TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN

SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan mendiri, mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret dengan penuh tanggung jawab.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat dan penuh dengan kebahagiaan.  Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah, atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas kegiatan belajar di rumah. Ayah/Bunda minta tolong untuk mengingatkan ananda agar mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap kegiatan dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih atas kerja sama Ayah/Bunda semua.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa untuk mengucapkan kata tolong ketika meminta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan! 

Anak-anak, sebelumnya kita sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia dan bagaimana menjalin kebersamaan dalam keberagaman itu. Sekarang mari kita belajar lebih jauh tentang kebersamaan dalam keragaman itu ya. Mari kita baca dengan teliti teks berikut ini!

Tong Sampah Gotong Royong

Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?

Pagi hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi terlebih dahulu di Pura. Sementara itu, warga bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubang-lubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.

Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempattempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergotong-royong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah yang cantik.

Sumber: Buku Tematik Terpadu Kelas IV. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setelah membaca teks tersebut dan memahaminya, coba anak-anak jawab pertanyaan  berikut ini ya!

  1.  Apa yang dimaksud dengan kerja sama?
  2. Apa manfaat kerja sama?
  3. Apa saja keberagaman yang terdapat pada cerita tersebut?
  4. Bagaimana cara kita supaya bisa bekerja sama dalam keberagaman?
  5. Apakah kamu pernah melihat warga yang bekerja sama dalam keberagaman di lingkunganmu? Coba ceritakan!

Tuliskan jawabanmu pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya dan kirim melalui WA bapak/ibu guru ya!

Anak-anak, masih ingatkan kalian tentang pembelajaran pecahan senilai? Apa yang dimaksud dengan pecahan senilai? Bagaimana cara menentukan dua pecahan senilai? Pecahan senilai adalah pecahan yang dituliskan dalam bentuk berbeda, tetapi mempunyai nilai sama. Pecahan senilai disebut juga pecahan ekuivalen.Untuk lebih jelasnya, mari kita simak video berikut ini!

Sumber: https://Youtu.be/-e7Pdn0deCU

 Nah itulah yang dimaksud dengan pecahan senilai. Perhatikan lagi gambar berikut ini!

                                            4/8                                               2/4

Apakah gambar bagian lingkaran yang diarsih sama besar?

Apakah pecahan 4/8 sama dengan pecahan 2/4? Coba jelaskan, apakah 4/8 dan 2/4 merupakan pecahan senilai?

Untuk mengukur pemahaman kalian tentang pecahan senilai, silakan kerjakan latihan soal dengan mengisi langsung pada tautan berikut ini! Soal Latihan Pecahan Senilai

Jika sudah selesai mengerjakan, fotokan kemudian kirim ke WA bapak/ibu guru ya! Selamat mengerjakan, semoga sukses dan sampai jumpa di pembelajaran jarak jauh besok ya.

1 Komentar