Tema: 4. Berbagai Pekerjaan

Subtema: 3. Pekerjaan Orang Tuaku

Pembelajaran: 1

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyampaikan hasil identifikasi unsur-unsur yang terdapat pada cerita secara tertulis dalam bentuk peta pikiran, mengidentifikasi keragaman ekonomi di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang dengan kreatif dan mandiri.

Anak-anak, tahukah kamu seorang pendongeng? Pendongeng adalah orang yang menyampaikan dongeng kepada orang lain. Mendengarkan dongeng sangat menyenangkan. Karena di Indonesia kaya akan dongeng yang menarik untuk diceritakan. Mendongeng adalah pekerjaan orang tua Sani, teman Udin. Salah satu dongeng kegemaran Sani adalah yang berjudul ‘Tupai dan Ikan Gabus’. Kali ini kamu akan menyimak dongeng yang berjudul ‘Tupai dan Ikan Gabus’. Simak videonya berikut ini ya!

 

Ananda, tentu kamu masih ingat bukan unsur-unsur yang terdapat pada cerita? Berdasarkan cerita tersebut, temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan pada kolom berikut!

 

Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut? Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Tahukah kamu, dalam bercerita, pendongeng sering menggunakan wayang yang terbuat dari kayu. Wayang tersebut dibuat oleh pengrajin kayu. Ayo, kita cari tahu lebih lanjut tentang pekerjaan pengrajin kayu!

Pekerjaan ayah Beni adalah pengrajin kayu. Mau tahu apa saja yang dilakukannya? Ini cerita Beni.

Pekerjaan ayahku adalah pengrajin kayu. Ayahku membuat meja dan kursi. Untuk menghasilkan kursi, awalnya ayahku membeli kayu, memotongnya, membentuk menjadi kursi, menghaluskan, lalu mengecatnya. Waktu yang dihabiskan untuk membuat kursi kurang lebih 1 minggu. Ayahku menjual meja dan kursi buatannya ke toko mebel. Ditoko mebel itulah orang-orang bisa membeli meja dan kursi buatan ayahku.

Sumber daya alam yang digunakan oleh ayahku adalah kayu. Dari manakah kayu berasal? Apakah kayu tersebut dapat diperbarui?

Berikut adalah proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi.


Jawablah pertanyaan berikut ini!

1.Produk apa yang dihasilkan oleh ayah Beni?

2.Apakah pekerjaan ayah Beni termasuk menghasilkan barang atau jasa? Jelaskan alasanmu?

3.Jelaskan proses yang terjadi sehingga meja dan kursi bisa sampai dirumahmu!

4.Profesi apa saja yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumahmu?

5.Adakah pengrajin di sekitarmu? Tulislah tentang pengrajin tersebut dengan memuat produk yang dihasilkan, sumber daya alam yang dipakai, jenis pekerjaan yang dilibatkan, dan manfaat terhadap masyarakat sekitar!

6.Apa pekerjaan ayahmu? Ceritakan ya.

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!

Untuk Kegiatan Belajar dari Rumah Kelas 1-6 silakan klik link berikut ini:

 BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6hariini

BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelas5hariini

BDR KELAS 4: https://bit.ly/bdrkelas4hariini

BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3hariini

BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelas2hariini

BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1hariini

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

0 Komentar