Kelas: IV

Tema: 2. Selalu Berhemat Energi

Subtema: 3. Energi Alternatif

Pembelajaran: 3

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan kedalam kerangka tulisan serta menyajikan laporan hasil pengamatan tentang berbagai perubahan bentuk energi.

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak bagaimana PSN hari ini? Masih ada jentikkah? Bila kalian menemukan jentik dari tempat penampungan air yang tidak bisa dikuras maka taburi tampungan air tersebut dengan bubuk abate.

Abate yang ditabur di bak penampungan air akan mampu membasmi jentik. Bebas jentik bebas demam berdarah!

Anak-anak bila kalian ingin tahu informasi lebih mendalam tentang sesuatu, rajinlah membaca. Oh ya siapa yang suka membaca? Asyik lho kalau kita gemar membaca, wawasan kita bertambah luas. Hari ini kita masih belajar tentang keterhubungan antargagasan ya.

Agar lebih jelas, mari kita simak video berikut ini!

Semakin jelas ya, bagaimana menata kalimat berdasarkan keterhubungan antargagasan? Sebagai latihan perhatikan beberapa kalimat berikut! Susunlah menjadi sebuah paragraf yang padu, tandai keterhubungan antargagasannya ya!

1. Energi kimia itu akan berubah menjadi energi gerak, sehingga mobil dapat melaju

2. Bahan bakar itulah salah satu bentuk energi

3. Mobil menggunakan bahan bakar untuk bisa menjalankan mesinnya.

4. Di dalam bahan bakar tersimpan energi kimia. 

Selamat mengerjakan, bila ada kesulitan kalian boleh minta bantuan, ayah, bunda, atau mengubungi Bapak/Ibu guru ya.

Anak-anak sukakah kalian bereksperimen? Mencoba sesuatu yang unik dan menarik? Nah langkah awal sebelum mencoba membuat sesuatu adalah dengan cara mengamati. Mengamati adalah memperhatikan dengan seksama obyek yang diamati, sehingga didapat informasi yang lengkap.

Nah, tugas kalian sekarang adalah mengamati, mencatat, dan nanti memresentasikan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada tautan berikut 

Sumber: https://youtu.be/6r777gGAzjI

Hal yang perlu kalian catat adalah ...

1.   Nama percobaan                :.....................

2.   Perubahan bentuk energi    : ...................

3.   Proses perubahan energi    : ...................

Bila sudah selesai fotokan hasil pekerjaan kalian, kemudian kirimkan ke Bapak/Ibu guru ya!

Ucapkan terima kasih pada ayah, bunda, atau siapapun yang membantu kalian belajar.

Sampai jumpa pada pembelajaran minggu depan ya!

 

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

 

0 Komentar