BDR KELAS 4 SELASA, 8 SEPTEMBER 2020
Kelas: IV
Tema: 2. Selalu Berhemat Energi
Subtema: 3. Energi Alternatif
Pembelajaran: 5
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi, menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada dengan mandiri dan penuh kreativitas.
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Ananda, setiap hari kita memanfaatkan sumber daya alam sebagai makanan pokok. Salah satunya adalah singkong.
Ayo, kita cari tahu lebih lanjut tentang singkong melalui video berikut ini!
Selain dijadikan sebagai makanan, singkong dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif yang dikenal dengan sebutan Bioetanol. Bensin yang dicampur dengan Bioetanol kualitasnya lebih baik.
Selain singkong, sumber bioetanol lainnya dapat berupa ubi jalar, tebu, jagung, sorgum biji, sorgum manis, sagu, aren, nipah, lontar, kelapa, dan padi. Sumber bioetanol yang cukup potensial dikembangkan di Indonesia adalah singkong.
Berdasarkan informasi yang telah kamu peroleh, jawablah pertanyaan berikut!
Kerjakan pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Menggunakan energi alternatif artinya menjaga kelestarian sumber energi untuk masa depan. Dengan mengurangi penggunaan sumber energi tidak terbarukan seperti bahan bakar minyak, maka kita akan menjaga ketersediaannya dan mengurangi pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari emisi gas buang.
Mari kita mulai dari diri sendiri! Kurangi penggunaan kendaraan bermotor. Apabila kamu ingin bepergian ke tempat-tempat yang tidak jauh dari rumah, kamu dapat berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Selain menghemat penggunaan BBM, dengan berjalan kaki atau bersepeda dapat membuat tubuh kita lebih sehat.
Selanjutnya Ananda akan menyanyikan lagu “Kring Kring Ada Sepeda”. Perhatikan cara menyanyikan lagu tersebut. Kemudian, cermati tempo dan tinggi rendah nada lagunya pada video berikut ini!
Mintalah bantuan ayah/bunda untuk membimbingmu mempelajarinya, kemudian cobalah menyanyikannya! Jangan lupa rekam dalam bentuk video atau voice note kemudian kirim ke WA bapak/ibu guru ya!
Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 Komentar