Kelas: IV

Tema: 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Subtema: 3. Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran: 1

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari -hari, menyajikan hasil identifikasi pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya dengan santun dan kreatif.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukanaktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yangbersih dan nyaman. Ketika kita membuang sampahsembarangan, kita sudah mengambil hak orang lain. Berikut ini ada kisah dari Udin, Lani, dan Beni yang berkunjung ke pasar. Mari kita membacanya!

Pergi ke Pasar

Pulang sekolah, Udin, Lani dan Beni berkunjung ke pasar. Beni ingin membeli sapu ijuk titipan ibunya. Hari itu, pasar terlihat rame. Mereka masuk ke bagian dalam dan mencari penjual sapu ijuk. Tak berapa lama, Udin menutup hidungnya. Ia tak kuat menahan bau menusuk yang datang dari sampah yang berantakan di pasar. Lani dan Beni juga ikut menutup hidung mereka. Untungnya, penjual ijuk segera terlihat. Mereka segera mendatangi dan membeli sapu ijuk.

“Beni, ayo kita segera pergi dari sini. Aku sudah tidak tahan dengan baunya.”bisik Udin.

“Iya, Udin. Ayo kita pergi!”sahut Beni.

“Mengapa baunya bisa seperti ini teman-teman?”tanya Lani.

“Sepertinya, keadaan ini karena banyak sekali sampah yang tidak dibuang ditempatnya, sehingga baunya busuk. Aku khawatir, pembeli bisa sakit”

“Wah, kalau seperti ini terus, bisa-bisa nanti terjadi banjir karena aliran air

tidak lancar,”keluh Udin. “Apa yang harus kita lakukan, ya, teman-teman?”

“Salah satunya, kita harus membuang sampah pada tempatnya,”jawab Beni.

Dalam hati, mereka tidak ingin hal seperti itu terjadi pada lingkungan pasar.

Hari itu, Lani, Beni dan Udin mendapat pengalaman berharga.

                                                     Sumber: Buku Siswa Tema 3 Kelas IV SD. Kemendikbud

Berdasarkan teks tersebut, jawablah soal-soal berikut ini ya!
 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Bagaimana cara kita mencintai lingkungan? Apakah Ananda sudah menunjukkan sikap cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari? Kita harus menjaga lingkungan agar senantiasa bersih dan asri. Hal tersebut merupakan salah satu wujud kecintaan dan kepedulian kita terhadap lingkungan.

Bagaimana cara menjaga lingkungan agar tetap terjaga kelestariannya? Mari kita simak video berikut ini!

 

Setelah menyimak video tadi, sekarang coba Ananda tuliskan cara menjaga lingkungan dalam peta pikiran seperti berikut ini!

Sumber:  Buku Siswa Tema 3 Kelas IV SD. Kemendikbud

Kamu dapat membuat peta pikiran dengan bentuk yang berbeda sesuai kreativitasmu. Kalau sudah selesai, fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!

Sampai jumpa besok!

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

  Dr. Sri Handayani, MM

             Rusto Wibowo, M.Pd

0 Komentar