Kelas: IV

Tema: 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Subtema: 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran: 3

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya dengan santun dan mandiri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Lingkungan yang hijau berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Hal ini salah satunya karena manusia menghirup oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan.

Sekarang mari kita mengenali bagian-bagian tumbuhan melalui video pada tautan berikut ini!

Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari video tersebut ya!

Memelihara tumbuhan adalah bagian dari kegiatan menjaga keseimbangan dan pelestarian lingkungan.

Sekarang, kamu akan menanam satu jenis tumbuhan, kemudian merawatnya, dan mengamati setiap bagiannya.

Ayo, kita menanam tumbuhan dengan langkah berikut!

Buatlah video kegiatanmu menanam tumbuhan, kemudian kirimkan hasilnya ke Wabapak/ibu guru ya!

Kita berhak mendapatkan udara segar dari oksigen yang dihasilkan tumbuhan. Tapi jangan lupa, kita juga memiliki kewajiban untuk menjaga dan melestarikannya ya!

Selanjutnya, mari kita cermati teks tentang upaya manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan berikut!


 Setelah membaca teks tersebut, sekarang jawablah soal-soal berikut ini!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.

Terima kasih, sampai jumpa besok!

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

0 Komentar