Kelas: IV

Tema: 2. Selalu Berhemat Energi

Subtema: 3. Energi Alternatif

Pembelajaran: 4

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan, dan desimal.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Energi alternatif banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah sebagai pembangkit listrik. Sumber energi listrik yang ada negara kita berasal dari pembangkit listrik yang memanfaatkan energi alternatif yang terbarukan dan juga energi yang tidak terbarukan. Seperti PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air, PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), dan masih banyak lagi.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa sumber pembangkit listrik terbesar di negara kita dan bahkan di dunia masih disuplai dari energi utama yang tidak terbarukan yaitu batu bara.

Oleh sebab itu kita harus bijak dalam memanfaatkan energi sesuai dengan hak dan kewajiban kita.

Tahukah Ananda, apa saja hak dan kewajiban kita dalam menggunakan energi listrik? Mari kita simak melalui video berikut ini ya!


Sekarang, amatilah lingkungan rumahmu. Tulislah fakta-fakta yang kamu temui mengenai kesadaran anggota keluargamu dalam menghemat energi. Tulislah fakta-fakta yang kamu temukan pada tabel berikut.


Kerjakan pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Bagaimana hasil pengamatanmu? Apabila masih ditemukan hal yang belum baik dalam pemanfaatan energi, maka kita harus memperbaikinya ya!

Masih ingatkah Ananda tentang cara melakukan pembulatan dan juga penaksiran bilangan? Nah, hari ini kita akan melakukan penaksiran untuk membantu Siti dan Ayahnya yang sedang pergi ke toko listrik membeli beberapa perlengkapan listrik yang rusak. Berikut adalah daftar harganya:

Kalau sudah selesai, fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih dan sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!

 

 

Sumber: RPP DInas Pendidikan DKI Jakarta

0 Komentar