Kelas: IV

Tema: 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Subtema: 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran: 6

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan dengan mandiri dan bertanggung jawab.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, bagaimana dengan tanaman yang kamu tanam sebelumnya? Apakah dapat tumbuh dengan baik? Mengapa? Sebelumnya kamu telah menanam tumbuhan dan merawatnya. Sekarang kamu akan melakukan refleksi tentang pertumbuhan dan perawatan terhadap tanaman tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.

Berdasarkan jawaban-jawabanmu tersebut, selanjutnya buatlah pemaparan tentang perkembangan tanamanmu melalui video atau voice note. Kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Memelihara tumbuhan adalah salah satu wujud rasa syukur kita terhadap ciptaan Tuhan. Dengan menyayangi tumbuhan berarti kita peduli terhadap sesama makhluk hidup.

Apakah anggota keluargamu juga suka memelihara tumbuhan? Ayo kita cari tahu dengan mewawancarainya! Kamu dapat memilih salah satu anggota keluargamu sebagai narasumber.

Buatlah daftar pertanyaan sebanyak-banyaknya, kemudian pilihlah pertanyaan-pertanyaanmu berdasarkan kriteria pertanyaan yang baik!

Agar hasil wawancara maksimal, maka pewawancara perlu memperhatikan hal-hal penting berikut baik sebelum melakukan wawancara, ketika melakukan wawancara, maupun setelah melakukan wawancara!

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Wawancara


A. Sebelum Melakukan Wawancara

1.Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai.

2.Tunjukkan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu.

3.Berpakaian dengan sopan.

4.Berbicara dan bersikap santun.

5.Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan.

6.Pertanyaan yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana).

7.Berlatih agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.

B. Kriteria Pertanyaan yang Baik dalam Wawancara

C.  Ketika Sedang Melakukan Wawancara

1.   Perkenalkan diri sebelum wawancara.

2.   Sampaikan tujuan wawancara.

3.   Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan.

4. Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh. Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik wawancara.

5.   Sebutkan nama narasumber secara lengkap.

6. Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.

7.   Dengarkan pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.

8.   Hindari memotong ucapan nara sumber agar keterangan tidak terputus.

9.   Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber.

10. Hindari pertanyaan yang berbelit-belit.

11. Hormati petunjuk narasumber.

12. Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.

13. Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat.

D. Setelah Melakukan Wawancara

1.   Mohon diri.

2.   Ucapkan terima kasih.

3.  Sampaikan permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.

Rekamlah kegiatan wawancaramu dalam bentuk video atau voice note, lalu kirimkan kepada bapak/ibu guru ya!

Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendmpingi Ananda belajar di rumah. Mari kita akhiri kegiatan pembelajaran hari ini dengan membaca doa! Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

 

0 Komentar