Tema: 4. Berbagai Pekerjaan

Subtema: 3. Pekerjaan Orang Tuaku

Pembelajaran: 3

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya, menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman ekonomi di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang, dengan teliti dan percaya diri.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Sampah yang menumpuk di sekitar lingkungan kita tentu akan mengganggu kelestarian sumber daya alam dan mencemari lingkungan. Oleh sebab itu, sampah harus diolah dengan baik agar dapat dikurangi sehingga tidak terjadi penumpukan.

Mengolah sampah bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan melakukan 5R, yaitu: Reduce, Reuse, Recycle, Replace, dan Replant. Ayo kita cari tahu lebih lanjut dengan menyaksikan tayangan berikut ini!


Sumber: https://youtu.be/abSeC9K3JEI

Setelah menyimak tayangan tadi. Sajikanlah upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah sampah tersebut dalam bentuk peta pikiran seperti di bawah ini!

 

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian foto dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Mengolah sampah termasuk kegiatan melestarikan sumber daya alam karena kita menggunakan barang-barang bekas.

Salah satu pekerjaan yang memanfaatkan barang bekas adalah pengrajin cenderamata seperti yang dijelaskan pada video tadi. Seorang pengrajin barang bekas, mengolah barang bekas atau sampah menjadi benda yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Selain itu, pekerjaan ini juga mengurangi tumpukan sampah yang ada di sekitar kita.

Memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai merupakan pekerjaan yang mulia. Di samping dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan.

Selanjutnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.Apa saja produk yang dihasilkan pengrajin cendera mata?

2.Menurutmu, pengrajin cendera mata termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang atau jasa? Jelaskan!

3.Sikap apa yang dapat kamu contoh dari pengrajin barang bekas?

4.Apakah di sekitar tempat tinggalmu terdapat pekerjaan yang memanfaatkan barang-barang bekas menjadi kerajinan atau sejenisnya? Bagaimana dampak kegiatan tersebut terhadap masyarakat sekitar dan lingkungan?

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa! Sampai jumpa besok!

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

0 Komentar