Guru Belajar Seri AKM (Pengantar, Soal ,dan Jawaban Asesmen Pra Bimtek)
Pengantar Program Bimtek Guru Belajar Seri AKM
Pada tahap ini sahabat diminta untuk mengerjakan kuis untuk meningkatkan pemahaman awal dari bimtek ini. Hasil dari menjawab kuis ini dapat dijadikan perbandingan bagaimana pemahaman sebelum dan sesudah mengikuti bimtek ini karena pada akhir sesi bimtek akan diminta untuk mengerjakan soal kuis yang sama seperti ini.
Adapun soal-soal asesmen kuis tersebut adalah sebagai berikut. Jawaban yang saya pilih saya tandai dengan menebalkan tulisan. Ini hanya sebagai bahan belajar Sahabat dan bukan merupakan kunci jawaban. Silakan Sahabat jawab sesuai dengan pemahaman Sahabat tentang Asesmen Kompetensi Minimum ini. Dengan menjawab seperti ini, saya mendapat nilai 93 yang terdiri dari 28 jawaban benar dan 2 jawaban salah dari keseluruhan 30 soal. Semoga sahabat lebih baik dalam mengerjakan asesmen pra program bimtek ini ya.
- Digunakan sebagai dasar perbaikan kualitas pembelajaran
- Digunakan sebagai penilaian untuk penentuan nilai individu
- Diberikan di akhir jenjang sebagai penentuan kelulusan siswa
- Diberikan untuk menilai prestasi pendidikan setiap daerah
- Survei karakter
- Survei lingkungan belajar
- Asesmen Kompetensi Minimum
- Survei kualitas sekolah
- Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa
- Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai pancasila
- Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
- Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas sekolah
- Ujian Nasional dilakukan pada siswa kelas V, VII, dan XI sedangkan Asesmen Nasional untuk tingkat akhir
- Ujian Nasional dilakukan selama 1 minggu sedangkan Asesmen Nasional dilakukan selama 4 hari
- Ujian Nasional dilakukan pada semua siswa sedangkan Asesmen Nasional pada siswa sampel
- Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring
- Jumlah butir soal yang diujikan pada semua setiap jenjang sama yaitu sejumlah 30 soal
- Semua siswa pada setiap jenjang pendidikan akan mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan sama
- Soal asesmen terdiri atas pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat, dan uraian
- Kompetensi mendasar yang dipelajari setiap siswa berbeda sesuai dengan peminatannya
- Teks informasi dan teks fiksi
- Teks prosedur dan teks prosedur kompleks
- Teks observasi dan teks deskripsi
- Teks wacana dan teks argumentasi
- Kompetensi dasar siswa untuk mempelajari materi apapun
- Kompetensi dasar yang harus dimiliki sekolah
- Kompetensi matematika dan Bahasa Indonesia siswa
- Kompetensi minimal setara yang harus dimiliki siswa
- Konteks masalah yang diberikan bersifat rutin dan sederhana
- Soal bersifat relevan dengan dunia nyata dan aplikatif
- Soal mengacu pada penyelesaian sesuai konsep yang dipelajari
- Dalam soal teks yang disajikan pendek namun kurang mendalam
- Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu
- Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya
- Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi
- Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan
- Asesmen Kompetensi Minimum akan mempengaruhi penyelenggaraan kegiatan kelulusan siswa
- Dengan Asesmen Kompetensi Minimum sekolah tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah (US)
- Hasil Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengevaluasi di berbagai aspek pembelajaran
- Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan juga untuk mengukur penguasaan siswa terhadap konten
- (a), (b), (c)
- (a), (b), (d)
- (a), (c), (d)
- (b), (c), (d)
- Menemukan informasi tersurat
- Membandingkan hal-hal utama dalam teks
- Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
- Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita
- Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
- Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh pada teks
- Mengidentifikasi kejadian yang dihadapi tokoh cerita
- Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks
- Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain
- Membandingkan hal-hal utama dalam teks sastra
- Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks
- Mengidentifikasi perubahan dalam elemen intrinsik pada teks
- Mengenal segi empat, segitiga, segi banyak, dan lingkaran
- Mengenal limas kerucut dan bola
- Mengenal prisma dan tabung
- Mengenal balok dan kubus
- Bilangan
- Geometri dan pengukuran
- Aljabar
- Data dan ketidakpastian
- 1 level pembelajaran
- 2 level pembelajaran
- 3 level pembelajaran
- 4 level pembelajaran
- Andi memiliki 200 gram gula pasir dan 1,2 kilogram tepung terigu. Saat dicampurkan maka beratnya menjadi …. kilogram.
- Perhatikan kemasan minuman sari buah berikut! Jika dituliskan dalam bentuk pecahan paling sederhana, berapakah kandungan sari buah apel?
- KPK dari 85, 90, dan 125 dalam bentuk faktorisasi utama adalah….
- Diketahui sebuah kubus dengan panjang sisi 40 cm. Berapa volume kubus tersebut?
- Asesmen Kompetensi Minimum memiliki konsekuensi pada siswa SD sehingga akan menjadi beban tambahan
- Asesmen Kompetensi Minimum akan menjadi seleksi siswa SD/MI untuk memasuki jenjang SMP/MTS
- Asesmen Kompetensi Minimum lebih baik karena menjadi tolak ukur untuk menilai pencapaian siswa
- Asesmen Kompetensi Minimum tidak menjadi beban karena tidak menilai pencapaian siswa, melainkan berfokus pada proses
- Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan serta relasi dan fungsi bilangan.
- Pada level pembelajaran 2, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.
- Pada level pembelajaran 1, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Mempelajari persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya serta ketidakpastian dan peluang.
- Pada level pembelajaran 3, siswa akan merepresentasi, mengurutkan dan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dengan bilangan bulat ataupun desimal. Mengenal bangun geometri dan pengukurannya. Persamaan dan pertidaksamaan bilangan, relasi dan fungsi bilangan, juga rasio dan proporsi. Mempelajari data dengan representasinya.
- Berpusat pada materi pembelajaran
- Belajar untuk cakupan materi
- Belajar untuk pemahaman konsep dan keterampilan
- Berorientasi pada nilai akhir
- Menunjukkan kinerja dengan menerapkan konsep
- Pembelajaran terkait dengan konteks kehidupan nyata siswa
- Belajar untuk cakupan materi yang harus dikuasai
- Berorientasi pada konteks dan penguasaan kompetensi
- Berorientasi pada nilai akhir
- Menjawab serangkaian pertanyaan topik berdasarkan teks
- 1), 3), 5)
- 2), 4), 5)
- 3), 5), 6)
- 1), 4), 6)
- Perlu intervensi khusus
- Dasar
- Cakap
- Mahir
- Perlu intervensi khusus
- Dasar
- Cakap
- Mahir
- Asesmen Kompetensi Minimum terikat secara erat dengan konten kurikulum
- Asesmen Kompetensi Minimum mengukur penguasaan siswa atas konten kurikulum secara keseluruhan
- Asesmen Kompetensi Minimum memperhatikan apa yang seharusnya diajarkan oleh guru pada tiap kelas
- Asesmen Kompetensi Minimum terlepas dari keseluruhan kurikulum sekolah
- Mencari, mengakses, serta menemukan informasi dari bacaan
- Memahami informasi tersirat maupun tersurat dari bacaan
- Memadukan interpretasi (pemahaman) pada bagian teks untuk menghasilkan kesimpulan
- Mengevaluasi dan merefleksikan isi teks dengan hal lain diluar teks maupun pengalamannya
- Menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi siswa
- Melakukan penilaian mandiri untuk mata pelajaran lain
- Menyusun pembelajaran sesuai konten materi pada asesmen
- Menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kompetensi terendah siswa
- Menyelesaikan soal sesuai konsep matematika
- Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
- Memahami data dalam bentuk tabel maupun grafik
- Memahami fakta, prosedur, serta alat matematika
- Memetakan pencapaian siswa dalam AKM yang dapat digunakan untuk seleksi masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi
- Menyusun dan melaksanakan program pengayaan untuk mendorong prestasi belajar siswa lebih baik lagi
- Mendorong siswa untuk mendapatkan skor tinggi dan mengesampingkan pelajaran yang tidak relevan dengan AKM
- Merefleksi hasil AKM dalam pembelajaran sehingga guru-guru dapat membangun kompetensi serta karakter siswa
- Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi siswa pada kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi
- Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum berupa nilai yang sejalan dengan karakteristik utama dari pembelajaran berbasis kompetensi yang berfokus capaian hasil akhir berupa nilai akhir berupa nilai
- Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum akan membantu guru mempersiapkan materi pembelajaran untuk digunakan oleh siswa sesuai dengan pembelajaran berbasis kompetensi
- Pelaporan hasil Asesmen Kompetensi Minimum akan memberikan standar penguasaan yang harus dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa akan mencapai level mahir bersamaan
0 Komentar