Tema: 1. Selamatkan makhluk hidup

(Penguatan Persiapan PAS)

Subtema: 3. Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

(Penguatan Persiapan PAS)

Pembelajaran: 6

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video peserta didik diharapkan dapat menyajikan data dalam bentuk tabel; menjelaskan karakteristik negara ASEAN dengan percaya diri.

Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua. Semoga Ananda semua dalam keadaaan sehat dan bersemangat. 

Apakah Ananda sudah mengikuti ulangan IPA? Berapa nilai Ananda? Nilai ulangan adalah contoh data yang harus di sajikan untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik. Nilai peserta didik dalam satu kelas merupakan kumpulan data yang harus diolah dan disajikan untuk mengetahui nilai tertinggi, nilai terendah, nilai rata-rata dan lain-lain. 

Bagaimana caranya untuk mengolah nilai dan menyajikannya dalam bentuk tabel? Untuk mengetahui itu silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut. 

 

Bagaimana pendapat Ananda penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? 

Sebagai evaluasi Kerjakanlah soal-soal berikut ini. 

1. Berikut ini nilai ulangan Bahasa Indonesia dari 20 orang siswa adalah sebagai   berikut.6, 6, 7, 8, 9, 6, 7, 7, 7, 86, 8, 8, 9, 5, 7, 7, 8, 9, 6  Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel. 

2. Untuk persiapan PAS kerjakan juga latihan soal pada link berikut ini. 

https://forms.gle/EKoYaCcLDVoJ6unY9

Kerjakan dengan tekun dan cermat. Bila telah selesai foto dan kirim kepada Bapak/Ibu Guru.Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Apakah Ananda pernah ke luar negeri? Apakah Ananda mau jalan-jalan ke negara-negara di Asia Tenggara? Tentunya banyak yang ingin jalan-jalan ke negara lain, baik dalam tugas belajar maupun untuk berwisata. Negara-negara di ASEAN berada dalam Kawasan Asia Tenggara. Letaknya yang dalam satu wilayah membuat kondisi geografis negara-negara di Asia Tenggara terdapat banyak kesamaan. Seperti banyaknya pegunungan, sungai , bentuk daratan, lautan serta kondisi iklim dan curah hujan. 

Bagaimana perbedaan karakteristik geografis dan sosial budaya negara ASEAN? Untuk mengetahui itu silakan Ananda simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.

 

Bagaimana pendapat Ananda, penjelasan pada video tersebut,mudah dipahami bukan? 

Sebagai bahan evaluasi kerjakanlah soal-soal pada link berikut ini. 

https://forms.gle/W8jz9fbvgNrAbMqs5 

Bila telah selesai, jangan lupa discreenshoot hasilnya dan kirim kepada Bapak/Ibu Guru.Kami ampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Marilah kita akhiri pembelajaran ini dengan doa sesudah belajar. 

Sampai jumpa hari Senin.

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

https://zaenalviani.wordpress.com/2012/08/16/latihan-soal-ips-6-indonesia-dan-negara-tetangga-asean/ 

 

BDR KELAS 6 KAMIS, 26 NOVEMBER 2020

Tema: 1. Selamatkan makhluk hidup

(Penguatan Persiapan PAS)

Subtema: 1. Tumbuhan Sahabatku

(Penguatan Persiapan PAS)

Pembelajaran: 6

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video peserta didik diharapkan dapat menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan; menjelaskan karya seni patung.
Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua. Semoga Ananda semua dalam keadaaan sehat dan bersemangat. 

Apakah Ananda pernah berkunjung ke Kebun Binatang? Di mana letaknya , dan apa yang Ananda lihat? Mungkin jawabanya akan berbeda-beda.Tujuan orang bepergian ke Kebun Binatang, selain untuk berlibur, mungkin juga untuk memperhatikan dan mengamati kehidupan hewan. 

Kali ini Ananda akan mempelajari bagaimana cara membuat teks laporan pengamatan dan membuat simpulandari teks laporan pengamatan. Untuk mempelajari hal tersebut, silakan Ananda simak video pada linkberikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.


 

Bagaimana pendapat Ananda penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? Sebagai evaluasi Kerjakanlah soal-soal latihan yang ada pada link berikut ini. 

https://forms.gle/KrQw2ogPZMp51LYz8

Kerjakan dengan tekun dan cermat. Bila telah selesai jangan lupa discreenshoot dan kirim kepada Bapak/IbuGuru.Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. 

Apakah Ananda pernah berkeliling di pusat Kota Jakarta? Apa saja ciri khas Kota Jakarta? Selain sebagai Ibu Kota Negara Indonesia , Kota Jakarta juga terkenal akan patung-patungnya yang juga menjadi ciri khasnya seperti Patung Selamat Datang di Bundaran HI, PatungTugu Pancoran, Patung Jenderal Sudirman,dan lain-lain. Patung merupakan karya seni tiga dimensi yang bisa dilihat dari segala arah. 

Bahan pembuat patung bermacam-macam seperti tanah liat, batu, logam perunggu, kayu dan lain-lain. Apa saja fungsi dan tujuan orang membuat patung? Untuk mendalami hal tersebut, silakan Ananda simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut. 

 

Bagaimana pendapat Ananda, penjelasan pada video tersebut,mudah dipahami bukan? 

Sebagai bahan evaluasi kerjakanlah soal-soal pada linkberikut ini. 

https://forms.gle/i1TsiRj3AGmNkSRw5 

Bila telah selesai, jangan lupa discreenshoot hasilnya dan kirim kepada Bapak/Ibu Guru. Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Marilah kita akhiri pembelajaran ini dengan doa sesudah belajar. Sampai jumpa besok.

https://www.juraganles.com/2019/08/soal-pts-uts-sbdp-kelas-6-semester-1-terbaru-tahun-2019-2020.html https://life-edukasi.blogspot.com/2019/09/soal-bahasa-indonesia-kelas-6-sd.html

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

 

Tema: 1. Selamatkan makhluk hidup

(Penguatan Persiapan PAS)

Subtema: 1. Tumbuhan Sahabatku

(Penguatan Persiapan PAS)

Pembelajaran: 6

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakkan tumbuhan; menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua. Semoga Ananda semua dalam keadaaan sehat dan bersemangat.

Makhluk hidup di alam ini ada tiga macam yaitu manusia, tumbuhan, dan hewan. Makhluk hidup yang berperan sebagai sumber makanan atau produsen adalah tumbuhan.

Sebagai makhluk hidup tumbuhan mempunyai ciri-ciri yaitu bernapas, bergerak, tumbuh dan berkembang biak. Perkembangbiakkan tumbuhan berbeda-beda, ada yang secara generatif dan secara vegetatif. Kita harus bisa memahami cara perkembangbiakkan tumbuhan agar bisa memanfaatkan dan menjaga kelangsungan hidup tumbuhan.

Bagaimana cara perkembangbiakkan tumbuhan secara vegetatif serta contoh-contoh tumbuhannya? Silakan Ananda simak video pada linkberikut ini.

Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.

 

Bagaimana pendapat Ananda penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? Sebagai evaluasi Kerjakanlah soal-soal latihan yang ada pada link berikut ini.

https://forms.gle/TWpz4g1qqw8PxUr97

Kerjakan dengan tekun dan cermat. Bila telah selesai jangan lupa discreenshootdan kirim kepada Bapak/Ibu Guru.Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepadaAyah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Tahukah Ananda bunyi sila-sila pada Pancasila? Tentunya Ananda sudah sering mendengarnya pada saat upacara bendera. Tahukah Ananda mengapa kita harus memahami Pancasila? Pancasila adalah Dasar Negara Indonesia.

Pancasila dirumuskan oleh para pendiri bangsa yang diambil dari nilai-nilai luhur bangsa yang berkembang di masyarakat. Nila-nilai luhur pada Pancasila merupakan cerminan kepribadian bangsa yang harus dipahami, diamalkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh rakyat Indonesia.

Apa saja nilai-nilai darisila-sila yang ada pada Pancasila? Dan bagaimana cara menerapkannya? Untuk mengetahui itu, silakan Ananda simak video pada linkberikut ini.

Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=ArgfYUAHZAw

Bagaimana pendapat Ananda, penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan? Mudah-mudahan Ananda semua dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai dari Pancasila dengan baik dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Sebagai latihan kerjakanlah soal-soal pada link berikut ini.

https://forms.gle/N65KCGQfxJA3swng8

Bila telah selesai, jangan lupa discreenshoot hasilnya dan kirim kepada Bapak/Ibu Guru. Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Marilah kita akhiri pembelajaran ini dengan doa sesudah belajar.

Sampai jumpa besok.

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

BDR KELAS 6 SELASA, 24 NOVEMBER 2020

Tema: 5. Wirausaha

Subtema: 3. Ayo Belajar Berwirausaha

Pembelajaran: 6


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak video diharapkan peserta didik dapat menghitung volume bola dan volume gabungan bangun ruang; menjelaskan peran Indonesia di ACO (Asean cooperative Organization) dengan teliti.

Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua. Semoga Ananda semua dalam keadaaan sehat dan bersemangat.

Pagi ini kita akan lanjutkan pelajaran tentang bangun ruang Matematika. Bola adalah salah satu jenis bangun ruang. Ciri-ciri bangun ruang bola adalah hanya mempunyai satu sisi, tidak mempunyai titik sudut dan juga rusuk. Bangun ruang bola mempunyai volume atau isi yang bisa dihitung dengan rumus tertentu. Beberapa bangun ruang yang menempel atau bertumpuk disebut bangun ruang gabungan. Bangun ruang gabungan bisa terdiri dari balok dengan limas, tabung dengan kerucut dan lain-lain.

Bagaimana cara menghitung volume bola dan volume gabungan bangun ruang? Untuk mendalami itu, silakan Ananda simak video pada linkberikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=D-fsATTWWVs

Bagaimana pendapat Ananda penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan?

Sebagai evaluasi Kerjakanlah soal-soal latihan yang ada pada bagian akhir video tersebut.

Kerjakan dengan cermat dan teliti, ikuti langkah-langkah penyelesaiannya. Yakinlah Ananda dapat mengerjakannya dengan benar.

Tulis jawabanmu di buku tulis. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru.Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Beberapa contoh bentuk kerjasama ASEAN yang saat ini dilaksanakan adalah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan ACO (ASEAN Cooperative Organisation) atau Koperasi ASEAN. Tujuan utama kerjasama ASEAN adalah untuk meningkatkan kesejahteraan negara-negara ASEAN.

Apa Itu ACO dan bagaimana kebijakannya di ASEAN? Untuk mengetahui hal tersebut, silakan Ananda simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=07ScERsG7m0

Bagaimana pendapat Ananda, penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan?

Sebagai evaluasi Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1.Jelaskan pembagian tugas dalam ACO!

2.Apa kebijakan dari AFTA untuk meningkatkan daya saing perekonomian negara ASEAN?

3.Jelaskan manfaat diberlakukannya MEA bagi Indonesia!

4.Jelaskan dampak bagi Indonesia dari peran Indonesia di AFTA!

5.Apakah MEA dapat meningkatkan ekspor produk wirausaha Indonesia? Jelaskan Alasannya!

Tulis jawabanmu di buku tulis, paparkan dengan rekam suara. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru. Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik. Marilah kita akhiri pembelajaran ini dengan doa sesudah belajar. 

Sampai jumpa besok.

 

Untuk kegitan belajar lengkap kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelasdua

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelaslima  

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

 


BDR KELAS 6 SENIN, 23 NOVEMBER 2020

Tema: 5. Wirausaha

Subtema: 3. Ayo Belajar Berwirausaha

Pembelajaran: 5

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan formulir ujian sekolah; dan menjelaskan dan membuat reklame dalam bentuk embalase/buklet secara kreatif.

Assalamualaikum, Apa kabar Ananda semua. Semoga Ananda dalam keadaaan sehat dan bersemangat. Teks formulir adalah suatu lembaran berupa kartu atau kertas dengan ukuran tertentu yang berisi mengenai data atau informasi yang sifatnya tetap dan juga beberapa bagian lain yang tidak tetap.

Formulir dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satu jenis formulir yang wajib diisi oleh siswa saat menjelang kelulusan sekolah adalah formulir ujian sekolah. Formulir ujian sekolah berisi data diri siswa dan lembar jawaban siswa. Apa saja bagian-bagian dari formulirujian sekolah dan bagaimana cara mengisinya, Ananda bisa simak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=YxqIrGDEHbg

Bagaimana pendapat Ananda penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan?

Sebagai evaluasi jawablah pertanyaan-pertanyaan yang ada bagian akhir video tersebut.

Tulis jawabanmu di buku tulis. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru.Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Belajar menjadi wirausaha adalah suatu hal yang menarik. Banyak sekali tantangan dan pengalaman yang bisa diambil sebagai bekal apabila ingin mendalami dan menjadi seorang wirausaha yang sukses. Kerja keras dan semangat pantang menyerah harus dimiliki semenjak awal memulai usaha, seperti merencanakan produk yang ingin dijual, menghitung biaya atau membuat reklame yang sesuai untuk mempromosikan produk yang kita ingin buat atau kita jual.

Untuk mempromosikan produk pada awal memulai usaha, memerlukan jenis reklame yang tepat yang efisien dan tepat sasaran baik dari segi biaya yang murah atau memilih calon konsumen. Salah satu jenis reklame yang murah yaitu embalase dan buklet.

Bagaimana cara membuatnya? Silakan Ananda simak video pada linkberikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=xtfrxO0i2cU

Bagaimana pendapat Ananda, penjelasan pada video tersebut, mudah dipahami bukan?

Sebagai evaluasi Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1.Jelaskan pengertian dari embalase!

2.Tuliskan bagian bagian dari embalase!

3.Jelaskan bagian-bagian dari buklet!

4.Bila Ananda menjadi seorang wirausaha, buatlah contoh buklet dari produk yang Ananda jual!

Tulis jawabanmu di buku tulis. Bila telah selesai kirim kepada Bapak/Ibu Guru. Terima kasih kepada Ananda yang mengerjakan tugasnya tepat waktu. Kami juga sampaikan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang sudah membimbing dan menemani putra-putrinya sehingga pembelajaran Ananda berjalan baik.

Marilah kita akhiri pembelajaran ini dengan doa sesudah belajar. Sampai jumpa besok!

 

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

0 Komentar