Kelas: IV

Tema: 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Subtema: 2: Keberagaman Makhluk Hidup Di Lingkunganku

Pembelajaran: 1.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat serta upaya pelestariannya dengan penuh tanggung jawab.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak sebagai makhluk sosial kita hidup berdampingan dengan makhluk hidup yang lain. Makhluk hidup di sekitar kita ada beragam. Ada tumbuhan dan juga hewan.

Makhluk hidup termasuk salah satu sumber daya alam lho. Yuk kita pelajari lebih dalam ya. Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan, misalnya pisang. Tanaman pisang banyak kita jumpai, tanaman ini mudah tumbuh, mudah perawatannya, banyak manfaatnya, dan bernilai ekonomi juga. Hampir seluruh bagian tanaman pisang dapat diambil manfaatnya oleh manusia.

Sumber daya alam yang berasal dari hewan, contoh ayam. Ayam adalah binatang ternak yang paling banyak kita jumpai. Yuk kita lihat, bagian apa saja yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dan bernilai ekonomi? Ayam diambil daging dan telurnya untuk dikonsumsi, karena daging dan telur ayam adalah sumber protein yang berguna bagi kesehatan manusia. Bahkan bulu ayampun bisa dimanfaatkan oleh manusia, untuk apa ya?

Simak penjelasan lengkapnya pada tautan berikut

Setelah menyimak video, tugas kalian mengamati sumber daya alam yang ada di sekitar kalian, baik tumbuhan maupun hewan.

Anak-anak, kita telah mengamati sumber daya alam berupa makhluk hidup di sekitar kita. Nah selain memanfaatkan sumber daya alam tersebut kita juga mempunyai kewajiban untuk menjaga kelestariannya. Karena kalau tidak dijaga bisa punah. 

Selain itu kita juga mempunyai kewajiban untuk mencari sumber energi alternatif.
Kalau sudah selesai melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, kalian isi tabel berikut! Beri penjelasan  sumber daya alam yang dapat dijadikan sumber energi alternatif, di bagian bawah tabel ya!

Selamat mengerjakan anak-anak!

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih, sampai jumpa minggu depan! Yuk lebih semangat belajar karena tanggal 21-24 September nanti kita akan melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS), anak-anak sudah siap kan? Semangat!

 

Sumber:

RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Dr. Sri Handayani, MM

Rusto Wibowo, M.Pd

Jajaran Guru Penulis RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

0 Komentar