Kelas : IV (Empat)

Tema : 2. Selalu Berhemat Energi

Subtema : 1. Sumber Energi

Pembelajaran : 4

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat membandingkan nilai pecahan yang lebih kecil, lebih besar, dan senilai secara tepat, menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang energi angin dengan mandiri dan bertanggung jawab.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak, bagaimana perayaan hari kemerdekaan di lingkunganmu? Meskipun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tentu kita tetap bersuka-cita ya merayakannya, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ananda, pernahkah bermain kincir angin mainan yang terbuat dari kertas atau plastik? Kincir tersebut akan berputar jika tertiup angin.Biasanya kincir tersebut kita gunakan untuk bermain bersama teman-teman.

Berbeda dengan kincir angin mainan, kincir angin yang sebenarnya bisa digunakan untuk menggerakkan alat penumbuk padi atau gandum.Selain itu, juga bisa digunakan untuk menggerakkan alat untuk memompa air, serta dapat juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga bayu (angin).

Meskipun berbeda kegunaannya, sebenarnya kincir-kincir tersebut memiliki persamaan, yaitu sama-sama memanfaatkan energi angin untuk dapat bergerak.

Maukah kamu memiliki kincir angin mianan? Ayo kita membuat kincir sederhana dari bahan kertas atau plastik! Ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini!

 
 Sumber: https://youtu.be/Zg_OWVB5dmc

Bawa kincir anginmu yang terbuat dari kertas ke luar ruangan. Buatlah kincirmu berputar dengan cara membawanya berlari atau ditiup. Perhatikan apa yang terjadi! Energi apa yang dapat menggerakkan kincirmu?

Sekarang tuliskan laporan hasil percobaan yang meliputi nama percobaan, tujuan, alat-alat, langkah kerja, hasil percobaan, dan kesimpulan pada buku tulismu.Fotokan dan kirimkan hasilnya ke WA bapak/ibu guru  ya!

Anak-anak, selanjutnya kita akan belajar membandingkan nilai pecahan. Pada pembelajaran sebelumnya, kita sudah pernah membandingkan pecahan dengan gambar. Sekarang kita akan belajar membandingkan pecahan dengan cara mengalikannya secara silang. Bagaimana caranya? Simak video berikut ini ya!

 
Sumber:  https://youtu.be/NuBq3FsQU8o

Bagaimana Anak-anak, mudah bukan? Sekarang mari kita latihan membandingkan pecahan di bawah ini!

Berikantanda (<) untuk pecahan yang lebih kecil, tanda (>)untuk pecahan yang lebih besar, dan tanda(=)untuk pecahan yang senilai.

Kalau sudah selesai, fotokan hasilnya dan kirimkan pada bapak/ibu guru ya!

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!

 

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

0 Komentar