Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Halo Sobat Pendidik. Bertemu lagi kita di pembahasan tentang Assemblr Edu, sebuah aplikasi keren yang memudahkan kita para pendidik khususnya untuk dapat menampilkan benda-benda yang kita sajikan dalam kegiatan belajar secara lebih nyata, yaitu dalam bentuk 3D dan Augmented Reality. 

Melalui sajian 3D dan Augmented Reality ini kita harapkan peserta didik kita akan lebih tertarik dan merasa senang dalam belajar, yang kemudian berdampak positif bagi kemajuan belajar peserta didik kita. 

Kali ini saya akan tampilkan project 3D sederhana saya ke blog saya ini. Berikut project sederhana tentang bagian-bagian tumbuhan yang saya buat menggunakan aplikasi Assemblr Edu dalam rangka belajar membuat bahan ajar 3D dan Augmented Reality. Project ini saya buat menggunakan HP Android saja. Pada awal belajar saya belum mengetahui bahwa project ini dapat dibuat menggunakan Assemblr Studio Webplayer yang dapat dioperasikan menggunakan laptop atau PC dan tentunya lebih ringan loadingnya serta mudah meletakkan object-object 3D nya ke dalam project. Oleh karena itu, setelah saya mengetahui ada cara yang lebih mudah yaitu menggunakan web browser, saya nyaris tidak membuat project lagi menggunakan HP. 

Tentu Sobat Pendidik setuju juga dengan saya untuk memilih  membuat project menggunakan laptop daripada menggunakan HP. Alasannya bukan karena menggunakan HP tidak dapat menghasilkan project yang bagus, tetapi lebih kepada kemudahan dalam mengatur object-object 3D yang kita gunakan. Membuat project menggunakan HP tampilan layarnya lebih kecil sehingga kita perlu sangat hati-hati dalam menyusun object-object 3D dalam poject kita. Berbeda sekali ketika kita menggunakan Assemblr Studio Webplayer, dengan mudah kita dapat menggeser-geser dan menyusun object-object 3D ke dalam project kita menggunakan mouse. Ini terasa jauh lebih mudah.

Dan inilah hasil ujicoba saya belajar membuat bahan ajar 3D dan Augmented Reality menggunakan Assemblr Edu di HP Android. Oh iya, Sobat pendidik juga dapat menginstallnya di Iphone Sobat pendidik melalui App Store. Penasaran seperti apa hasilnya ketika ditampilkan di blog? Silakan Sobat simak hasil project saya tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada bagian akhir postingan ini. 

Ternyata cukup mudah menampilkan hasil project 3D menggunakan Assemblr Edu di blog. Dalam hal ini saya menyematkan di blogger. Caranya hanya menyalin kode embed ketika kita publish project kita di Assemblr Edu di HP atau Assemblr Webplayer di laptop lalu tempelkan (paste) ke HTML pada postingan blog kita seperti yang saya sematkan di bagian akhir postingan ini. 

Bagaimana Sobat Pendidik, tertarik untuk menyematkan hasil project Sobat Pendidik di blog? Segera buat project Assemblr Edu, kemudian copy kode embednya lalu pastekan di HTML postingan Sobat Pendidik semua.

Akhirnya, semoga tulisan ini menginspirasi Sobat Pendidik untuk terus berinovasi demi kemajuan pendidikan Indonesia. Jika Sobat Pendidik penasaran dan belum tahu apa itu Assemblr Edu, Sobat Pendidik dapat kunjungi penjelasan detailnya di Assemblr Edu

Salam merdeka belajar bersama Assemblr Edu

#assemblrworld
#assemblredu

0 Komentar