Assalamu alaikum sahabat semua...semoga tetap sehat tetap semangat ya... Alhamdulillah semangat untuk terus belajar tetap saya jaga. Kali ini saya akan mengikuti Sertifikasi Google for Education Level 2. 

Sebelum menempuh ujian sertifikasi ini, saya akan mengikuti bootcamp yang akan diselenggarakan selama satu bulan secara online melalui media google meet, google classroom, google chat, dan google grup.

Seperti apa sih ujian sertifikasi Google ini? Waah...pengalaman mengikuti ujian sertifikasi Google for Education Level 1 kemarin...memang luar biasa. Ujian dilakukan secara online. Kita diberikan akun ujian dari Google. Kemudian kita mengikuti ujian itu selama 3 jam berturut-turut meliputi ujian teori dan praktik. Saat ujian itu memang mendebarkan karena kamera laptop harus nyala selama ujian dan tentu saja jaringan internet harus stabil. Menyediakan koneksi internet cadangan misalnya dengan tethering HP agar tidak terganggu jika tiba-tiba koneksi putus.

Pengalaman saya ketika ujian level 1 itu, kita diminta logout dari semua akun kita. Lalu kita login ke web ujian menggunakan akun ujian yang diberikan. Menit-menit awal mendebarkan. Apakah saya bisa menyelesaikan ujian sesuai batas waktu yang ditentukan?

Untuk pengerjaan soal-soal teori seharusnya waktu yang diperlukan adalah 30 menit. Begitu saran semua Coach dari Bootcamp GCE L1 Batch 4 dari Refo Indonesia. Tapiiiii...saya 40 menit mengerjakannya. Panik mulai melanda. Menurut teman-teman yang sudah ujian, jangan sampai lebih dari 30 menit mengerjakan soal teori karena kita butuh waktu banyak untuk pengerjaan soal-soal praktik. saya berusaha menenangkan diri dengan meyakinkan diri saya bahwa penguasaan di praktik saya lebih baik dibanding teori.

Pukul 19.30  saya mulai ujian. Tak lupa memberitahukan ini kepada keluarga. "Mama mau ujian Google ya, jangan ada yang tanya atau ajak bicara selama tiga jam ini ya," begitu pesan saya ke anak dan suami. Detik demi detik pun berlalu...sementara kamera terus menyala seolah mengawasi saya yang sedang ujian. Ntah muka saya seperti apa haha..pasti kusam dan berkerut berusaha mengingat materi. 

Waktu yang terus berkurang membuat saya harus menambah kecepatan membaca dan memahami soal. Pukul 22.10 saya selesai mengerjakan ujian. 

Tak kalah mendebarkan adalah saat menunggu hasil. Berkali-kali refresh halaman email untuk mengecek apakah sudah ada hasil yang dikirim dari Google. Kurang lebih satu jam saya menunggu, datanglah email dari Google itu. Ragu-ragu untuk membuka...ketika saya buka dan baca...alhamdulillah lulus Google Certified Educator Level 1.

Dari pengalaman itu saya banyak belajar. Terutama saat bootcamp dan berkolaborasi dengan teman-teman sesama peserta bootcamp. Saya merasa harus terus belajar. Akhirnya saya mendaftar untuk ikut bootcamp Google Certified Education yang diselenggarakan oleh Refo Indonesia. Saya yakin kalau kita mau belajar, maka insya Allah pasti bisa.

Semoga tulisan ini menginspirasi sahabat semua untuk terus belajar.

Samini, 2 April 2021


0 Komentar