Assalamu alaikum Sahabat semua... Alhamdulillah bertemu lagi kita dalam keadaan sehat dan ceria..Yesss!! Haha... masih terasa gembiranya ketika kemarin hampir kehilangan project media pembelajaran interaktif, eh ketemu solusinya dari postingan youtube channel Sriwah Ono. Nah ini dia penampakan project Media Pembelajaran Interaktif saya yang belum sempat diexport menjadi aplikasi. Masih berupa project.

Gambar tampilan preview project media pembelajaran interaktif menggunakan SAC

Koq bisa expired sih? Nah, jadi gini. Saya kan masih belajar menggunakan aplikasi ini. Jadi milih download software ini yang versi trial selama 30 hari. Karena kalau beli softwarenya hmmm blom ikhlas karena belum mahir menggunakannya. 

Saat itu saya coba membuat media pembelajaran interaktif "Siklus Hewan" yang terdiri dari 18 slide. Nah lumayan banyak kan, karena aku belajar juga mebuat kuis juga di situ. Jadi setelah mempelajari materi maka pengguna bisa mengerjakan latihan dan bisa langsung mengetahui skor nilainya.

Namanya juga masih belajar, jadi saya lumayan lama juga membuatnya, berhari-hari. Biasalah...setiap membuat media pembelajaran pasti saya lamanya di hal-hal yang kurang penting. Maksudnya lama saat milih-milih warna, milih background, milih gambar tokoh atau ilustrasi, dan sebagainya. Bukan lama mikir flow chart nya haha.

Tapi ya begitulah, setiap belajar sesuatu yang baru itu pasti ada cerita serunya. Itulah mengapa saya suka belajar hal-hal baru yang diomongin orang pada bisa bikin, nah pengen juga bisa dong. Saya sih yakin bisa aja karena jaman sekarang ini segala macam ilmu sudah bertebaran di internet. Mau belajar nggelar tiker juga ada..haha becanda..belum pernah juga sih searching tutorial nggelar tiker :v

Jadi seperti gambar ini ya Sahabat, tidak seperti kemarin yang ada tulisan expired dan minta kode untuk bisa mengakses lagi.

Gambar tampilan project MPI saya yang sudah tidak ada tanda expired

Nah ternyata caranya simpel banget. Hanya dengan memundurkan waktu di laptop kita. Memeundurkan waktu? Iya, jadi settingan tanggal dan jam yang ada di sebelah kanan bawah layar laptop kita itu tinggal klik kanan saja lalu ubah tanggalnya ke tahun sebelum kita install aplikasi SAC itu. Jangan lupa matikan koneksi internetnya ya. Sebab kalau internet dalam keadaan connected atau terhubung, dijamin gagal haha... Makanya inget-inget ya, atur mundurin tanggal dan matikan koneksi internet. Begitu tanggalnya sudah dimundurin dan internet dalam keadaan tidak tersambung, lalu buka aplikasi SAC yang sebelumnya expired. Dan, taraaaaaaa......berhasil kebuka project saya yang belum sempat export menjadi aplikasi itu. Plong rasanya. Tadinya udah mau nangis karena sayang banget kan kerjaan sia-sia. Ah lebay ya!

Jadi seperti itu solusi simpel banget mengatasi software SAC yang sudah expired. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang mungkin pernah panik seperti saya hehe.

Akhirnya, selamat berakhir pekan dan jangan lupa bahagia.

#saminisinau

#SAC

#smartAppsCreator

#sahasapos

#rumahbelajar

#kemdikbud

#berbagiTIK


0 Komentar