Kelas : IV
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Subtema : 3. Bersyukur Atas Keberagaman

   Pembelajaran:6
 Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan berbagai bentuk keberagamanan sosial di Indoensia yang terikat persatuan dan kesatuan, menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antargagasan ke dalam kerangka tulisan dengan disiplin dan kerja keras.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

 
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragamanbudaya yang ada di Indonesia.Negara kita memiliki banyak sekali permainan tradisional yang menarik. Salah satunya adalah permainan engklek.

Permainan Engklek merupakan permainan berjalan atau melompat dengan menggunakan satu kaki pada bidang datar dengan peraturan yang disederhanakan dan disepakati oleh para pemainnya. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita membaca teks berikut ini!

Permainan Engklek

Berdasarkan teks tersebut, buatlah ringkasan tentang permainan tradisional engklek pada bagan berikut dengan menuliskan terlebih dahulu gagasan pokok dan gagasan pendukungnya!


Apakah Ananda pernah bermain engklek sebelumnya? Pasti sangat menyenangkan, apalagi kalau dimainkan bersama teman-teman. Nah, berikut ini ada video tentang permainan engklek. Mari kita simak videonya pada tautan berikut ini!

Sumber:https://youtu.be/Mc_K-hwuUu8

Kamu dapat mencoba permainan engklek ini bersama ayah, bunda, kakak atau adik! Jangan lupa foto/videokan kegiatanmu sedang bermain engklek ya!

Selanjutnya, jawablah pertanyan-pertanyaan berikut ini!

1.Sikap apa saja yang harus kamu tunjukkan ketika bermain Engklek dengan   teman yang berbeda-beda?

2.Apakah dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya? Jelaskan!

3.Apa yang terjadi jika tidak ada kerja sama yang baik antara pemain Engklek?

4.Bagaimana caramu bersyukur atas keberagaman yang ada?

5.Apa manfaat yang kamu peroleh dari keberagaman yang ada?

 

Tuliskan jawabanmu pada buku tulis, kemudian fotokan dan kirimkan pada bapak/ibu guru ya!
 
Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa!
 
 
 
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

2 Komentar