BDR KELAS 4 JUMAT, 13 NOVEMBER 2020
Tema: 5. Pahlawanku
Subtema: 1. Perjuangan Para Pahlawan
Pembelajaran: 3
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat, menyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya dengan mandiri dan tanggung jawab.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Sebelum memulai kegiatan hari ini ayo kita lakukan PSN terlebih dahulu di rumah agar lingkungan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit demam berdarah! Laporkan kegiatan PSN-mu kepada bapak/ibu guru ya!
Pantang menyerah merupakan sikap yang perlu diteladani dari seorang pahlawan. Kamu juga dapat menerapkan sikap tersebut dalam pembelajaran, misalnya ketika melakukan percobaan. Kamu sudah pernah melakukan percobaan tentang cahaya.
Ananda,
cahaya putih yang kita lihat sebenarnya terdiri dari tujuh warna. Untuk
membuktikannya kita bisa melakukan percobaan denganmembuat cakram
warna.Perhatikan cara membuatnya pada video berikut ini!
Potong kertas membentuk lingkaran, warnai kertas sesuai dengan tujuh warna pelangi. Putarlah kertas tersebut dengan kecepatan tinggi. Perhatikan warna yang tampak saat kertas berputar kencang. Cobalah beberapa variasi besar juring lingkaran pada setiap warna. Amati hasilnya, variasi manakah yang menghasilkan warna putih paling jelas?
Videokan kegiatanmu saat mempraktikkan penggunaan cakram warna tersebut! Selanjutnya tuliskan laporan hasil percobaanmu pada tabel seperti berikut ini!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!
Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kamu sudah mencoba melakukan pembulatan bilangan cacah. Kitajugadapat melakukan pembulatan pada pecahan desimal. Bagaimana cara melakukan pembulatan pada pecahan desimal?
Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari kita simak tayangan berikut ini!
Bagaimana Anak-anak? Mudah bukan? Apabila kamu mengalami kesulitan dalam memahaminya, kamu dapat bertanya kepada bapak/ibu guru atau ayah/bunda di rumah!
Selanjutnya, sebagai latihan kerjakanlah kuis di bawah ini!
https://forms.gle/Sh8pxnmsetqWoM37A
Bagaimana hasilnya? Apakah kamu memperoleh skor yang tinggi? Hebat!
Apabila kamu belum mencapai skor yang tinggi, jangan berkecil hati. Pelajari kembali materi-materinya dan terus berlatih!
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
---------------------------------------------------------------------------------
0 Komentar