Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 1. Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran: 5

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi, menyelesaikan masalah pengukuran panjang dan satuan panjang, mengidentifikasi kerajaan Hindu-Buddha di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini dengan santun dan teliti.

Assalamu alaikum, apa kabar Ananda hari ini? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Ananda, pada akhir masa Kerajaan Hindu-Buddha, muncullah tokoh-tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Siapakah mereka? Mari, kita cari tahu melalui tayangan berikut ini!

 

Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari video tersebut!

Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.Kapan Kerajaan Majapahit berdiri?

2.Dimanakah pusat Kerajaan Majapahit? Wilayah mana saja yang menjadi kekuasaan Kerajaan Majapahit?

3.Apa hal yang dapat kamu teladani dari sosok Hayam Wuruk?

4.Apa tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa?

5.Apakah perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia saat ini? Jelaskan jawabanmu dan berikan contoh!

6.Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari sikap Gajah Mada?

7.Apakah Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit? Jelaskan!

8.Bagaimana pendapatmu tentang Candi Penataran? Tuliskan pendapatmu tentang Candi Penataran dengan bahasamu sendiri!

Kerjakanlah pada buku tulismu, bila telah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Ananda, pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengatahui cara pembulatan bilangan. Untuk mengetahui ukuran panjang ataupun berat suatu benda biasanya kita menggunakan alat ukur. Misalnya untuk mengukur panjang, kita dapat menggunakan penggaris, meteran saku, atau meteran pita.

Nah, setiap alat ukur memiliki satuan dan fungsinya masing-masing. Kali ini kita akan mempelajari alat ukur dan satuan panjang. Mari kita simakvideo berikut ini!

 

Setelah menyaksikan video tersebut, selanjutnya ayo kerjakan soal-soal berikut ini!

1.Perhatikan benda-benda berikut! Tuliskanlah alat ukur yang sesuai untuk mengukur benda di bawah ini!

 

2.Isilah titik-titik di bawah ini dengan bilangan yang tepat!

a.3 m = ... cm

b.60 hm = ... m

c.75 km = ... dm

d.250 mm = ... cm

e.400 dam = ... dm

f.850 dam = ... km

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!

BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6hariini
BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelas5hariini
BDR KELAS 4: http://bit.ly/bdrkelas4hariini
BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3hariini
BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelas2hariini
BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1hariini 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

0 Komentar