Kelas: IV

Tema: 2. Selalu Berhemat Energi

Subtema: 3. Energi Alternatif

Pembelajaran: 6

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, mengidentifikasi berbagai sumber energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan kerja keras dan jujur.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak, sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Energi sangatlah dekat dengan kehidupan kita. Semua aktivitas yang kita lakukan berkaitan dengan energi. Benda-benda di sekitar kita banyak sekali yang menghasilkan energi yang kita manfaatkan untuk keperluan sehari-hari seperti energi cahaya, gerak, suara, dan masih banyak lagi.

Manusia juga memerlukan energi untuk dapat beraktivitas. Manusia mendapatkan sumber energi dari makanan dan minuman kemudian energi tersebut dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas, misalnya berolahraga.

Oh ya, tahukah Ananda bahwa hari ini adalah Hari Olahraga Nasional? Jangan lupa berolahraga ya agar kita selalu sehat! Masih ingatkah Ananda apa saja sumber energi alternatif yang ada di sekitar kita dan bagaimana pemanfaatannya?

Sekarang, ayo kita bermain teka-teki silang tentang energi alternatif di bawah ini!


Kamu dapat mencetaknya terlebih dahulu atau menyalinnya pada buku tulismu. Kemudian isilah teka-teki silangnya. Kalau sudah selesai, minta tolong ayah/bunda untuk memfoto dan mengirimkannya ke WA bapak/ibu guru ya!

Kita mempunyai kewajiban untuk menghemat energi yang jumlahnya sangat terbatas karena energi tersebut suatu saat akan habis. Selain menghemat, kita juga mempunyai kewajiban untuk terus-menerus mencari cara untuk menciptakan energi alternatif agar kebutuhan akan energi tetap dapat terpenuhi.

Sekarang, mari kita membaca teks tentang kewajiban dan hak terhadap lingkungan dengan pemanfaatan energi alternatif di bawah ini!

Kewajiban dan Hak terhadap Lingkungan

Berdasarkan informasi tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.Apa saja kewajiban kita terhadap lingkungan?

2.Tulislah 3 contoh sikap ramah lingkungan? Jelaskan!

3.Mengapa penggunaan energi alternatif merupakan salah satu bagian dari    tanggung jawab kita? Jelaskan!

4.Berikan 3 contoh kebiasaan yang dapat kamu lakukan di rumah untuk    menghemat energi!

5.Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban terlebih dahulu sebelum    mendapatkan hak terhadap lingkungan?

Kerjakanlah pada buku tulismu! Kalau sudah selesai, fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini. Mari kita akhiri dengan membaca doa. Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

0 Komentar