Kegiatan belajar selanjutnya ada di link berikut ini:

BDR KELAS 1 HARI INI: https://bit.ly/bdrkelas1tema6
BDR KELAS 2 HARI INI : https://bit.ly/bdrkelas2tema6
BDR KELAS 3 HARI INI : https://bit.ly/bdrkelas3tema6
BDR KELAS 4 HARI INI : https://bit.ly/bdrkelas4tema7
BDR KELAS 5 HARI INI : https://bit.ly/bdrkelas5tema7
BDR KELAS 6 HARI INI : https://bit.ly/bdrkelas6tema7

 

 

 

KAMIS, 4 FEBRUARI  2021 
Tema : 6. Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema : 1. Hewan di Sekitarku


Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video peserta didik dapat menulis puisi menggunakan huruf tegak bersambung dengan huruf kapital yang tepat, menjelaskan akibat tidak mematuhi aturan di sekolah, serta melakukan gerak berjalan sesuai irama dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Sekolah memiliki aturan. Aturan tersebut harus kita patuhi. Aturan dibuat agar semua kegiatan di sekolah berjalan dengan tertib. Tidak mematuhi aturan dapat merugikan diri sendiri atau orang lain. Mari kita lihat cerita Lani. Silakan klik tautan di bawah ini 

Setelah melihat tayangan video, ayo berlatih untuk mengetahui tingkat pemahamanmu. 

1. Bacalah puisi berikut. 

     Ikan Mas Peliharaanku 

     Karya: Syufrida 

Aku memiliki ikan mas 

Mereka berenang ke sana kemari 

Aku beri makan setiap hari 

Aku menyayangi hewan peliharaanku 

Tuliskan kembali puisi tersebut di buku latihanmu! Gunakan huruf tegak bersambung dengan penggunaan huruf kapital yang tepat. 

2. Bacalah aturan di sekolah berikut. Tuliskan akibatnya jika kamu melanggar aturan tersebut!

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mengetahui tentang variasi gerak jalan berirama. Gerak berjalan adalah gerak melangkahkan kaki ke depan secara bergantian. Gerak berjalan termasuk gerakan lokomotor. Yuk, kita lihat videonya untuk mendapat penjelasan lebih lanjut. Silakan klik tautan di bawah ini 



Ayo, kerjakan latihan berikut untuk mengetahui tingkat pemahamanmu. 

1. Lakukan gerak berjalan sesuai irama dengan iringan musik! Kirimkan videonya ke Ibu/Bapak guru. 

2. Perhatikan gambar berikut. Lengkapilah kalimat dengan sikap tubuh yang tepat sesuai gambar!

Lani melakukan gerakan _______. 
Posisi tubuh Lani _______. 
Pandangan mata Lani _______ ke depan. 
Kedua _______ mengayun lurus setinggi _______. 
Kedua _______ melangkah bergantian seirama dengan ayunan _______. 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan fotonya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 






RABU, 3 FEBRUARI  2021 
Tema : 6. Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema : 1. Hewan di Sekitarku


Tujuan Pembelajaran
Setelah menyaksikan tayangan video peserta didik dapat menulis cerita menggunakan huruf tegak bersambung dengan huruf kapital yang tepat, mengidentifikasi panjang pendek nada pada lagu, serta menentukan alat ukur benda dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Ada bermacam-macam hewan peliharaan. Tahukah kamu, apa makanan hewan peliharaanmu? Lani memelihara ayam dan kelinci. Hari ini kita akan menyaksikan cerita Lani tentang hewan peliharaannya. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Setelah melihat tayangan video, ayo berlatih untuk mengetahui tingkat pemahamanmu. 

1. Amati gambar berikut. 

Tuliskan sebuah cerita tentang gambar tersebut di buku latihanmu! Gunakan huruf tegak bersambung dengan penggunaan huruf kapital yang tepat.

Amati lirik lagu berikut!
     Kelinciku 
     Ciptaan: Pak Dal 
Ke-lin-ci-ku ke-lin-ci-ku kau ma-nis se-ka-li 
Me-lom-pat ki-an ke-ma-ri se-pan-jang ha-ri 
A-ku i-ngin me-ne-ma-ni se-pu-lang se-ko-lah 
Ber-sa-ma-mu la-gi me-na-ri-na-ri 

2. Berilah tanda ● di bawah suku kata yang dinyanyikan pendek! 3. Berilah tanda ___dibawah suku kata yang dinyanyikan panjang!

Lani selalu membeli wortel di tukang sayur. Tukang sayur menimbang wortel menggunakan timbangan pasar. Jenis timbangan bermacam-macam, tergantung benda yang akan ditimbang. 

Ayo, kerjakan latihan berikut untuk mengetahui tingkat pemahamanmu. 

Tuliskan jenis timbangan yang tepat untuk menimbang benda berikut! Jenis timbangan bisa lebih dari satu. 

1. Buah mangga _____________________________________________ 
2. Telur _____________________________________________ 
3. Berat badan _____________________________________________ 
4. Beras _____________________________________________ 
5. Jagung _____________________________________________ 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan fotonya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 





SELASA, 2 FEBRUARI  2021 
Tema : 6. Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema : 1. Hewan di Sekitarku


Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menulis cerita menggunakan huruf tegak bersambung dengan huruf kapital yang tepat, mengidentifikasi nilai ketukan pada lagu, serta menentukan berat suatu benda dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Pada kegiatan pembelajaran yang lalu, kita telah mengingat kembali tentang penggunaan huruf kapital pada tulisan tegak bersambung. Kita juga telah mengetahui beberapa aturan di sekolah. Hari ini kita akan menyaksikan kegiatan Lani dengan Dayu. Bagaimana ya keseruannya? Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 

Setelah melihat tayangan video, ayo berlatih untuk mengetahui tingkat pemahamanmu. 

1. Amati gambar.

Tuliskan sebuah cerita tentang gambar tersebut di buku latihanmu! Gunakan huruf tegak bersambung dengan penggunaan huruf kapital yang tepat. ____________________________________ 
2. Lagu “Ayamku” diciptakan oleh ____ 
3. Perhatikan penggalan lagu “Ayamku” berikut.
Lirik “li-hat” dinyanyikan ____ ketuk. 
4. Perhatikan penggalan lagu “Ayamku” berikut.
Bagian lirik “nya” dinyanyikan ____ ketuk. 
5. Lirik “in-duk” pada penggalan lagu “Ayamku” di soal nomor 4, dinyanyikan ____ ketuk.

Lani dan Dayu telah menimbang telur ayam. Setiap 1 kilogram telur diletakkan ke dalam 1 keranjang. Kita tadi sudah menyaksikan cara menghitung jumlah telur yang dihasilkan ayam peliharaan Lani. 

Kita juga sudah membantu Lani menghitung jumlah telur yang dibutuhkan untuk 24 hari. 

Ayo, kerjakan latihan berikut untuk mengetahui tingkat pemahamanmu. 
1. 1 kg telur = 16 butir 2 kg telur = ____ butir 
2. 1 ekor ayam = 1 kg 4 ekor ayam = ____ kg 
3. 3 ekor ikan = 1 kg 15 ekor ikan = ____ kg 
4. 1 buah semangka =3 kg 4 buah semangka = ____ kg 
5. 1 kg jeruk = 6 buah 5 kg jeruk = ___ buah 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan fotonya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 



SENIN, 1 FEBRUARI  2021 
Tema : 6. Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema : 1. Hewan di Sekitarku


Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menulis huruf tegak bersambung dengan huruf kapital yang tepat, menunjukkan perilaku sesuai dengan aturan di sekolah, serta melakukan gerak berjalan sesuai irama dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Pada kegiatan pembelajaran yang lalu, kita telah menulis huruf tegak bersambung. Saat menulis, kita harus menggunakan huruf kapital dengan tepat. Awal kalimat dan nama orang ditulis menggunakan huruf kapital. 

Hari ini kita akan melanjutkan kegiatan tersebut. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Setelah melihat tayangan video, ayo berlatih untuk mengetahui tingkat pemahamanmu. 1. Tulislah kembali teks berikut menggunakan huruf tegak bersambung! Perhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang tepat!

2. Perhatikan gambar!
Menurutmu, siapakah yang menaati aturan di sekolah? Tuliskan alasanmu!

Mengerjakan tugas sekolah termasuk tata tertib yang harus ditaati ketika mengikuti pelajaran. Siswa kelas dua sedang mengikuti pelajaran olahraga. Lani melakukan variasi gerak jalan berirama. Mari kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 



Setelah melihat tayangan video, coba lakukan gerakannya ya. 

Kemudian lengkapilah kalimat berikut dengan pilihan kata yang disediakan. 

1. Pandangan mata saat melangkah, harus _____ ke depan. 
2. Saat melangkah posisi tubuh sebaiknya ____. 
3. Ayunan tangan sebaiknya _____ dengan langkah kaki. 
4. Saat melangkah tegap, ayunan tangan berada setinggi _____. 
5. Saat melangkah rapat, _____ kaki mendarat terlebih dahulu. 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan fotonya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________







JUMAT, 29 JANUARI 2021 
Tema : 6. Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema : 1. Hewan di Sekitarku


Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menulis huruf tegak bersambung dengan huruf kapital yang tepat, mengidentifikasi bunyi panjang dan pendek pada lagu, serta menentukan berat suatu benda dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Kita telah menyelesaikan pembelajaran pada Tema 5. Di sekitar kita ada banyak hewan. Ada hewan yang dipelihara, ada juga hewan yang hidup bebas. Hari ini kita akan melihat cerita Lani. Keluarga Lani memelihara beberapa jenis hewan. Yuk, kita lihat video kegiatan Lani. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

1. Salinlah kalimat berikut dengan tulisan tegak bersambung. Perbaiki huruf kapitalnya.

2. Nyanyikan kembali lagu “Ayamku”. 
  Tandailah bunyi panjang dengan ___. Tandailah bunyi pendek dengan ●

Berat benda dapat diukur menggunakan alat ukur baku, yaitu timbangan. Kilogram dan gram merupakan satuan baku untuk mengukur berat. Satuan berat tersebut dinamakan baku karena beratnya selalu tetap. Pada video di kegiatan 1 juga dijelaskan cara menggunakan timbangan. 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu tentang satuan ukuran berat, jawab pertanyaan berikut ya. 

1. Pasangkan sesuai dengan berat benda. Pasangkan dengan menarik garis!
Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________





KAMIS, 28 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 4. Pengalamanku di Tempat Wisata

Pembelajaran 4


Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video peserta didik dapat menghubungkan simbol dengan pengamalan sila kelima Pancasila, dan membuat puisi anak serta melakukan gerak mendarat dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Anak-anak kemarin kita sudah melihat Beni menceritakan pengalamannya selama liburan ke Pantai dan membuat bingkai foto dengan karya hias dari bahan alam, serta mengukur panjang benda. Hari ini kita akan melihat Beni bersama pamannya melakukan kegiatan bakti sosial dan menulis puisi. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

A. Menulis puisi berdasarkan pengalamanmu! 

1. Pernahkah kamu berwisata alam? 

2. Bagaiamana pemandangan lingkungan di sana? 

3. Ayo, tuliskan pemandangan alam tersebut ke dalam puisi singkat pada buku tugasmu! 

4. Setelah selesai menulis puisi, videokan pada saat kalian bacakan puisi karyamu. 

Lakukan dengan percaya diri! 

B. Berilah tanda centang (✓)untuk pengamalan sila kelima Pancasila! Berilah tanda silang (X) untuk yang bukan pengamalan sila kelima Pancasila! 

1. Bersikap adil terhadap sesama 

2. Tidak mau menolong teman yang jatuh 

3. Membantu korban bencana alam 

4. Menghormati hak orang lain 

5. Bersikap sombong.

Beni dan teman-teman akan belajar tentang gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai dengan berbagai macam cara. Adapun langkah-langkah untuk melakukan gerak mendarat tersebut. Bagaimana ya cara melakukan gerak mendarat? Mari kita lihat videonya. Klik tautan di bawah ini ya. 



Setelah melihat videonya, sekarang kita coba lakukan gerakannya. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu. Ayo, cuci tangan kalian setelah melakukan olahraga. 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu tentang gerakan mendarat jawab pertanyaan berikut ya. 

1. Apa yang kalian ketahui tentang gerak mendarat? 

2. Bagaimana cara melakukan gerak mendarat dengan lompat katak? 

3. Bagaimana cara melakukan gerak mendarat dengan melompat kardus? 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Ayo,rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Jangan lupa cuci tangan setelah melakukan kegiatan. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. Anak-anak selalu jaga kesehatan dan kebersihan ya! Jangan lupa selalu menerapan protokol kesehatan 3M dimanapun kalian berada ya. Agar kita terhindar dari segala penyakit

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 




RABU, 27 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 4. Pengalamanku di Tempat Wisata

Pembelajaran 3


Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menulis puisi anak ,membuat karya hias dari bahan alam, serta mengukur panjang benda dengan tepat.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Anak-anak pada pembelajaran yang lalu, Beni menceritakan pengalamannya selama liburan dan mengingatkan kita tentang sila kelima Pancasila. Hari ini kita akan kembali melihat Beni menceritakan pengalamannya selama liburan ke Pantai dan membuat bingkai foto dengan karya hias dari bahan alam, serta mengukur panjang benda Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, lakukan kegiatan ini dengan baik. 

A. Ayo berlatih menuliskan puisi berdasarkan pengalaman kalian! 

1. Amatilah keadaan lingkungan di sekitarmu. 

2. Tuliskan kata-kata indah sesuai lingkungan yang kamu amati. 

3. Susunlah kata-kata tersebut menjadi sebuah puisi singkat. 

B. Buatlah bingkai foto dari kardus bekas dan biji-bijian. Lalu tempelkan foto saat kalian berlibur!

Anak-anak, pada video tadi kita juga sudah melihat tentang menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan panjang benda. Ayo, kita selesaikan soal cerita tentang panjang benda! Untuk dapat menyelesaikan soal dengan tepat, kalian perlu membaca soal dengan teliti ya. 

Kerjakan Latihan soal berikut dengan cara penyelesaiannya! 

1. Sebuah batang sepanjang 3 meter Dipotong menjadi dua bagian. Jika Panjang potongan pertama 120 cm, Berapa cm panjang potongan kedua? 

2. Lebar sebuah jalan 5 m. Sebuah mobil dengan lebar 1 m lebih 70 cm Melewati jalan tersebut. Berapa cm sisa lebar jalan tersebut? 

3. Seekor siput sedang memanjat pohon. Setinggi 2 mlebih 40 cm. Siput itu telah memanjat setinggi 1 m. Berapa cm jarak siput ke puncak pohon itu? 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. Anak-anak jaga selalu kesehetan dan keberishan ya! Jangan lupa selalu menerapan protokol kesehatan 3M dimanapun kalian berada ya. Agar kita terhindar dari segala penyakit. 

Terima kasih, sampai jumpa!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 



SELASA, 26 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 4. Pengalamanku di Tempat Wisata

Pembelajaran 2


Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menghubungkan simbol dengan pengamalan sila kelima Pancasila, melengkapi isi puisi anak, serta melakukan gerak melayang dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Anak-anak kemarin kita sudah melihat Beni dan teman-temannya study tour, mengenal cara membuat hiasan pot botol bekas serta mengukur panjang benda. Hari ini kita akan kembali melihat Beni menceritakan pengalamannya selama liburan dan mengingatkan kita tentang sila kelima Pancasila. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

A. Tuliskan tiga pengamalanmu yang sesuai dengan sila kelima Pancasila di tempat Wisata! B. Lengkapilah isi puisi dengan kata yang terdapat pada tabel!

Beni dan teman-teman akan belajar tentang gerak melayang dengan berbagai macam cara. Adapun langkah-langkah untuk melakukan gerak melayang tersebut bagaimana ya cara melakukan gerak melayang? Mari kita lihat videonya. Klik tautan di bawah ini ya. 

Setelah melihat videonya, sekarang kita coba lakukan gerakannya. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu. Ayo, cuci tangan kalian setelah melakukan olahraga. 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu tentang gerakan keseimbangan (berjinjit), jawab pertanyaan berikut ya. 
1. Apa yang kalian ketahui tentang gerak melayang? 
2. Bagaimana cara melakukan gerak melayang keatas dan kedepan? 
3. Bagaimana cara melakukan kombinasi gerakan berlari dan melayang? 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. Anak-anak jaga selalu kesehetan dan keberishan ya! Jangan lupa selalu menerapan protokol kesehatan 3M dimanapun kalian berada ya. Agar kita terhindar dari segala penyakit.

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 




SENIN, 25 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 4
. Pengalamanku di Tempat Wisata


Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat melengkapii puisi anak ,mengenal cara membuat karya hias dari bahan alam, serta menyelesaikan masalah tentang panjang benda pada kehidupan sehari-hari.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Pada pertemuan yang lalu, kita sudah belajar musyawarah untuk mencapai kata mufakat. Hari ini Beni akan mengajak kita pergi Study tour ke tempat wisata. Apa saja yang dilakukan Beni dan teman-temannya? Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ini ya. 

A. Lengkapilah isi puisi dengan kata yang terdapat pada tabel! 

B. Jawablah soal-soal berikut ini! 

1. Tuliskan ciri-ciri hiasan yang dibuat dari botol bekas! 

2. Tuliskan cara membuat hiasan pot botol bekas!

Anak-anak, pada video tadi kita juga sudah melihat cara menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan panjang benda. 

Supaya lebih memahami materi tentang menyelesaikan masalah panjang benda. A. kerjakan latihan soal berikutdengan cara penyelesaiannya! 

1. Beni mempunyai 2 potong kain. Ukuran kedua kain berbeda. Kain pertama panjangnya 200 cm. Kain kedua panjangnya 500 cm. Berapa meter panjang kain semuanya? 

2. Panjang benang layangan Udin 8 meter. Udin membeli lagi benang layangan sepanjang 6 meter. Berapa cm Panjang seluruh benang layangan Udin jika disambungkan? 

3. Ayah Edo membeli papan tripleks sepanjang 4 meter. Papan tripleks tersebut digunakan 1 meter. Berapa cm papan tripleks yang belum digunakan? 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 




JUMAT, 22 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 
3. Pengalamanku di Tempat Bermain

Pembelajaran: 2

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menentukan sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila, membandingkan dan mengurutkan panjang benda, serta melakukan gerak berpindah tempat dan mengayun dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Beni dan temannya belajar musyawarah di kelas. Musyawarah untuk mencapai kata mufakat. Dengan berdiskusi, kita dapat menyelesaikan suatu masalah bersama-sama. Bagaimana ya pengalaman bermusyawarah Beni dan temanteman? Yuk, kita lihat video kegiatan Beni dan teman-temannya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

1. Saat berdiskusi kamu menemukan perbedaan pendapat di antara teman-teman. Bagaimana cara kamu mengatasi perbedaan pendapat itu? 

2. Ada temanmu yang memaksa untuk menyetujui pendapatnya saat berdiskusi. Apa yang akan kamu lakukan? 

3. Carilah lima benda yang akan kamu ukur panjangnya. Tuliskan hasilnya pada table!






4. Berdasarkan hasil pengukuran, benda apakah yang terpendek? Benda apakah yang terpanjang?

Berolahraga sangat penting agar tubuh kita tetap bugar. Udin dan teman sekelas melakukan senam. Senam dilakukan di halaman sekolah. Dalam senam terdapat beberapa gerak dasar. Mari kita lihat video penjelasannya. Klik tautan di bawah ini yaa. 


Setelah melihat videonya, sekarang kita coba lakukan gerakannya. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu. Ayo, cuci tangan setelah melakukan olahraga. 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu tentang gerakan berpindah tempat dan mengayun, jawab pertanyaan berikut ya. 

1. Anggota badan yang diayunkan saat melakukan gerak dasar mengayun adalah ____ 

2. Sikap awal gerakan berguling ke depan yaitu____ 

3. Gerakan melompat dan mendarat dilakukan dengan ____ kaki. 

4. Sikap awal gerakan melangkah adalah ____ 

5. Berolahraga teratur dapat membuat badan ____ 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini.

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 




KAMIS, 21 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 
3. Pengalamanku di Tempat Bermain

Pembelajaran: 1

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menemukan makna kosakata baru dari puisi, melakukan gerak alam pada tari dengan iringan musik, serta mengurutkan panjang benda dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Pada pertemuan yang lalu, kita sudah mengetahui gerak pohon yang tertiup angin. Gerak pohon tersebut merupakan gerak alam yang dapat dijadikan tarian. Sebuah tarian dapat memadukan dua gerakan. Contohnya perpaduan antara gerak tangan dan kaki. Seperti apa ya perpaduan antara gerak anggota tubuh? Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Setelah menyaksikan video, jawab pertanyaan berikut ya. 

1. Tuliskan kosakata baru yang kamu temukan dalam puisi yang terdapat pada video! Kemudian carilah maknanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia!

2. Peragakan tarian “Cemara” dengan iringan musik!
Di video pada kegiatan pertama tadi, kita telah diingatkan kembali tentang alat ukur panjang beserta kegunaannya, serta tentang cara mengurutkan panjang benda. 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu, jawab pertanyaan berikut ya. 
Data tinggi badan teman Beni.

1. Teman Beni yang paling tinggi adalah ____ 
2. Teman Beni yang bernama_____dan____ukuran tubuhnya paling pendek. 
3. Urutan nama teman-teman Beni dari yang pendek hingga yang tertinggi adalah ____ 
4. Mengukur tinggi badan bisa menggunakan ____ 
5. Selisih tinggi badan Edo dengan Lani adalah____ 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Ketika menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamu boleh meminta bantuan. 

Tarian “Cemara” juga boleh dilakukan bersama anggota keluarga ya. Ucapkan tolong saat ingin meminta bantuan kepada orang lain. 

Nah, itu tadi pengalaman Edo dan teman-teman. Anak-anak bermainnya di rumah saja ya. Hindari kerumunan agar kita terhindar dari covid-19. Ayo, rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Jangan lupa cuci tangan setelah melakukan kegiatan. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 






RABU, 20 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 2. Pengalamanku di sekolah

Pembelajaran: 5

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menjelaskan pengamalan yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dan menemukan arti kata-kata indah yang terdapat pada puisi dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Pengamalan sila keempat Pancasila bisa kita lakukan di mana saja. Tidak terbatas hanya ketika berdiskusi di kelas atau di rumah. Saat bermain dengan teman pun kita bisa mengamalkan sila keempat Pancasila. Seperti pengalaman Edo dan teman-teman berikut. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Bacalah pengalaman di tempat bermain berikut! Tentukanlah apakah pengalaman tersebut sesuai atau tidak sesuai dengan sila keempat Pancasila!

Di video pada kegiatan pertama tadi, kita telah melihat dan membaca puisi “Anggrek Bungaku” bersama-sama. 

Agar dapat memahami isi puisi, kita harus mengetahui arti dari kata-kata indah di dalamnya. Apakah kamu menemukan kosakata baru dari puisi “Anggrek Bungaku”? 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu, jawab pertanyaan berikut ya. Temukan makna kata berikut di Kamus Besar Bahasa Indonesia! 
1. Lembut artinya __________________________ 
2. Rupa artinya ____________________________ 
3. Ayu artinya _____________________________ 
4. Ramah artinya ___________________________ 
5. Kenang artinya __________________________ 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Ketika menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamu boleh meminta bantuan. 

Ucapkan tolong saat ingin meminta bantuan kepada orang lain. Nah, itu tadi pengalaman Edo dan teman-teman. Anak-anak bermainnya di rumah saja ya. Hindari kerumunan agar kita terhindar dari covid-19. Ayo, rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Jangan lupa cuci tangan setelah melakukan kegiatan. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. Terima kasih. 

Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 





SELASA, 19 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 2. Pengalamanku di sekolah

Pembelajaran: 4

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat membuat kalimat tanya mengenai isi puisi, melakukan gerak alam pada tarian, serta membandingkan dan mengurutkan panjang benda dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kita telah menyelesaikan pembelajaran pada subtema 2. Di subtema 2 kita telah belajar tentang pengamalan sila ketiga Pancasila, membaca puisi, mengukur panjang benda, serta membuat karya hias. 

Hari ini kita akan melihat kegiatan Beni, Udin, dan teman-teman yang lain. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

1. Buatlah kalimat tanya berdasarkan puisi pada video!

2. Lakukan gerakan pohon tertiup angin, kemudian jawablah! 
a. Bagaimana cara melakukan gerakan pohon tertiup angin? 
b. Sebutkan bagian tubuh yang digerakkan saat melakukan gerakan tersebut!

Di video pada kegiatan pertama tadi, kita sudah melihat Udin belajar tentang cara membandingkan dan mengurutkan panjang benda. Ingat, untuk membandingkan dan mengurutkan panjang benda, satuan panjang harus sama. 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu tentang membandingkan dan mengurutkan panjang benda, jawab pertanyaan berikut ya. 

Amati gambar-gambar berikut, setelah itu kerjakan soal-soal!

1. Isilah dengan lebih panjang dari atau lebih pendek dari. 
a. Papan tulis _____ pulpen. 
b. Kursi ____ tempat tidur. 
c. Meja ____ lemari. 

2. Urutkan nama benda mulai dari yang terpanjang! 
3. Urutkan nama benda mulai dari yang terpendek! 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. 

Nah, itu tadi kegiatan Beni di rumah. Anak-anak juga tetap di rumah ya. Hindari kerumunan agar kita terhindar dari covid19. Ayo, rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Jangan lupa cuci tangan setelah melakukan kegiatan. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 
Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 





SENIN, 18 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 2. Pengalamanku di sekolah

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat mendeklamasikan puisi ,menghubungkan simbol dengan pengamalan sila ketiga Pancasila, serta melakukan gerak lokomotor berpindah tempat dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak kemarin kita sudah mengenal deklmasi puisi, dan mengetahui cara membuat vas bunga serta mengukur panjang benda dengan alat ukur baku. Hari ini kita akan kembali melihat Beni mendeklmasi puisi dan mengingatkan kita tentang sila ketiga Pancasila. 

Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

A. Buatlah video pada saat kalian mendeklmasi puisi “Kunang-kunang ” pada tayangan yang tadi kalian saksikan dengan lafal, ekspresi dan inotasi yang tepat! 

B. Berilah tanda centang  untuk pengamalan sila ketiga Pancasila! 

    Berilah tanda silang ( X ) untuk yang bukan pengamalan sila ketiga Pancasila! 

1. Beni mengajak Udin untuk memusuhi Edo 

2. Udin mengajak semua teman untuk tertib pada saat upcara bendera 

3. Bermusyawarah dalam memilih ketua kelas 

4. Dayu senang memamerkan mainan buatan luar negeri 

5. Aku enggan memaafkan teman yang sudah meminta maaf

Beni dan teman-teman akan belajar tentang gerak lokomotor berpindah tempat. Bagaimana ya cara melakukan gerak lokomor berpindah tempat? Mari kita lihat videonya. Klik tautan di bawah ini ya. 


Nah, untuk mengetahui pemahamanmu tentang gerak lokomotor, jawab pertanyaan berikut ya. 

Tuliskan cara melakukan berguling ke depan dengan awalan berdiri seperti gambar dibawa ini!

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Ayo,rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Jangan lupa cuci tangan setelah melakukan kegiatan. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 
Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 




JUMAT, 15 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 2. Pengalamanku di sekolah
Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat mendeklamasikan puisi, menuliskan cara membuat vas bunga, serta mengubah satuan panjang dengan tepat.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Pada pembelajaran yang lalu, Beni mengajak kita membaca puisi dan mengingatkan kembali tentang sila ketiga Pancasila. 

Hari ini kita akan mengenal deklamasi puisi dan mengetahui cara membuat vas bunga dari tanah liat, serta mengukur panjang benda dengan alat ukur baku. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 


Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, lakukan kegiatan ini dengan baik. 

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat! 

1. Apa yang kalian ketahui tentang deklamasi puisi? 

2. Tuliskan cara mendeklamasi puisi dengan benar! 

3. Tuliskan bahan yang diperlukan dalam membuat vas bunga dari tanah liat! 

4. Tuliskan cara membuat vas bunga dari tanah liat!

Anak-anak, pada video tadi kita juga sudah melihat tentang pengukuran panjang benda dengan alat ukur baku. Supaya lebih memahami materi tentang mengubah satuan panjang ini, kerjakan latihan soal berikut. 

Tuliskan hasil pengukuran panjang pada benda berikut!


c. Panjang meja = 170 = … m lebih … cm 
d. Panjang papan tulis = 280 = … m lebih … cm 
e. Panjang ruang kelas = 470 = … m lebih … cm 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. 
Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 


KAMIS, 14 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 2. Pengalamanku di sekolah
Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat membaca puisi anak, menuliskan pengamalan sila ketiga Pancasila, serta melakukan gerak keseimbangan dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, kemarin kita sudah melihat Beni membaca puisi, membuat hiasan vas bunga serta mengubah satuan panjang. 

Hari ini kita akan kembali melihat Beni membaca puisi dan mengingat kembali tentang sila ketiga Pancasila. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

A. Buatlah voice note atau rekaman suara pada saat kalian membaca puisi “Kelasku Paling Bersih” pada tayangan yang tadi kalian saksikan! 

B. Isilah soal-soal di bawah ini menurut nilai-nilai dalam sila ketiga Pancasila! 

1. Saat bendera merah putih dikibarkan kita harus …. 

2. Kita harus mengikuti upacara bendera dengan …. 

3. Piket kelas terasa lebih ringan jika dilakukan dengan .… 

4. Sikap yang seharusnya dilakukan saat bermain bersama teman yang berbeda suku adalah …. 

C. Tuliskan tiga pengalamanmu yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di Sekolah!

Gotong royong telah selesai diaksanakan. Kemudian Beni dan teman-teman akan berolahraga. Mereka akan belajar tentang variasi gerak keseimbangan. Bagaimana ya cara melakukan gerak keseimbangan? Mari kita lihat videonya. Klik tautan di bawah ini ya. 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu tentang gerakan keseimbangan (berjinjit), jawab pertanyaan berikut ya. 

A. Lakukan gerak keseimbangan berjinjit dengan satu kaki! 

B. Tuliskan cara melakukan gerakan berikut!

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 



RABU, 13 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalamanku di rumah
Pembelajaran : 5 dan 6

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat membaca puisi anak ,membuat karya imajinatif tiga dimensi, serta mengubah satuan panjang dengan tepat.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Pada pembelajaran yang lalu, Beni mengajak kita untuk mencari makna kata pada puisi dan mengingatkan kita tentang sila kedua Pancasila. 

Hari ini kita akan belajar bersama Beni untuk membaca puisi serta membuat hiasan vas bunga. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, lakukan kegiatan ini dengan baik. 

1. Buatlah voice note atau rekaman suara pada saat kalian membaca puisi “Bunga Mawar” pada tayangan yang tadi kalian saksikan! 

2. Buatlah hiasan vas bunga seperti contoh pada video yang kalian saksikan!

Anak-anak, pada video tadi kita juga sudah melihat tentang mengubah satuan panjang. Supaya lebih memahami materi tentang mengubah satuan panjang ini, kerjakan latihan soal berikut. 

A. Ubahlah satuan panjang berikut ke dalam satuan sentimeter (cm)! 

1. 3 m = … cm 

2. 5 m = … cm 

3. 6 m = … cm 

4. 8 m = … cm 

5. 9 m = … cm 

B. Ubahlah satuan panjang berikut ke dalam satuan meter (m)! 

1. 200 cm = … m 

2. 400 cm = … m 

3. 700 cm = … m 

4. 800 cm = … m 

5. 900 cm = … m 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 


SELASA, 12 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalamanku di rumah
Pembelajaran : 4

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menemukan makna kosakata dalam puisi, menghubungkan simbol dengan pengamalan sila kedua Pancasila, serta melakukan gerak bergantung dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kemarin anak-anak sudah melihat Beni dan Kak Tiur berpuisi, menyanyi, dan mengukur benda dengan meteran. 

Hari ini kita akan kembali melihat cerita Beni. Beni akan mengajak kita untuk mencari makna kata pada puisi dan mengingatkan kita tentang sila kedua Pan Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

1. Carilah makna kata berikut sesuai puisi pada video!

2. Apa yang sebaiknya kamu lakukan jika kamu mengalami pengalaman berikut? 
a. Adik menangis saat ibu sibuk di dapur. 
b. Adik kesulitan membaca buku.

Beni dan ayah bermain di taman dekat rumah. Mainan di taman banyak macamnya. Ada mainan bergelantungan. Ada mainan perosotan. Ada mainan ayunan. Beni memilih mainan untuk bergelantungan. 

Gerak bergantung dapat melatih otot tangan. Bagaimana ya cara melakukan gerak bergantung? Mari kita lihat videonya. Klik tautan di bawah ini yaa. 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu tentang gerakan bergantung, jawab pertanyaan berikut ya. 

1. Bagaimana cara melakukan gerakan pada gambar?

2. Apa manfaat melakukan gerakan seperti pada gambar? Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya. Nah, itu tadi kegiatan Beni di rumah. Anak-anak juga tetap di rumah ya. Hindari kerumunan agar kita terhindar dari covid19. Ayo, rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. Jangan lupa cuci tangan setelah melakukan kegiatan. Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 




SENIN, 11 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalamanku di rumah
Pembelajaran : 3

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menjelaskan makna kata pada puisi, menuliskan tekanan kuat dan lemah pada lagu, serta menentukan panjang dalam satuan baku dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo siapkan alat belajarmu, lalu cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, dan kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini.

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Pada kegiatan pembelajaran yang lalu, kita telah mengingat lambang dan mengetahui berbagai sikap yang mencerminkan sila pertama Pancasila. Kita juga telah mencari makna kata pada puisi. 

Hari ini kita akan belajar bersama Beni dan Kak Tiur. Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

1. Apa judul puisi yang dibaca oleh Kak Tiur? 

2. Cerita apa yang disampaikan dalam puisi yang dibaca oleh Kak Tiur? 

3. Susunlah kata-kata dalam puisi sesuai dengan makna kata berikut!

4. Tuliskan bagian lagu “Kebunku” yang dinyanyikan dengan tekanan kuat! 

5. Tuliskan bagian lagu “Kebunku” yang dinyanyikan dengan tekanan lemah!

Anak-anak, di video tadi kita telah melihat Beni dan Kak Tiur mengukur benda menggunakan meteran. Meteran digunakan untuk mengukur benda yang lebih panjang dari penggaris. 

Mengukur panjang benda menggunakan meteran, caranya sama seperti mengukur menggunakan penggaris. Meteran ada beberapa jenis. Meteran kain, meteran roll besar, dan meteran roll kecil. 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu, jawab pertanyaan berikut ya. 
1. Tuliskan tiga (3) nama benda di rumahmu yang dapat diukur menggunakan meteran! 
2. Apa jenis meteran yang dapat digunakan untuk mengukur panjang tanah atau lapangan? 
3. Tentukan panjang benda-benda berikut!
a. Pintu = ____ 
b. Meja = ____ 
4. Isilah dengan jawaban yang tepat!
Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan fotonya kepada Bapak/Ibu guru ya. Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu. 

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 





JUMAT, 8 JANUARI 2021 
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalamanku di rumah
Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran
Melalui video peserta didik dapat menghubungkan simbol dengan pengamalan sila pertama Pancasila,menjelaskan makna kata dalam puisi, serta melakukan gerak bertumpudengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Pagi ini kita lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) terlebih dahulu ya. Agar rumah kita terhindar dari sarang nyamuk demam berdarah. Lalu, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kemarin anak-anak sudah melihat Beni menyanyi, berpuisi, dan mengukur benda dengan penggaris. Hari ini kita akan melihat kegiatan Beni yang lain.Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 

Sumber: https://youtu.be/4Hl-lE-tzD8

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

1.Tuliskan dua kegiatan pengamalan sila pertama Pancasila yang pernah kamu lakukan di rumah!

 2.Apa manfaat jika kamu melakukan tindakan yang sesuai dengan sila pertama Pancasila? 

3.Isilah kotak kata berikut!

 

Anak-anak setelah melihat kegiatan Beni, sekarang kita akan berolahraga. Berolahraga sangat penting agar tubuh kita tetap bugar. Kali ini kita akan melakukan gerakan bertumpu. Mari kita lihat videonya. Klik tautan di bawah ini yaa. 

 Sumber: https://youtu.be/I66XwIdz8c4

Setelah melihat videonya, sekarang kita coba lakukan gerakannya. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu. Ayo, cuci tangan setelah melakukan olahraga. 

Nah, untuk mengetahui pemahamanmu tentang gerakan bertumpu, jawab pertanyaan berikut ya. 

1.Sebutkan 2 contoh gerakan bertumpu dengan tangan! 

2.Bagaimana cara melakukan gerakan pada gambar?

 

Salinlah pertanyaan tersebut ke bukumu. Kemudian kirimkan foto kegiatannya kepada Bapak/Ibu guru ya.Rapikan kembali alat dan tempat belajarmu.Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini. 

Terima kasih. Sampai jumpa.  

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________

 

 

KAMIS, 7 JANUARI 2021
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalamanku di rumah
Pembelajaran : Edisi Harapan

Tujuan Pembelajaran
Melalui videopeserta didik dapat menentukan panjang pendek nada dengan menyanyikan lagu anak,menjelaskan makna kata dalam puisi, serta menggunakan alat ukur panjang baku dengan benar.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap berbagi pengalaman hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kemarin anak-anak sudah menuliskan harapan di tahun 2021 ini. Semoga kita bisa mewujudkan harapan-harapan tersebut ya. 

Hari ini kita akan melihat kegiatan Beni dirumah. Seperti apa ya keseruan Beni bersama keluarganya di rumah? Yuk, kita lihat videonya. Silakan klik tautan di bawah ini. 

Sumber: https://youtu.be/_3P4GzNfZT8

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

1.Nyanyikan kembali lagu “Paman Datang” dengan panjang dan pendek bunyi yang tepat! 

2.Pasangkan kata-kata di bawah ini dengan arti yang sesuai!

 

Anak-anak sudah menyaksikan video kegiatan Beni di rumah. Di video pada kegiatan 1, anak-anak telah melihat cara mengukur benda dengan penggaris. 

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak, jawab pertanyaan berikut ya. 

1.Amati gambar, kemudian tuliskan nama benda yang dapat diukur menggunakan penggaris! 

 

 2.Tentukan panjang benda-benda berikut!

 

Salinlah ke buku tulis dengan rapi. Kemudian foto dan kirimkan hasilnya ke Bapak/Ibu guru. Jangan lupa rapikan kembali tempat dan alat belajarmu. 

Ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah membimbingmu belajar hari ini.Terima kasih. Sampai jumpa!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

________________________________________________________ 

 

 

RABU, 6 JANUARI 2021
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalamanku di rumah
Pembelajaran : 1

Tujuan Pembelajaran
Melalui pengalaman peserta didik dapat membuat kartu harapan dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dengan semangat dan percaya diri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap berbagi pengalaman hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Tahun baru semangat baru. Kita tutup tahun 2020 dengan rasa syukur atas segala nikmat Tuhan yang mejadikan kita pribadi yang lebih baik dan tangguh.Tangguh menghadapi ujian yang bahkan dunia merasakannya.  

Maka dari itu seperti kampanye yang kita gerakan kemarin mengenai 3M, kita senantiasa melakukannya disetiap aktivitas. 3 M selain menjaga kita, keluarga dan orang-orang disekitar, mudah-mudahan bisa memutus mata rantai penularan Covid-19 di Negara kita tercinta, Aamiin. 

Ayo, anak-anak di rumah, ingatkan keluarga di rumah ya, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan! 

1.Ingat 3M 

2.Makan dan minum teratur

 3.Olahraga rutin 

4.Berjemur matahari minimal 15 menit 

5.Istirahat yang cukup 

Anak-anak, jangan pernah lelah untuk mengingatkan keluarga dan orang-orang disekitar kita ya!

Selalu ada harapan baru, di tahun baru. Bagaimana dengan harapan anak-anak di tahun 2021 ini? Tentunya banyak harapan baru yang ingin kita wujudkan ya Nak! Nah, mari kita tulis harapan-harapan tersebut dalam kartu harapanku.

  

Anak-anak boleh bebas berkreasi menghias kartu harapan tersebut. Ingat penggunaan huruf kapital ketika kalian menulis ya Nak!

Kartunya boleh kalian pajang di rumah! Harapan adalah doa, semangat untuk mewujudkannya anak-anak! 

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini denganmembaca doa sesudah belajar. 

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 

------------------------------------------------------------------------------------------------

 

SELASA, 5 JANUARI 2021
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalamanku di rumah
Pembelajaran : Edisi Berbagi Pengalaman

Tujuan Pembelajaran
Melalui pengalaman peserta didik dapat menceritakan pelaksanaan 3M dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dengan semangat dan percaya diri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap berbagi pengalaman hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Kemarin anak-anak sudah bercerita tentang pengalaman berlibur pada masa Pandemi Covid-19. Alhamdulillah anak-anak tetap bisa menikmati liburan dengan penuh suka cita bersama anggota keluarga.Seperti kita ketahui bahwa Pandemi Covid-19 masih melanda Negara kita tercinta, maka dari itu kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan, kita tidak boleh lengah, kita harus melindungi diri, keluarga dan orang-orang disekitar kita.Salah satunya dengan selalu melaksanakan gerakan 3M (Menjaga jarak, Memakai masker dan Mencuci tangan). 

Seperti yang diakukan teman kita nih, anak-anak saksikan yah! 

Sumber link Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=2jySHJGmd7w

Selamat menyaksikan!

Anak-anak sudah menyaksikan vidio teman kalian Dhika mengajak untuk selalu melaksanakan 3M. Nah, sekarang giliran anak-anak berdasarkan pengalaman dirumah, berkreasi untuk mengajak dan mengingatkan akan pentingnya melaksanakan 3M kepada masyarakat di seluruh Indonesia. 

Anak-anak boleh membuat video seperti Dhika, membuat poster 3M, membuat lagu 3M atau yang lainnya terkait dengan 3M.


Ingat ketika membuat, perhatikan penggunaan huruf kapitalnya ya nak!

Selamat mengerjakan anak-anak! Boleh berkolaborasi dengan keluarga di rumah ya! Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari inidengan membaca doa sesudah belajar. 

Terima kasih, sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 


SENIN, 4 JANUARI 2021

Kelas : II
Tema : 5. Pengalamanku
Subtema : 1. Pengalamanku di rumah
Pembelajaran : Edisi Berbagi Pengalaman

Tujuan Pembelajaran
Melalui pengalaman peserta didik dapat menulis cerita dengan penggunaan huruf kapital tentang pengalaman liburan keluarga pada masa pandemi covid-19 dengan semangat dan percaya diri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ni ini kita bertemu lagi di pembelajaran semester genap, pembelajaran masih dilaksanakan secara daring, mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, mari bersama-sama kita berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik menyenangkan bagi putra-putri tercinta.

Ayah/Bunda jangan lupa selalu mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap berbagi pengalaman hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya, dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Halo anak-anak, bagaimana kabar kalian?
Tentunya semakin semangat ya, setelah melewati liburan semester 1.
Tiada kata menyerah untuk belajar, walaupun di semester 2 ini pembelajaran kita masih dilaksanakan secara daring, mudah-mudahan anak-anak selalu tekun dan rajin belajar serta semangat dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran di rumah.
Anak-anak juga harus selalu mematuhi protokol kesehatan, kita jangan lengah karena Pandemi Covid-19 masih melanda Negara kita tercinta ini.
Ingat pesan ibu untuk selalu melaksanakan 3M:
1.Menjaga jarak
2.Memakai masker
3.Mencuci tangan
Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Tuhan, sehat dan terhindar dari segala penyakit, Aamiin.

Sekarang saatnya anak-anak bercerita nih!
Bagaimana keseruan liburan pada masa pandemi Covid-19 bersama keluarga.
Wah, bapak ibu guru sudah tidak sabar ingin mendengar cerita kalian Nak!

 

Anak-anak tulis ceritanya dibuku kalian ya, jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan huruf kapital ketika kalian menulis cerita.
Selamat mengerjakan anak-anak!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok!

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

0 Komentar