Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 2. Pahlawan Kebanggaanku

Pembelajaran: 1

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak tayangan video, peserta didik dapatmenyajikan laporan hasil percobaan percobaan tentang sifat-sifat cahaya, menyajikan hasil identifikasi kerajaan Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini dengan disiplin dan mandiri.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ketika masa kerajaan Hindu-Buddha mulai melemah, masuklah agama Islam di wilayah Indonesia. Siapa yang mempunyai peranan penting di masakerajaan Islam? Salah satu tokoh yang terkenal gigih dan gagah berani pada masa kerajaan Islam adalah Sultan Hasanuddin dari Kerajaan Gowa-Tallo di Makassar. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut melalui tayangan berikut ini!

 

Nah, dari tayangan yang telah kalian saksikan tadi, tuliskanlah hal-hal yang kalian ketahui dan hal-hal ingin kalian ketehui lebih lanjut tentang Sultan Hasanudin pada tabel berikut ini!

 

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Bagaimana cara kamu menghargai jasa para pahlawan? Jelaskan jawabanmu!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Ananda, dari kisah Sultan Hasanuddin kita belajar tentang kegigihan dan keberaniannya dalam memimpin peperangan untuk melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang.

Nah, tahukah kamu bagaimana cara orang zaman dahulu berkomunikasi ketika berperang? Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan cahaya yang dipantulkan melalui cermin.

 

Amati gambar di atas. Amati pula gambar skema pantulan sinar matahari pada cermin datar. Sekarang saatnya kamu mempraktikkan cara berkomunikasi menggunakan cahaya dan cermin dengan anggota keluarga di rumah! Lakukan percobaan sesuai petunjuk pada lembar kerja berikut ini!

 

 

Videokan/fotokan kegiatan percobaanmu, kemudian buat laporan hasil percobaan dari kegiatan yang telah kamu lakukan tersebut! Apabila telah selesai, kirimkan hasilnya kepada bapak/Ibu guru! Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! 

Sampai jumpa besok!

 

Sumber: 

            RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

            Buku Siswa Kelas IV Tematik Terpadu Kurikulum 2013 . Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

---------------------------------------------------------------------------------

 

0 Komentar