PJJ KELAS 4 RABU, 19 AGUSTUS 2020
Kelas: IV
Tema : 2. Selalu Berhemat Energi
Subtema: 1. Sumber Energi
Pembelajaran: 5
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari –hari, menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatn sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsidengan percaya diri dan santun.
Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Sumber energi listrik digunakan manusia untuk membantu aktivitasnya sehari-hari. Dengan adanya energi listrik, kita dapat menyalakan lampu, televisi, radio, setrika listrik,dan lain-lain. Kita semua berhak mendapatkan energi listrik. Kewajiban kita adalah menghemat penggunaannya.
Sekarang amatilah gambar berikut ini!
1.Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan!
2.Apa yang terjadi jika TV menyala, tetapi tidak ada yang menonton?
3.Apa yang perlu kamu lakukan jika hendak tidur ketika TV masih menyala?
4.Apa yang perlu diperbaiki dari sikap pada gambar di atas?
1.Apakah kita berhak menyalakan TV? Jelaskan!
2.Apa manfaat kita menonton TV bersama-sama anggota keluarga?
3.Apa yang akan terjadi jika setiap anggota keluarga menonton TV sendiri-sendiri?
4.Hal baik apa yang dapat kita contoh dari gambar di atas?
Tuliskan jawabannya pada buku tulismu, kemudian fotokan hasilnya dan krimkan kepada bapak/ibu guru ya!
Provinsi DKI Jakarta tempat kita tinggal, memiliki sumber daya alam laut yang cukup banyak. Salah satunya adalah ikan. Tahukah kamu sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan? Ya, untuk mengeringkan ikan biasanya dilakukan dengan memanfaatkan energi matahari.
Sekarang mari kita simak video pengolahan sumber daya alam laut yang berada di Muara Angke, Jakarta Utara!
Wah menarik ya! Bagaimana dengan wilayah sekitar tempat tinggalmu? Apa saja sumber daya alam yang terdapat di sekitar tempat tinggalmu? Bagaimana sumber daya alam tersebut memengaruhi kehidupan masyarakat setempat? Ayo, cari tahu dengan berdikusi bersama ayah/bunda di rumah, catat hasilnya, kemudian paparkan hasilnya melalui video atau voice note ya!
Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 Komentar