Tema: 4. Berbagai Pekerjaan

Subtema: 3. Pekerjaan Orang Tuaku

Pembelajaran: 2

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan makna hubungan simbol dengan sila ketiga Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari, menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya dengan santun dan bertanggung jawab.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, tentu kamu masih ingat cerita ayah Beni yang merupakan seorang pengrajin kayu bukan? Tahukah kamu dari mana kayu bisa didapatkan? Ya, kayu bisa didapat dari pohon-pohon yang ada di hutan. Salah satu hutan di Indonesia yang sering diambil pohonnya adalah hutan di Kalimantan.

Dahulu hutan Kalimantan sangat lebat dan merupakan paru-paru dunia (penghasil oksigen).

Akan tetapi, kini pohon-pohonnya semakin berkurang. Sering sekali karena kebakaran hutan.

Perhatikan kenampakan hutan di Kalimantan pada gambar di bawah ini!

 

Warna hijau menunjukkan adanya pohon dan warna putih menunjukkan hutan yang gundul.

Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Menurutmu bagaimana perkembangan pohon yang ada di hutan  Kalimantan dari tahun ke tahun?

2. Menurutmu, mengapa kenampakan hutan pada tahun 1950 dan  2010 sangat berbeda?

3. Bagaimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?

4. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?

5.Sikap apa yang sebaiknya dimiliki oleh pengrajin kayu agar kelestarian hutan tetap terjaga?

6. Jenis pekerjaan apa yang berhubungan dengan pelestarian hutan?

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Anak-anak, banyak pekerjaan yang dapat dilakukan secara bersama-sama atau gotong royong. Dengan gotong royong pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat diselesaikan. Gotong royong merupakan salah satu wujud dari pengamalan sila ke-3 Pancasila. Apa makna dari sila ke-3 Pancasila dan juga simbolnya? Mari kita simak penjelasannya melalui tayangan berikut!

Sumber: https://youtu.be/S61V8UbfNZI

Setelah menyaksikan tayangan tersebut, selanjutnya kerjakanlah soal-soal berikut ini!

1.Jelaskan makna dari sila Persatuan Indonesia!

2.Berikut ini adalah simbol sila ke-3!

 

Jelaskan arti simbol tersebut!

3.Bagaimana hubungan makna sila ke-3 Pancasila dengan simbolnya?

4.Tulislah contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ketiga!

5.Bagaimana jika nila-nilai yang terkandung dalam sila ke-3 Pancasila tidak diamalkan dengan baik?

6.Apa jenis pekerjaan orang tuamu? Ceritakan pekerjaan orangtuamu dan hubungannya dengan sila ke-3 Pancasila!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

0 Komentar