Kegiatan belajar selanjutnya ada di link berikut ini:

BDR KELAS 1 HARI INI: https://bit.ly/bdrkelas1tema6
BDR KELAS 2 HARI INI : https://bit.ly/bdrkelas2tema6
BDR KELAS 3 HARI INI : https://bit.ly/bdrkelas3tema6
BDR KELAS 4 HARI INI : https://bit.ly/bdrkelas4tema7
BDR KELAS 5 HARI INI : https://bit.ly/bdrkelas5tema7
BDR KELAS 6 HARI INI : https://bit.ly/bdrkelas6tema7

 

 

 

KAMIS, 4 FEBRUARI 2021 

Tema : 7. Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema : 1. Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran : 3

Tujuan Pembelajaran

Melalui tayangan video, peserta didik dapat mengidentifikasi keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia dengan mandiri dan bertanggung jawab.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Anak-anak pembelajaran kita hari ini akan membahas tentang keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia.kalian tahu bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya daerah. Kaya akan sumberdaya serta beraneka pemeluk agama. Namun keragaman tersebut justru membuat Indonesia bersatu, sesuai dengan semboyannya, Bhineka Tunggal Ika. Untuk lebih jelasnya, Yuk kita simak video berikut! 

Pada video tersebut dijelaskan tentang keragaman suku bangsa dan keragaman agama. 

Masih ingat bukan ada berapa suku bangsa di Indonesia? Ada berapa agama yang diakui di Indonesia? Serta akibat dari keragaman suku dan agama tersebut. 

Nah tugas kalian adalah menuliskan faktor-faktor penyebab terjadinya keragaman, baik suku bangsa maupun agama. 

Untuk lebih mudahnya lihat tabel berikut ini.

Isilah dengan teliti ! Bila sudah foto dan kirimkan ke Bapak /Ibu guru yaa. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________





RABU, 3 FEBRUARI 2021 

Tema : 7. Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema : 1. Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran

Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan persegi panjang, menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada dengan teliti dan kreatif.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Indonesia terdiri atas ribuan suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Tentu di daerah tempat tinggalmu juga terdapat orang-orang dengan latar belakang suku yang berbeda-beda pula bukan? Suku bangsa apa yang ada di daerahmu? 

Salah satu suku bangsa di Indonesia adalah suku bangsa Papua. Suku bangsa Papua mayoritas tinggal di Pulau Papua. Salah satu lagu terkenal dari Papua adalah “Apuse”. Lirik lagu “Apuse” menceritakan kisah perpisahan seseorang dengan kakek dan neneknya. Si cucu ini akan merantau ke negeri seberang. 

Perhatikan notasi lagu “Apuse” berikut.

Kamu dapat mempelajari cara menyanyikannya dengan menyaksikan tayangan berikut! 



Cobalah menyanyikan lagu tersebut! Kamu dapat berkolaborasi dengan anggota keluargamu dirumah untuk mengiringimu bernyanyi. Kamu dapat memanfaatkan benda-benda yang ada di rumahmu sebagai musik pengiringnya! 

Rekamlah dalam bentuk video, kemudian kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari tentang keliling persegi panjang, selanjutnya kamu akan mempelajari tentang luas persegi panjang. Bagaimana cara menentukan luas persegi panjang? Simak penjelasannya pada tayangan berikut ini! 


Bagaimana Anak-anak? Mudah bukan? Apabila ada yang belum kalian pahami, Kamu dapat bertanya kepada ayah/bunda atau bapak/ibu guru! 

Sebagai latihan, kerjakanlah soa-soal berikut ini! 

1. Hitunglah luas persegi panjang di bawah ini!

2. Sebuah persegi panjang luasnya 630 cm2 dan panjangnya 30 cm. Berapa cm lebar persegi panjang tersebut? 

3. Kotak pensil Dayu permukaannya berbentuk persegi panjang. Luasnya 162 cm dan lebarnya 9 cm. Berapa panjang kotak pensil dayu? 

4. Sebuah lapangan berbentuk persegi panjang. Dengan ukuran panjang 14 meter dan lebar 8 meter. Permukaan lapangan tersebut akan ditanami rumput. Biaya untuk menanam rumput adalah Rp. 25.000 /m2 . 

a) Hitunglah luas lapangan tersebut! 
b) Hitunglah total biaya yang diperlukan untuk menanam rumput pada lapangan tersebut! 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingin Ananda belajar dari rumah! Mari kita akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________





SELASA, 2 FEBRUARI 2021 

Tema : 7. Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema : 1. Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran

Melalui tayangan video, peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri, menghubungkan jenis gaya otot serta pengaruhnya pada peristiwa di lingkungan sekitar dengan disiplin dan kerja keras.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Pernahkah kamu mendengar kalimat “Bhineka Tunggal Ika”? Bhinneka Tunggal Ika berarti berbedabeda tetapi tetap satu. Kalimat tersebut terdapat dalam buku Sutasoma, karangan Mpu Tantular. Sejak dahulu kala bangsa Indonesia hidup dalam keragaman. 

Kalimat Bhinneka Tunggal Ika pada lambang negara Garuda Pancasila bukan cuma slogan. Penduduk Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, agama, bahasa, adat, dan budaya tetapi semua dapat hidup rukun berdampingan. Setiap suku bangsa memiliki kebiasaan dan cara hidup yang mungkin berbeda-beda. Salah satu contoh perbedaan cara hidup adalah alat transportasi. Pada zaman dahulu, alat transportasi menggunakan tenaga hewan seperti gambar berikut.

Apakah di daerahmu masih dijumpai alat transportasi seperti pada gambar di atas? Alat transportasi di atas di sebut Bendi. 

Bendi memanfaatkan gaya otot dari tenaga hewan untuk dapat bergerak. Tahukah kamu, apa itu gaya otot? Apa saja pengaruhnya terhadap benda? Simak penjelasannya pada tayangan berikut! 


Tuliskanlah informasi penting yang kamu peroleh dari tayangan tersebut dengan bahasamu sendiri! Buat juga kesimpulan dari informasi tersebut! Kalau sudah selesai, fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Berdasarkan tayangan pada kegiatan sebelumnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 

1. Apa yang dimaksud dengan gaya otot? 
2. Apa saja pengaruh gaya otot terhadap benda? 
3. Tuliskanlah pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari pada tabel berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! 

Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingin Ananda belajar dari rumah! Mari kita akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 




SENIN, 1 FEBRUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 3. Giat Berusaha Meraih Cita-cita
Pembelajaran : 6

Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca dan menyaksikan video, peserta didik menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu, menggali isi dan amant puisi yang disajikan secara tertulis, membandingkan siklus beberapa jenis makhluk hidup, mengidentifikasi karateristik ruang pemanfaatan sumber daya alam, menjelaskan tempo dan tinggi rendah nada, mengidentifikasi gerak tari kreasi daerah, mengenal karya seni rupa teknik tempel dengan mandiri dan bertanggung jawab.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Melakukan kegiatan seni memang menyenangkan. Kegiatan berkesenian membantu kita untuk mengekspresikan perasaan terhadap peristiwa di sekitar kita. Selain seni sastra, seni rupa merupakan salah satu seni yang membantu kita untuk menuangkan gagasan ke dalam bentuk dan bahan yang berbeda. 

Sebelumnya kamu telah mempelajari seni rupa berupa montase dan kolase. Kini, kamu akan lebih banyak mengetahui tentang mozaik. Apa itu mozaik? Bagaimana membuatnya? Ayo cari tahu dengan menyimak video pada tautan berikut ini! 

Ayo kita buat mozaik dari barang-barang bekas yang ada di rumahmu. Kamu bebas berkreasi membuat mozaik sebagus mungkin ya Anak-anak! Kalau sudah selesai, fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Ananda, tidak terasa kita sudah berada di akhir pembelajaran Tema 6. Apakah ada hal-hal yang belum Ananda pahami dengan baik? Ananda dapat berdiskusi dengan bapak/ibu guru atau ayah/bunda di rumah ya! Kita dapat mengambil pelajaran penting dari hal-hal yang telah kita pelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga ilmu yang kita dapatkan dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri, orang lain, dan lingkungan. 

Selanjutnya, untuk mengetahui lebih lanjut tentang penguasaan dan pemahaman Ananda tentang pembelajaran yang telah kita lakukan, ayo kita kerjakan soal-soal pada tautan berikut ini! 

https://forms.gle/APU5DV45AyFnigLU8 

Bagaimana hasilnya? Apakah kamu memperoleh skor yang tinggi? Hebat! Apabila kamu belum mencapai skor yang tinggi, jangan berkecil hati. Pelajari kembali materi-materinya dan terus berlatih! Kalau sudah selesai screenshoot skor perolehanmu dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya! 

Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri pembelajran hari ini dengan membaca doa setelah belajar! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 




JUMAT, 29 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 3. Giat Berusaha Meraih Cita-cita
Pembelajaran : 5

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video pembelajaran peserta mensyukuri, menjelaskan, dan menuliskan manfaat keragaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari serta membuat karya montase dengan semangat dan percaya. 

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Setelah menyaksikan video pembelajaran peserta mensyukuri, menjelaskan, dan menuliskan manfaat keragaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari serta membuat karya montase dengan semangat dan percaya diri.

Anak-anak pembelajaran kita hari ini masih membahas tentang Giat berusaha mencapai citacita. Apapun cita-cita kalian, pasti akan dapat kalian capai bila dipersiapkan dengan sungguhsungguh. Kalian harus giat berusaha agar tercapai cita-cita. 

Belajar tidak selalu harus dengan guru di sekolah, dengan siapapun yang memiliki ilmu kalian bisa belajar. Untuk itu kita harus mengenal setiap individu dengan baik, karena setiap orang punya karakteristik yang istimewa. Yuk kita simak penjelasannya pada video berikut! 

Pada video tersebut dijelaskan tentang keragaman karakteristik setiap orang. Nah tugas kalian adalah menjelaskan karakter setiap individu dalam keluarga, serta bagaimana kalian memanfaatkannya untuk membantu kalian belajar sehingga mudah bagi kalian dalam mencapai cita-cita. Untuk lebih mudahnya lihat tabel berikut:

Isilah dengan data anggota keluarga yang kalian kenal ya, tidak harus dalam satu rumah! Bila sudah selesai, foto dan kirimkan ke Bapak/Ibu guru ya.

Terima kasih sudah mengirimkan tugas pertamanya. 

Selanjutnya siapa yang punya hobi membuat keterampilan? Hebat! Bila keterampilan itu kalian tekuni, maka itu akan bisa menjadi bidang usaha lho. Banyak pengrajin yang awalnya hanya hobi setelah ditekuni bisa menjadi eksportir lho. 

Kali ini kita akan mempelajari karya seni rupa teknik temple montase seperti yang dijelaskan pada video berikut. 



Kalian boleh menggunakan bahan2 yang ada di dalam atau sekitar rumah kalian. Ciptakan karya montase yang hebat. Kalian pasti bisa, semangat! 

Bila sudah jadi pajang dan fotokan ya, kirim ke Bapak/Ibu guru fotonya. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 

Terima kasih, sampai jumpa!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 





KAMIS, 28 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 3. Giat Berusaha Meraih Cita-cita
Pembelajaran : 4

Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca, peserta didik dapat melisankan puisi hasil dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri, menyajikan hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam tambang di lingkungan sekitar dengan disiplin dan kerja keras.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Dengan membaca, peserta didik dapat melisankan puisi hasil dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri, menyajikan hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam tambang di lingkungan sekitar dengan disiplin dan kerja keras.

Cita-cita merupakan impian besar kita yang harus kita wujudkan dengan penuh semangat. Jangan pernah patah semangat sampai kamu meraihnya, seperti puisi berikut ini! Ayo kita baca!

Tandai kalimat-kalimat dalam baris puisi di atas dengan meletakkan tanda jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari sebelumnya. Baca kembali beberapa kali hingga kamu mantap dengan intonasi dan pemenggalannya. Hafalkan kemudian deklamasikan puisi tersebut dengan memperhatikan ekspresi, lafal, intonasi, irama, dan gerak tubuhmu. 

Rekamlah dalam bentuk video, kemudian kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!

Puisi yang kamu pelajari tadi terinsipirasi dari novel karya Andra Hirata yang berjudul Laskar Pelangi. Andrea Hirata merupakan salah satu contoh pemuda masa kini yang gigih memperjuangkan mimpi dan cita-citanya. 

Ayah Andrea adalah pegawai di PN Timah, Belitung. Belitung dahulu merupakan daerah penghasil timah andalan Indonesia. Timah adalah salah satu hasil sumber daya alam tambang. Tahukah kamu apa itu sumber daya alam tambang? Mari kita simak tayangan berikut ini! 


Tuliskanlah informasi tentang sumber daya alam tambang yang kamu ketahui serta manfaatnya pada tabel berikut!



Berdasarkan tabel sumber daya alam tambang tersebut, jawablah beberapa pertanyaan berikut! 

1. Barang tambang apa saja yang terdapat di provinsimu? 
2. Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki oleh daerah provinsimu? 
3. Digunakan untuk apa sajakah barang tambang yang ada di daerahmu? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Sampai di sini pembelajaran jarak jauh hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingin Ananda belajar dari rumah! Mari kita akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 






RABU, 27 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 3. Giat Berusaha Meraih Cita-cita
Pembelajaran : 3

Tujuan Pembelajaran

Dengan membaca, peserta didik dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling persegi panjang, menyajikan hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati di lingkungan sekitar dengan disiplin dan kerja keras.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Semua orang dapat menempatkan cita-citanya setinggi langit. Namun, setiap orang harus berusaha keras untuk mencapainya. Banyak berlatih dan mengasah kemampuan kita dengan kegemaran yang sesuai dengan cita-cita kita kelak akan memudahkan kita untuk mencapainya. 

Ananda, adakah dari kalian yang gemar berkebun? Kakek Danu sangat gemar berkebun. Kebun Kakek Danu berbentuk persegi panjang berukuran panjang 75 meter dan lebar 45 meter. Di sekeliling kebun akan dipasang pagar dengan biaya Rp 115.000,00 per meter. 

Nah, kita bantu Kakek Danu menghitung dengan menjawab pertanyaan berikut ini yuk! 

1. Berapa meter keliling kebun Kakek Danu? 

2. Berapa total biaya yang diperlukan Kakek Danu untuk memasang pagar di kebunnya? 

Di rumahmu tentu ada benda-benda yang permukaannya berbentuk persegi panjang bukan? Seperti kotak pensil, buku, ponsel dan masih banyak lagi! Carilah 3 benda di rumahmu yang permukaannya berbentuk persegi panjang! Ukurlah panjang dan lebarnya menggunakan penggaris! Hitunglah keliling setiap benda tersebut! 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam berbagai rupa tersedia melimpah di negara kita. Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu dapat dikuras habis untuk memenuhi kebutuhan manusia. 

Agar kamu lebih memahami tentang sumber daya alam mineral dan sumber daya alam hayati, mari kita simak tayangan berikut ini! 

Selanjutnya, 

1. Tuliskanlah sumber daya alam hayati yang terdapat di sekitarmu beserta manfaatnya pada tabel di bawah ini!

2. Menurutmu, apa yang akan terjadi jika sumber daya alam digunakan secara berlebihan untuk memenuhi kebutuhan manusia? 

3. Mengapa sumber daya alam mineral termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui? 

4. Bagaimana cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Sampai di sini pembelajaran jarak jauh hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingin Ananda belajar dari rumah! Mari kita akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 




SELASA, 26 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 3. Giat Berusaha Meraih Cita-cita
Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik menjelaskan upaya menjaga kelestarian daur hidup beberapa jenis makhluk hidup di sekitar, membuat karya seni rupa teknik tempel kolase dari koran barang bekas dengan kreatif dan bertanggung jawab.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan daur hidupnya. Makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya. 

Sepantasnya manusia berusaha dan bertindak untuk memelihara, mengembangkan dan menjaga keanekaragaman makhluk hidup. Ada tumbuhan dan hewan yang dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi, dan ada juga yang keberadaannya harus dilestarikan agar tidak punah. Mari kita simak tayangan berikut ini! 

Selanjutnya kerjakanlah soal-soal berikut ini! 

1.Berdasarkan informasi yang kamu peroleh tadi, buatlah peta pikiran tentang upaya pelestarian tumbuhan dan hewan! 

2. Apakah ada pelestarian makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan yang ada di sekitarmu? Ceritakanlah apa jenis tumbuhan/hewan yang dilestarikan dan kegiatan apa saja yang dilakukan untuk melestarikannya! 

3. Menurutmu, apa yang terjadi apabila kita tidak menjaga kelestarian makhluk hidup yang ada di sekitar kita? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Tumbuhan dan hewan selain dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi, banyak juga dimanfaatkan menjadi barang-barang yang dipakai untuk kebutuhan manusia, seperti sepatu yang terbuat dari kulit, lemari kayu, kertas, dan masih banyak lagi. 

Sebagai upaya menjaga lingkungan, kita dapat mengurangi penggunaannya dan memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai, salah satunya untuk membuat karya seni rupa. 

Membuat karya seni rupa dengan menggunakan barang bekas adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Kali ini kamu akan membuat karya kolase dengan menggunakan bahan kertas koran bekas. 

Tahukah kamu tentang kolase? Kolase adalah teknik untuk membuat karya seni rupa dua dimensi dengan cara memotong dan menempel. Bahan yang digunakan terdiri atas berbagai bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar. Bagaimana caranya? Simak video berikut ini yuk! 


Kamu bebas berkreasi membuat kolasemu sekreatif mungkin ya! Jangan lupa fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! 

Sampai di sini pembelajaran jarak jauh hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingin Ananda belajar dari rumah! Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 



SENIN, 25 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 3. Giat Berusaha Meraih Cita-cita
Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri, menentukan keliling persegi panjang dengan mandiri dan teliti.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kamu telah membuat puisi tentang yang bertema cita-cita. Selanjutnya, kita akan mendeklamasikan puisi buatanmu tersebut. Apa itu deklamasi puisi? Bagaimana cara mendeklamasikan puisi? Simak penjelasannya pada tayangan berikut ini ya! 

Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari tayangan tersebut ya! 

Sekarang, ayo kita deklamasikan puisi tentang cita-cita yang pernah kamu buat! 

- Bacalah kembali puisi buatanmu tersebut! 

- Berikan tanda jeda pada bagian-bagian yang diperlukan. 

- Latihan kembali cara membacanya dengan menggunakan tanda jeda yang kamu    buat. Jika kurang tepat kamu dapat memindahkan tanda jeda tersebut. 

- Hafalkan dan deklamasikan puisi tersebut. 

Rekamlah kegiatanmu mendeklamasikan puisi buatanmu dalam bentuk video. Perhatikan ekspresi wajah, lafal, intonasi, irama, dan gerak tubuhmu ketika mendeklamasikan puisi tersebut. Kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Perhatikanlah benda-benda di sekitarmu! Banyak sekali benda benda di sekitar kita yang permukaannya memiliki bentuk persegi panjang. 

Persegi panjang merupakan turunan dari segi empat yang mempunyai ciri khusus dua sisi sejajar sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku (90°). 

Tahukah kamu bagaimana cara menentukan keliling persegi panjang? Simak penjelasannya pada tayangan berikut ini! 


Bagaimana anak-anak? Mudah bukan? Apabila ada yang belum kalian pahami, kamu dapat bertanya kepada ayah/bunda atau bapak/ibu guru! 

Sebagai latihan, kerjakanlah soal-soal berikut ini! 

1. Hitunglah keliling persegi panjang berikut ini!


2. Sebuah lapangan bola voli berbentuk persegi panjang memiliki panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Berapakah keliling lapangan bola voli tersebut? 

3. Persegi panjang memiliki keliling 420 cm. Jika panjangnya 28 cm, berapakah lebar persegi panjang tersebut? 

4. Sebuah meja belajar permukaannya berbentuk persegi panjang. Kelilingnya 1.350 cm dan memiliki lebar 30 cm. Berapakah panjang dari persegi panjang tersebut? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya! Sampai di sini pembelajaran jarak jauh hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingin Ananda belajar dari rumah! Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 







JUMAT, 22 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 2. Hebatnya Cita-citaku
Pembelajaran : 6

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan video peserta didik dapat menggali isi puisi dan melisankan puisi karyanya sendiri, meragakan gerak tari kreasi daerah dengan semangat dan percaya diri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Anak-anak pembelajaran kita hari ini masih tentang hebatnya cita-citaku. Apapun cita-cita kalian, pasti akan dapat kalian capai bila dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Kalian harus banyak belajar dan mengenali potensi diri sebelum menetapkan sebuah cita-cita. 

Bila pertemuan sebelumnya kita sudah membahas profesi dokter hewan, kali ini kita akan melihat profesi lain. Apa ya? Seni. Ya, seni penting dalam kehidupan manusia. Seni dapat memperhalus rasa, memberikan nutrisi bagi jiwa manusia. 

Yuk kita simak penjelasannya pada video berikut! 

Pada video tersebut disajikan puisi tentang citacita. 

Tugas kalian adalah ... 

1.Menjelaskan isi puisi tersebut. 

2.Menjelaskan pesan yang terkandung dalam puisi tersebut 

3.Menulis puisi dengan judul sama, isinya ganti dengan cita-cita kalian masing-masing. Jumlah baitnya bebas yaa sesuai cita-cita kalian 

4. Bacalah puisi hasil tulisan kalian, rekam dan kirimkan kepada Bapak/Ibu guru yaa. 

Semangat!

Nah, setelah selesai menulis puisi, perhatikan gerak dasar tari daerah dalam video di link berikut ini yaa 


Jika sudah, maka tugas kalian: 

1. Hafalkan gerak dasar tarinya 

2. Pilihlah musik atau lagu yang kalian suka. 

3. Kreasikan tarian ke dalam lagu atau music yang kalian pilih dengan variasi gerak dasar tari daerah yang sudah kalian pelajari 

4. Berlatihlah berulang-ulang hingga kalian hafal 

5. Rekam dalam video yaa 

Oh ya, tari kreasi kalian ini bisa kalian tampilkan saat ada pentas seni atau perayaan-perayaan yang diselenggarakan di sekolah. Tentunya nanti setelah pandemi covid-19 berakhir yaa.. 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 




KAMIS, 21 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 2. Hebatnya Cita-citaku
Pembelajaran : 5

Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik membuat puisi hasil karya pribadi dengan tema dan amanat tertentu, menentukan luas persegi serta hubungannya dengan pangkat dua dan akar pangkat dua dengan teliti dan penuh tanggungg jawab.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Pernahkah kamu melihat nama seorang penulis dalam sebuah buku? Penulis merupakan salah satu pekerja seni sastra. Karena ia merangkai kata-kata untuk menuangkan imajinasi atau pendapatnya tentang lingkungan sekitar agar orang lain dapat membaca dan merasakan hal yang sama. 

Puisi juga merupakan salah satu contoh karya sastra. Dalam puisi, kata-kata yang digunakan sering kali mempunyai makna yang dalam. Puisi menggunakan kalimat yang lebih pendek dibandingkan dengan karangan. Saatnya untukmu memulai membuat puisi tentang cita-cita. 

Untuk itu, lakukan hal-hal berikut: 

1. Bayangkan cita-citamu, lalu ceritakan kehebatan cita-citamu tersebut. Ceritakan bagaimana citacitamu akan berguna bagi orang lain di sekitarmu. 

2. Buatlah beberapa kata kunci dari setiap gagasan yang kamu miliki. 

3. Rangkailah gagasan-gagasan tersebut sehingga menjadi puisi yang utuh. 

4. Pilihlah kata-kata yang memiliki rima hampir serupa. 

5. Tuliskan puisimu di dalam buku catatanmu. 

Bacakanlah puisi hasil buatanmu tersebut, rekam dalam bentuk video/voice note ya! 

Apakah kamu masih ingat cara menuliskan makna setiap bait puisi? Kamu dapat menyimak kembali penjelasannya pada video berikut! 



Selanjutnya, tuliskanlah makna yang terdapat dalam puisimu tersebut ke dalam kolom seperti berikut ini!

Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah belajar tentang pangkat dua dan akar pangkat dua. Sekaraang saatnya kamu belajar mencari luas persegi. Bagaimana caranya? Simak tayangan berikut ini yuk! 

Bagaimana Anak-anak? Mudah bukan? Apabila ada yang belum kalian pahami, Kamu dapat bertanya kepada ayah/bunda atau bapak/ibu guru! 

Sebagai latihan, kerjakanlah soa-soal berikut ini! 

1. Hitunglah luas persegi berikut ini!

2. Sebuah kolam ikan permukaannya berbentuk persegi. Panjang sisi kolam tersebut adalah 14 m. Berapa luas permukaan kolam tersebut? 

3. Tentukanlah panjang sisi persegi berikut jika diketahui luasnya sebagai berikut: 
a. Luas = 900 cm2 
b. Luas = 3025 cm2 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya! Sampai di sini pembelajaran jarak jauh hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingin Ananda belajar dari rumah! Mari kita akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 




RABU, 20 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 2. Hebatnya Cita-citaku
Pembelajaran : 4

Tujuan Pembelajaran

Dengan menyimak video, peserta didik dapat menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari, menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di sekitar dengan mendiri dan teliti.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Ananda, Indonesia adalah negara yang kaya raya, termasuk juga kaya dengan keberagaman.Sebelum kita bahas lebih jauh tentang keberagaman ini, yuk kita simak video berikut ini.

Ananda, setiap manusia memiliki ciri khas tersendiri yang tidak akan sama walaupun kembar sekalipun. Itulah yang disebut keragaman karakteristik individu. Keragaman karakteristik individu artinya perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia. 

Keragaman karakteristik individu itu bermacam-macam, dapat berupa keragaman fisik. Keragaman fisik dapat berupa: bentuk wajah, warna kulit, jenis rambut, tinggi dan rendah badan, serta berat badan. Selain keragaman fisik, tiap individu juga memiliki keragaman lain, misalnya: keragaman kegemaran, keragaman suku, budaya, bahasa daerah, dan keragaman sifat. 

Salah satu keragaman karakteristik individu adalah kegemaran. Kegemaran adalah kesukaan atau kesenangan seseorang terhadap kegiatan atau hal tertentu. 

Bagaimana dengan kegemaran anggota keluargamu? Pasti setiap anggota keluargamu memiliki kegemaran yang berbeda-beda bukan? 

Tuliskan pada tabel berikut ini ya!

Menurutmu, apa manfaat keragaman kegemaran dari anggota keluargamu? Tuliskan kesimpulanmu! 

Paparkan hasil pekerjaanmu kepada bapak/ibu guru dalam bentuk video/voice note ya!

Selain memiliki keragaman karakteristik individu. Negara kita juga memiliki beragam sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Masyarakat memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui berbagai cara. Sumber daya berupa tanah, air, dan tumbuhan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan pertanian dan perkebunan. 

Sedangkan sumber daya berupa hewan dimanfaatkan dalam bentuk kegiatan perikanan dan perkebunan. Kegiatan-kegiatan lain seperti perindustrian dan kerajinan merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam lanjutan setelah pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Misalnya industri ban mobil/motor yang memanfaatkan sumber daya alam berupa karet sebagai bahan bakunya. Begitu juga pabrik sepatu kulit yang memanfaatkan kulit sapi sebagai bahan bakunya. 

Oleh karenanya kamu dapat mengetahui sumber daya alam di sekitarmu dan cara pemanfaatannya dengan mengetahui pekerjaan orang-orang yang tinggal di sekitarmu. 

Lakukanlah survei sederhana dengan bertanya kepada teman-teman sekalasmu tentang pekerjaan orang tua mereka dan sumber daya alam yang dimanfaatkan. Kamu dapat bertanya melalui pesan singkat (chat/WA). 

Tuliskan hasinya pada tabel seperti berikut ini!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 


SELASA, 19 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 2. Hebatnya Cita-citaku
Pembelajaran : 3

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat melisankan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri, menentukan nilai bilangan pangkat dua dan akar pangkat dua dengan teliti dan percaya diri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Perhatikan dengan seksama gambar berikut ini!


Tahukah kamu, siapakah tokoh yang terdapat dalam gambar tersebut? Ya! Tokoh tersebut adalah patih Kerajaan Majapahit bernama Gajah Mada. Patih Gajah Mada cita-cita sangat besar, yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara! Mari kita simak kisahnya pada tayangan berikut in! 

Menurutmu, apakah cita-cita Patih Gajah Mada terlalu tinggi saat itu? Bagaimana upaya yang dilakukan Patih Gajah Mada untuk mewujudkan cita-citanya? 

Sampaikan pendapatmu melalui rekaman suara (voice note) ya! 

Selanjutnya, simaklah kembali puisi ‘Maha Patih Gajah Mada’ pada video tadi! 

Salinlah puisi tersebut di buku tulismu dengan menggunakan pensil. Perhatikan baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Perbaiki jika kamu menemukan kata-kata yang lebih baik dengan rima dan makna yang sesuai. Lakukan hal yang sama terhadap bait-bait berikutnya. 

Setelah selesai, bacakan puisimu dengan merekamnya dalam bentuk video. Kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah belajar menentukan keliling sebuah persegi. Nah, selanjutnya kita akan belajar menentukan luas pada persegi. Namun, sebelumnya kalian harus mempelajari terlebih dahulu pangkat dua dan akar pangkat dua. Mari kita simak penjelasannya pada tayangan berikut ini! 


 

Bagaimana Anak-anak? Mudah bukan? Apabila ada yang belum kalian pahami, Kamu dapat bertanya kepada ayah/bunda atau bapak/ibu guru! 

Sebagai latihan, kerjakanlah soa-soal berikut ini! 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya! 

Sampai di sini pembelajaran jarak jauh hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingin Ananda belajar dari rumah! Mari kita akhiri kegiatan pemebelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 




SENIN, 18 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 2. Hebatnya Cita-citaku
Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan manfaat makhluk hidup bagi lingkungan sekitar, peserta didik dapat meragakan gerak tari kreasi daerah dengan santun dan kreatif.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, pernahkah kamu menyaksikan pertunjukkan seni tari? Atau ada dari kalian yang memiliki cita-cita menjadi seorang penari? 

Seni tari merupakan salah satu bentuk seni yang ada dalam kehidupan masyarakat tradisional. Negara Indonesia yang sangat kaya dengan keragaman seni budaya, tentu memiliki seni tari yang banyak jumlahnya. Akan tetapi, jumlah itu akan terus berkurang apabila generasi muda tidak mengenalnya. 

Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui tari-tari daerah Indonesia. Untuk itu, mari kita simak tayangan berikut ini! 


Amatilah gambar tari berikut ini!

Pasangkan keterangan berikut ini dengan gambar yang sesuai!
Selanjutnya, pilihlah salah satu tari daerah yang paling kamu suka atau yang paling kamu kenal. Carilah informasi melalui berbagai sumber untuk mengetahui nama tari, asal tari, dan cerita tentang tari pilihanmu. Carilah informasi tentang beberapa gerakan tari daerah pilihanmu dan makna gerakannya. 

Cobalah untuk mengikuti beberapa gerak tari daerah pilihanmu tersebut! Sampaikan informasi yang kamu peroleh dan praktikkan beberapa gerak tarian tersebut dalam bentuk video dan kirimkan kepada bapak/ibu guru!

Negara Indonesia memang kaya akan budaya dengan beragam masyarakat yang tinggal di dalamnya. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ribuan pulau dan perairan laut yang luas. 

Dengan demikian, Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang hidup dan berkembang di dalamnya. Apa saja manfaat makhluk hidup di sekitar kita? Simak tayangan berikut! 


Setelah menyimak tayangan tersebut, lakukan kegiatan berikut ini! 
1. Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia! 
2. Jelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya! 
3. Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya! 
4. Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh? 
5. Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 







JUMAT, 15 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 2. Hebatnya Cita-citaku
Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat menulis dan menyajikan puisi dengan amanat tertentu, membandingkan dan membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup di lingkungan sekitaranya dengan teliti dan percaya diri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak hari ini kita masih membahas tentang cita-cita ya. Kalian boleh menentukan cita-cita berdasarkan keinginan dan kemampuan kalian. Adakah diantara kalian yang ingin menjadi dokter? Ada dokter umum ada dokter spesialis. Ada pula dokter hewan. Nah kalian ingin jadi dokter apa? 

Sebelum kalian menjadi dokter hewan ada baiknya kali ini kita belajar tentang siklus hidup berbagai hewan. Kita simak yuk penjelasannya pada video berikut! 



Bagaimana videonya? Cukup jelas bukan? 

Nah tugas pertama kalian adalah perhatikan gambar berikut, kemudian tentukan gambar mana yang termasuk daur hidup dengan metamorfosis dan mana yang tanpa metamorfosis?


Gambar 1                Gambar 2

Tugas selanjutnya perhatikan gambar berikut, kemudian jelaskan proses daur hidupnya dan jelaskan pula apakah termasuk dalam metamorfosis sempurna/ tidak sempurna.

Setelah selesai foto dan kirimkan hasilnya ke bapak/ibu guru yaa.

Kalian telah mengenal siklus hidup beberapa hewan. 

Sekarang kita akan menulis puisi ya. Puisi merupakan karya sastra hasil dari ungkapan dan perasaan seseorang dengan bahasa yang terikat aturan. 

Ciri-ciri puisi diantaranya adalah: 
1. Terdiri dari kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris. 
2. Setiap baris terakhir berbunyi kata vokal terkadang berupa huruf konsonan. 
3. Setiap baris terakhir bunyi vokal teratur. 

Tugas kalian adalah membuat puisi yang bertema “Jika Aku Menjadi Seorang Dokter Hewan” Judul puisi bebas. Kalian boleh membuat judul puisi yang sesuai dengan tema tersebut. 

Ingat ya dalam menulis puisi kata-kata harus dipilih, agar efektif dan ada unsur keindahannya. Tugas ini dikumpulkan Jumat minggu depan, foto dan kirimkan ke bapak/ibu guru ya. 

Selamat mengerjakan! Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 

Terima kasih, sampai jumpa!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 



KAMIS, 14 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : 6

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara tertulis, peserta didik dapat menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada dengan mandiri dan kreatif.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Setelah kamu memiliki cita-cita dan mimpi, kamu pasti tahu apa yang harus kamu lakukan. Jika kamu tidak melakukan apa-apa, mimpi itu tidak akan pernah terwujud. 

Ananda, tahukah kamu bahwa setiap puisi terdapat makna yang terkandung di dalamnya? Mari kita simak penjelasannya melalui tayangan berikut ini! 


Catatalah informasi penting yang kamu peroleh dari tayangan tersebut ya! Isi puisi menunjukkan makna puisi yang terkandung di dalamnya. Puisi merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah. Kita dapat menuangkan curahan hati dan pikiran kita dalam sebuah puisi. 

Sebuah lagu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Simaklah lirik lagu berikut! 

Indonesia Pusaka 

Ciptaan: Ismail Marzuki 

Indonesia Tanah Air Beta 

Pusaka Abadi nan Jaya 

Indonesia Sejak Dulu Kala 

Tetap Dipuja Puja Bangsa 

        Di sana Tempat Lahir Beta 

        Dibuai Dibesarkan Bunda 

        Tempat Berlindung di Hari Tua 

        Sampai Akhir Menutup Mata 

Sungguh Indah Tanah Air Beta 

Tiada Bandingnya di Dunia 

Karya Indah Tuhan Maha Kuasa 

Bagi Bangsa yang Memujanya 

        Indonesia Ibu Pertiwi 

        Kau Kupuja Kau Kukasihi 

        Tenagaku Bahkan Pun Jiwaku 

        Kepadamu Rela Ku Beri 

Tuliskanlah makna setiap bait pada lirik lagu tersebut dan juga jenis rimanya!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Makna lagu tercermin dari isi syair lagunya. Makna lagu menentukan juga tempo dan tinggi rendah nada yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut. 

Sekarang ayo kita coba nyanyikan lirik lagu ‘Indonesia Pusaka’ yang telah kalian pelajari tadi! Kamu dapat menyimak video berikut ini untuk mengetahui cara menyanyikannya dengan tempo dan nada yang tepat! 


Berlatihlah untuk menyanyikan lagu tersebut! Mintalah bantuan ayah/bunda untuk membimbingmu! 

Apabila kamu sudah dapat menyanyikannya dengan baik, rekamlah dalam bentuk video/voice note dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya! 

Selanjutnya, salinlah kembali lirik lagu ‘Indonesia Pusaka’ tersebut pada buku tulismu. Kemudian, tandailah notasi yang memiliki nada tinggi dengan lingkaran biru. Tandailah notasi nada rendah dengan lingkaran hijau. 

Kirimkan hasil pekerjaanmu kepada bapak/ibu guru! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 



RABU, 13 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : 5

Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati gambar, peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi keberagaman kegiatan di lingkungan sekitar, menyelesaikan masalah berkaitan dengan keliling persegi dengan mandiri dan teliti.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, kegemaranmu mengerjakan sesuatu tentu juga dapat membantumu meraih cita-citamu, jika cita-citamu sesuai dengan kegemaran atau hobimu. Amatilah gambar di bawah ini!

Tidak semua kegiatan yang sesuai kegemaran akan menjadi mata pencaharianmu kelak seperti yang kamu cita-citakan. Akan tetapi, kegemaran melakukan kegiatan tertentu akan membantu melatih keterampilan dan sikap yang baik untuk mencapai cita-citamu. 

Mari lakukan kegiatan berikut ini untuk mencari tahu! 
1. Buatlah data kegemaran 5 orang teman sekelasmu dan cita-citanya! Kamu dapat menanyakannya melaui Chat WA!
2.Apakah kegemaran siswa tersebut dapat membantunya mencapai cita-citanya? 
3.Adakah kegemaran siswa yang tidak sesuai dengan cita-cita? Apabila ada, mintalah temanmu untuk menjelaskan alasannya! 
4. Tuliskan kesimpulanmu! 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Untuk dapat meraih cita-cita, kita harus selalu berusaha dan bekerja keras serta mempunyai semangat pantang menyerah! 

Berikut ini ada kisah dari Pak Budi seorang tukang taman. Mari kita simak bersama! Sebagai contoh, simaklah cara menghitung keliling persegi berikut ini:

Pak Budi bekerja sebagai tukang taman. Suatu hari, Pak Budi mendapat pekerjaan untuk menanam pohon palem mengelilingi taman. Taman berbentuk persegi dengan sisi 20 m. Pak Budi menanam pohon palem dengan jarak 2 meter setiap pohon. Harga satu pohon adalah Rp50.000,00. Pak Budi menghitung semua biaya yang diperlukan.
Ayo kita bantu Pak Budi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 
1.Berapa banyak jumlah pohon yan diperlukan untuk mengelilingi taman tersebut dengan jarak 2 meter setiap pohon? 
2.Berapa biaya yang diperlukan untuk menanam pohon palem mengelilingi pohon? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 



SELASA, 12 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : 4

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat mengidentifikasi keberagaman ciri fisik masyarakat di sekitar, menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara tertulis dengan mandiri dan kreatif.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Cita-cita seseorang merupakan impian yang ingin dicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan. Minat dan kesukaanmu terhadap bidang tertentu membantumu meraih cita-cita. 

Ada orang yang berbadan kecil namun sangat gesit dan tangkas dalam berolahraga. Ada juga orang yang gemulai dan pandai menari. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam. Namun semuanya memberikan manfaat! Untuk menambah pemahamanmu tentang keberagaman, mari kita simak tayangan berikut ini! 

Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 

1. Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitarmu? 

2. Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya? 

3. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia? 

4. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita? 

5. Bagaimana caramu menyikapi keberagaman ras dan suku yang ada di sekitarmu? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Perbedaan ciri fisik antarras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia. Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan. Keunikan tersebut dapat disampaikan melalui sebuah puisi. 

Kamu telah menyimak puisi ‘Tanah Airku, Tanah yang Beragam’ pada video sebelumnya. Sekarang, bacalah kembali puisinya berikut ini! 

Sudahkah kamu menyimak puisi tersebut? Tahukah kamu makna puisi tersebut? Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 




SENIN, 11 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : 3

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat menentukan keliling dan panjang sisi persegi, menyajikan hasil identifikasi potensi sumber daya alam di lingkungan tempat tinggal dengan teliti dan mandiri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, adakah dari kalian yang bercita-cita sebagai arsitek? Kegiatan sehari-hari seorang arsitek adalah merancang, merencanakan, dan mengawasi konstruksi bangunan. Seorang arsitek juga memiliki keahlian untuk menggambar rancangan bangunan. 

Pernahkah kamu mengamati bangunan-bangunan yang ada di sekiarmu, seperti: rumah, sekolah, atau gedung-gedung perkantoran? Apabalia kita amati lebih jauh, bagian-bagian penyusun bangunan tersebut adalah gabungan dari berbagai jenis bangun datar, seperti: persegi, persegi panjang, segitiga dan masih banyak lagi. 

Nah, kali ini kita akan mempelajari tentang persegi. Apa itu persegi? Bagaimana cara menghitung keiling persegi? Mari kita simak penjelasannya pada video berikut ini! 

Bagaimana anak-anak, mudah bukan? Apabila ada hal yang kurang kamu pahami, kamu dapat bertanya kepada ayah/bunda di rumah, atau bapak/ibu guru! 

Selanjutnya kerjakanlah soal-soal berikut ini! 

1. Hitunglah keliling dari bangun persegi berikut!


2. Hitunglah panjang sisi persegi, jika diketahui kelilingnya: 
a. 72 cm 
b. 144 cm 
c. 180 cm
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk. 

Kegiatan penduduk dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sangat bergantung pada kondisi lingkungan dan sumber daya alam yang ada di sekitar wilayah tersebut. Ayo kita cari tahu lebih lanjut dengan menyimak penjelasan pada tayangan berikut ini! 

Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal berikut ini! 

1. Termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu (dataran tinggi, dataran rendah, pantai, atau lainnya)? 

2. Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu! 

3. Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu! 

4. Buatlah laporan hasil pengamatanmu dalam dalam bentuk tabel berikut ini!

5. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu dengan menjawab pertanyaan berikut! 
a. Apakah potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu sesuai dengan lingkungannya? 
b. Apakah mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitarmu sesuai dengan lingkungannya? 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya kepada bapak/ibu guru! 

Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 


JUMAT, 8 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat menganalisis perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang, peserta didik dapat mengidentifikasi tanda tempo pada lagu Kupu-kupu yang Lucu dan Tik-tik Bunyi Hujan dengan mandiri dan kreatif.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 
 
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!  

Sebelum memulai kegiatan hari ini ayo kita lakukan PSN terlebih dahulu di rumah agar lingkungan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit demam berdarah! Laporkan kegiatan PSN-mu kepada bapak/ibu guru ya!

Setiap orang ingin memiliki pekerjaan ketika dewasa. Keinginan itulah yang disebut cita-cita. Kita harus rajin belajar agar dapat meraih cita-cita. Adakah dari kalian yang bercita-cita menjadi peneliti tumbuhan dan hewan? 

Kegiatan sehari hari seorang peneliti tumbuhan adalah mengamati, mempelajari, dan meneliti tumbuhan dan hewan! Apakah kamu juga suka mengamati tumbuhan dan hewan? 

Pernahkah kamu melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang mekar? Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu. Ayo kita pelajari cara menyanyikannya dengan menyaksikan teyangan berikut ini! 

Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari tayangan tersebut ya! 

Kamu telah mempelajari lagu Kupu-kupu yang Lucu dan Tik-tik Bunyi Hujan. Ayo kita nyanyikan! Jangan lupa direkam dalam bentuk video/voice notedan kirimkan kepada bapak/ibu guru!

Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 

1.Bagaimana perasaanmu setelah menyanyikan kedua lagu tersebut?  

2.Adakah perbedaan cara menyanyikankedua lagu tersebut? 

3.Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"? 

4.Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" tersebut?  

5.Carilah notasi lagu-lagu lainnya! Tuliskan judul dan tempo yang digunakan

pada lagu tersebut! 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Ananda sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing pada pembelajaran sebelumnya. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. 

Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan metamorfosis. Ada hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan ada juga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, kita simak tayangan berikut ini yuk!

Sumber: https://youtu.be/r8jhcQ2MYSI

Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari tayang tersebut! 

Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal berikut ini! 

1.Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang! Apa yang membedakan daur hidup kedua hewan tersebut?

2.Buatlah kesimpulanmu tentang perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang! 

3.Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna? 

a.Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna:...........

b.Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:.........

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guruya! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! 

Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________

  

KAMIS, 7 JANUARI 2021 

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : 1 

Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri puisi, membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup di lingkungan sekitaranya dengan teliti dan percaya diri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Bertemu lagi di pembelajaran semester 2, pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, Kamu pasti mempunyai mimpi dan harapan tentang kegiatan atau pekerjaanmu kelak bukan? Itulah yang biasa kita kenal dengan cita-cita. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang cita-cita melalui tayangan berikut in! 

Sumber: https://youtu.be/RtQGiwEHf9g

Nah, bagaimana denganmu? Apa cita-citamu kelak? Apa alasannya? Ceritakan kepada bapak/Ibu guru melalui voice note ya! 

Selanjutnya, perhatikanlah kembali puisi ‘Cita-citaku’ pada tayangan yang tadi kalian saksikan!  

Lalu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 

1.Apakah kamu menemukan bahwa puisi tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris? 

2.Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian? 

3.Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris! 

4.Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris? 

5.Tunjukkan keteraturan itu! 

Berdasarkan jawaban-jawabanmu tersebut tuliskanlah kesimpulanmu tentang ciri-ciri puisi! 


Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya.

Adakah dari kalian yang bercita-cita sebagai dokter hewan? Kegiatan utama sehari-hari seorang dokter hewan adalah membantu mengobati dan memberikan perawatan terhadap hewan yang sakit.Apakah kamu memiliki hewan peliharaandi rumah?Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaanitu mempunyai anak?Hewanmengalamipertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anak-anakhewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapanpertumbuhan hewan dengan membacanya melalui tautan berikut!

Semua Makhluk Hidup Mengalami Pertumbuhan dan Perkembangan 

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.

Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja.

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.

Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami metamorfosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami metamorfosis yang tidak sempurna.

Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!


Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.

Buatlah kesimpulan tentang tahapan siklus hidup hewan! Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! 

Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar dari rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! 

Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

___________________________________________________________ 

 

 

RABU, 6 JANUARI 2021

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : Edisi Berbagi Pengalaman 

Tujuan Pembelajaran
Melalui pengalaman peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri, menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada dengan kreatif dan penuh tanggung jawab.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Bertemu lagi di pembelajaran semester 2, pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, di awal tahun baru 2021 ini mari kita mulai dengan penuh semangat dan rasa syukur atas segala nikmat Tuhan yang telah diberikan sehingga menjadikankita pribadi yang lebih baik dan tangguh.Tangguh menghadapi ujian pandemi Covid-19 yang bahkan dunia merasakannya.  

Supaya lebih semangat yuk, kita awali dengan bernyanyi! Yeay! Kemarin Ananda sudah mengampanyekan gerakan 3M melalui poster. Sekarang, mari kita kampanyekan lagi gerakan 3M melalui lagu ‘Ingat Pesan Ibu’. Seperti pada tautan berikut ini! 

 

Nah, ini dia lirik lagunya!

___________________________________________________ 

Ingat Pesan Ibu 

Ingat pesan Ibu, pakai maskermu 

Cuci tangan pakai sabun, jangan sampai tertular

Ingat s’lalu pesan ibu 

Jaga jarakmu, hindari kerumunan 

Jaga keluargamu

___________________________________________________ 

Anak-anak boleh berkolaborasi dengan anggota keluarga dan memanfaatkan benda-benda yang ada di rumah sebagai musik pengiringnya! 

Rekam dalam bentuk video kemudian kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!

Selalu ada harapan baru, di tahun baru. Bagaimana dengan harapan anak-anak di tahun 2021 ini? Tentunya banyak harapan baru yang ingin kita wujudkan ya, Nak! 

Nah, mari kita tulis harapan-harapan tersebut dalam kartu harapanku.

 

Anak-anak bebas berkreasi menghias kartu harapan tersebut. Kartunya boleh kalian pajang di rumah ya! 

Harapan adalah doa, semangat untuk mewujudkannya Anak-anak! 

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 

________________________________________________________________

 

SELASA, 5 JANUARI 2021

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : Edisi Berbagi Pengalaman 

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak tayangan video, peserta didik dapat menyampaikan pengetahuan baru ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri, manggambar poster 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak) dengan kreatif dan tanggung jawab.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Bertemu lagi di pembelajaran semester 2, pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, kemarin kalian sudah bercerita tentang pengalaman berlibur pada masa pandemi Covid-19. Kita harus bersyukur masih tetap bisa menikmati liburan dengan penuh suka cita bersama anggota keluarga meskipun dengan situasi dan suasana yang berbeda. 

Seperti kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 masih melanda negara kita tercinta, maka dari itu kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan,kita tidak boleh lengah, kita harus melindungi diri, keluarga dan orang-orang disekitar kita.Salah satunya dengan selalu melaksanakan gerakan 3M. Apa itu 3M? 

Kita simak melalui tayangan berikut ini yuk! 

Sumber: https://youtu.be/GbCaEbiqoGg

Menurutmu, mengapa kita harus melaksanakan 3M? Apa manfaat menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak? Bagaimana akibatnya apabila kita tidak disiplin dalam melakukan 3M?

Rangkailah jawaban-jawabanmu menjadi sebuah tulisan pada buku tulismu dengan bahasamu sendiri! Kemudian fotokan hasilnya dan kirimkan kepada bapak/ibu guru!

Anak-anak sudah melihat teman kita mengajak untuk selalu melaksanakan 3M. Nah, sekarang giliran anak-anak dirumah nih, berkreasi untuk mengajak dan mengingatkan akan pentingnya melaksanakan 3M kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Anak-anak mari kita buat poster 3M!

 

Anak-anak boleh berkolaborasi dengan keluarga di rumah. Selamat mengerjakan anak-anak!Jangan lupa ucapkan terima kasihkepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. 

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  

SENIN, 4 JANUARI 2021

Tema : 6. Cita-citaku
Subtema : 1. Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran : Edisi Berbagi Pengalaman 

Tujuan Pembelajaran
Melalui pengalaman peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat di tengah pandemi Covid-19, menceritakan pengalaman liburan diri dan keluarga pada masa pandemi covid-19 ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri dengan semangat dan percaya diri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Bertemu lagi di pembelajaran semester 2, pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, jadi mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Halo anak-anak, bagaimana kabar kalian?Tentunya semakin semangat ya, setelah melewati liburan semester I. Tiada kata menyerah untuk belajar, walaupun di semester II ini pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, mudah-mudahan anak-anak selalu tekun dan rajin belajar serta semangat dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran di rumah.Anak-anak, mematuhi protokol kesehatan merupakan kewajiban kita bersama agar kita dapat terhindar dari virus Covid-19 dan menurunkan angka penularannya! Kita tidak bolehlengah karena Pandemi Covid-19 masih melanda Negara kita tercinta ini.Ingat pesan ibu untuk selalu melaksanakan 3M: 

1. Menjaga jarak 

2. Memakai masker

3.Mencuci tangan 

Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan, sehat dan terhindar dari segala penyakit, Aamiin.

Sekarang saatnya anak-anak bercerita nih! Bagaimana keseruan liburan pada masa pandemi Covid-19 bersama keluarga.Wah, bapak/ibu guru sudah tidak sabar ingin mengetahui cerita kalian Nak!

 

Anak-anak boleh menulis ceritanya dibuku atau menceritakannya melaui voicenote. 

Selamat mengerjakan anak-anak! Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.Terima kasih, sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 

0 Komentar