya jenis-jenis kenampakan alam setelah mempelajari dari video tersebut.

Tugas Ananda hari ini adalah:

1.Apa yang kalian ketahui tentang Kenampakan alam?

2.Sebutkan jenis-jenis kenampakan alam beserta pengertiannya!

Kerjakan pada buku tugas kalian. Kalian boleh berdiskusi dengan Ayah, Bunda atau orang yang ada di rumah kalian untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Jika sudah selesai kirim tugasnya dalam bentuk foto dan mengunggah nya ke WAG kelas.

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

BDR KELAS 5 SELASA, 24 NOVEMBER 2020

Tema: 5. Ekosistem

Subtema: 2. Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran: 2

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menjelaskan makna pantun yang disajikan secara tertulis, dan setelah menyimak video peserta didik dapat menuliskan pola lantai yang digunakan pada tarian “Caping Ngancak “.

Ananda bagaimana kabarnya hari ini? Tetap semangat ya.

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah pernah mengenal pantun, ciri-ciri pantun serta bagian-bagian pantun. Ada banyak interaksi yang kita lakukan sehari-hari misalnya membacakan pantun untuk teman atau membuatkan pantun. Makna pantun bisa kita pahami dari setiap kata yang menyusun baris ketiga dan keempat pada pantun.

Pada pembelajaran lalu kita sudah pernah membuat contoh pantun tentang ekosistem. Sebelum membuat pantun tentang ekosistem, kita bisa mencari pantun dari berbagai sumber atau media.

Ananda, jika memiliki hewan peliharaan dan tumbuhan, kalian harus merawatnya. Seperti misalnya memberi makan hewan dan menyiram tumbuhan. Mengapa hewan dan tumbuhan perlu kita rawat? Ini semata-mata kita lakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Tugas Ananda hari ini adalah menentukan makna dari pantun yang sudah Bapak/Ibu guru berikan.

Berikan penjelasan mengenai isi atau amanat pantun tersebut!

Pantun 1

Bali habitatnya jalak

Si nuri sakit karena kelaparan

Ekosistem tidak boleh rusak

Karena itu karunia Tuhan

Makna pantun 1 adalah __________________________________________________

Pantun 2

Mau keluar beli merica

Jangan lupa bawa uangnya

Agar ekosistem tetap terjagaBuanglah sampah pada tempatnyaMakna pantun 2 adalah ___________________________________________________

Pantun 3

Tempe goreng enak rasanya

Apalagi dimakan dengan bismillah

Ayo kita jaga lingkungan kita

Mensyukuri nikmat dari yang Esa

Makna pantun 3 adalah ________________________________________________

Pantun 4

Beli madu ke pasar lawang

buat bekal cari menecu.

Ekosistem alam haruslah seimbang

agar asri sampai anak cucu.

Makna pantun 4 adalah ___________________________________________________

Kalian boleh berdiskusi dengan Ayah, Bunda atau orang yang ada di rumah kalian untuk menentukan makna pantunnya. Jika sudah selesai kirim tugasnya dalam bentuk foto dan mengunggah nya ke WAG kelas.

Terima kasih yang sudah mengirimkan tugas pertamanya.

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah belajar bermacam-macam pola lantai tari daerah. Pola lantai biasanya sesuai dengan gerakan yang menjadi ciri khas tarian tersebut.

Pada dasarnya pola lantai terdiri atas dua bentuk, yaitu bentuk pola lantai garis lurus dan garis lengkung. Untuk lebih jelasnya yuk kita tonton video berikut ini.

 

Bagaimana videonya? Nah itu tadi penjelasan tentang pola lantai dan jenis-jenis pola lantai. Semoga kalian bisa pahami ya. Kalian tahu tidak setiap tarian daerah pastinya membentuk suatu pola lantai tertentu. Tarian daerah merupakan tarian yang berasal dari setiap daerah di Indonesia.Tarian daerah diciptakan oleh pencipta tari melalui berbagai ide dan inspirasi. Salah satu inspirasi tarian daerah adalah ekosistem sekitar.

Contoh tarian yang terinspirasi dari ekosistem sekitar adalah tari “Caping Ngancak”. Berikut adalah gerakan tarian Caping Ngancak.

Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=Elwao5WCvuQ

Tugas Ananda hari ini setelah menonton video tarian “Caping Ngancak”coba kalian jawab pertanyaan berikut sesuai dengan isi dari video:

1.Jelaskan dari daerah mana tarian tersebut berasal! Apa yang diceritakan pada tarian tersebut?

2.Sebutkan pola lantai yang digunakan pada tarian Caping Ngancak tersebut!

Kerjakan tugasnya pada buku kerja kalian, setelah selesai kirim hasilnya berupa foto, dan mengunggahnya ke WAG kelas. Jangan lupa berdoa setiap mengakhiri pembelajaran.

Sampai jumpa besok.

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima  

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

 BDR SENIN, 23 NOVEMBER 2020

Tema: 5. Ekosistem

Subtema: 2. Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran: 1

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak tayangan video, peserta didik dapatmenuliskan nama nama hewan beserta habitat dan jenis makanannya; menuliskan contoh sikap untuk menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga (rumah).

Ananda Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan tetap semangat ya.

Ekosistem terbentuk karena adanya interaksi antara makhluk hidup dengan tempat tinggalnya. Tempat tinggal makhluk hidup disebut dengan habitat. Setiap makhluk hidup pasti memiliki habitat, termasuk hewan. Sebagai contoh ekosistem hutan hujan tropis menjadi habitat harimau dan ekosistem air tawar menjadi habitat ikan lele.

Mari kita simak penjelasannya pada tautan berikut ini 

 https://www.youtube.com/watch?v=VKTAxzPI4A0

Bagaimana videonya sudah cukup jelas bukan? Tugas Ananda hari ini adalah coba kalian tuliskan hewan apa saja yang terdapat pada video beserta habitatnya. Lebih bagus lagi jika kalian dapat menambahkan contoh hewan lainnya beserta habitatnya.

Kalian dapat menuliskannya ke dalam bentuk tabel seperti berikut ini!


Kalian boleh berdiskusi dengan Ayah, Bunda atau orang yang ada di rumah kalian untuk menentukan nama hewan beserta habitat dan jenis makanannya. Jika sudah selesai kirim tugasnya dalam bentuk foto dan menggunggah ke WAG kelas.

Terima kasih yang sudah mengumpulkan tugas pertamanya.

Kalian tahu tidak dalam sebuah lingkungan keluarga pastinya memiliki persamaan maupun perbedaan. Salah satu contoh persamaan dalam keluarga adalah antara lain persamaan dalam kesukaan hewan peliharaan.

Sementara itu contoh perbedaan dalam keluarga salah satunya adalah perbedaan pendapat dalam menentukkan bentuk kandang untuk hewan peliharaan yang sama sama disukai.

Persamaan dalam keluarga memberikan manfaat bagi anggota keluarga. Begitu juga dengan perbedaan, kita sesama anggota keluarga harus dapat mengatasi perbedaan dengan menerapkan sikap toleransi. Jika setiap anggota keluarga memiliki rasa toleransi yang tinggi hubungan keluarga akan selalu harmonis. Sehingga persatuan dan kesatuan akan tercipta dalam sebuah keluarga dengan beberapa sikap yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas Ananda hari ini adalah coba kalian tuliskan cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga persatuan dengan keluarga di rumah.

Tuliskan pada buku tugasmu, jika sudah selesai kirim hasilnya dalam bentuk foto, lalu mengunggah ke WAG kelas. Jangan lupa berdoa setiap selesai mengerjakan tugasnya.

Sampai bertemu besok.

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima  

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

 

BDR KELAS 5 SENIN, 23 NOVEMBER 2020

 Tema: 5. Ekosistem

Subtema: 2. Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran: 1

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak tayangan video, peserta didik dapatmenuliskan nama nama hewan beserta habitat dan jenis makanannya; menuliskan contoh sikap untuk menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga (rumah).

Ananda Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan tetap semangat ya.

Ekosistem terbentuk karena adanya interaksi antara makhluk hidup dengan tempat tinggalnya. Tempat tinggal makhluk hidup disebut dengan habitat. Setiap makhluk hidup pasti memiliki habitat, termasuk hewan. Sebagai contoh ekosistem hutan hujan tropis menjadi habitat harimau dan ekosistem air tawar menjadi habitat ikan lele.

Mari kita simak penjelasannya pada tautan berikut ini 


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=VKTAxzPI4A0

Bagaimana videonya sudah cukup jelas bukan? Tugas Ananda hari ini adalah coba kalian tuliskan hewan apa saja yang terdapat pada video beserta habitatnya. Lebih bagus lagi jika kalian dapat menambahkan contoh hewan lainnya beserta habitatnya.

Kalian dapat menuliskannya ke dalam bentuk tabel seperti berikut ini!

 

Kalian boleh berdiskusi dengan Ayah, Bunda atau orang yang ada di rumah kalian untuk menentukan nama hewan beserta habitat dan jenis makanannya. Jika sudah selesai kirim tugasnya dalam bentuk foto dan menggunggah ke WAG kelas.

Terima kasih yang sudah mengumpulkan tugas pertamanya.

Kalian tahu tidak dalam sebuah lingkungan keluarga pastinya memiliki persamaan maupun perbedaan. Salah satu contoh persamaan dalam keluarga adalah antara lain persamaan dalam kesukaan hewan peliharaan.

Sementara itu contoh perbedaan dalam keluarga salah satunya adalah perbedaan pendapat dalam menentukkan bentuk kandang untuk hewan peliharaan yang sama sama disukai.

Persamaan dalam keluarga memberikan manfaat bagi anggota keluarga. Begitu juga dengan perbedaan, kita sesama anggota keluarga harus dapat mengatasi perbedaan dengan menerapkan sikap toleransi. Jika setiap anggota keluarga memiliki rasa toleransi yang tinggi hubungan keluarga akan selalu harmonis. Sehingga persatuan dan kesatuan akan tercipta dalam sebuah keluarga dengan beberapa sikap yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas Ananda hari ini adalah coba kalian tuliskan cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga persatuan dengan keluarga di rumah.

Tuliskan pada buku tugasmu, jika sudah selesai kirim hasilnya dalam bentuk foto, lalu mengunggah ke WAG kelas. Jangan lupa berdoa setiap selesai mengerjakan tugasnya.

Sampai bertemu besok.

 

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

0 Komentar