Tema 1
 Indahnya Kebersamaan
Subtema 1 
Keragaman Budaya Bangsaku
 
Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terkait persatuan dan kesatuan secara mandiri, mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret dengan teliti, serta memperagakan dasar-dasar gerak tari daerah dengan penuh kreativitas.

     Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Apa kabar anak-anak semua? Ingat selalu untuk cuci tangan dengan sabun pada air mengair sebelum dan sesudah memulai kegiatan ya.. Kalau sudah cuci tangan, mari kita mulai kegiatan kita hari ini. Kita membaca doa terlebih dahulu ya...semoga kita selalu diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Berbahagialah sekarang kalian dapat belajar dengan didampingi Ayah/Bunda. Ucapkan kata tolong ketika meminta bantuan, ucapkan maaf jika berbuat salah, dan jangan lupa ucapkan terima kasih ketika telah dibantu.

Sekarang, mari kita baca dengan cermat, teks Siap Menghadapi Musim Hujan berikut ini!

Sumber gambar:https://bit.ly/3eCvSVL

     Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi untuk melakukan kerja bakti. Mereka berencana membersihkan selokan. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.
     Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.
     Setelah acara kerja bakti selesai, warga berkumpul untuk menikmati teh hangat dan pisang goreng. Makanan tersebut dimasak oleh warga ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. Kini, mereka siap menghadapi musim hujan.
Sumber: Buku Siswa Tema 1 Indahnya Keberagaman. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setelah membaca teks tersebut, sekarang mari kita jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1.Apa yang dilakukan warga desa Kampung Babakan?
2.Mengapa mereka melakukan kerja bakti?
3.Apakah warga desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dankesatuan? Jelaskan!
4.Apa manfaatsikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi wargaKampung Babakan?
5.Apa yang akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakanpersatuan dan kesatuan?

     Selanjutnya kita akan membahas tentang pecahan. Tahukah kalian apa itu pecahan? Bagaimana menyatakan pecahan secara konkret dalam kehidupan sehari-hari? Kita simak video berikut ini ya!

 
 Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=J_ggwazHoKo&t=381s

Simak juga penjelasan tentang pecahan di tautan ini ya! https://bit.ly/materipecahankelas4
Bagaimana? Sudah lebih jelas kan?

Sekarang yuk kita berlatih untuk mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai melalui tautan berikut  ini! https://bit.ly/latihanpecahankelas4
Kerjakan 1 kali saja ya!
     Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang keberagaman alat musik tradisional betawi. Selain alat musik tradisional, kota tempat kita tinggal ini juga kaya akan tarian-tariannya. Sekarang kita saksikan yuk tari Ondel-ondel Betawi melalui video berikut ini!

Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=Ss6pR2XNRYc&t=3s
Ayo coba praktikkan tarian tersebut! Mintalah bantuan Ayah/Bunda untuk mendampingi.
Selamat belajar....


Bu Sam Berbagi
Jakarta, 17 Juli 2020.



2 Komentar