Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Salam sejahtera, salam sehat untuk kita semua. Apa kabar Sobat semua? Semoga semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat belajar dan belajar sebagai seorang pendidik. 

Kali ini saya akan kembali menampilkan karya saya berupa media pembelajran interaktif AR (Augmented Reality) dan 3D menggunakan Assemblr Edu. Sebagaimana pada postingan sebelumnya telah saya sampaikan bahwa Assemblr Edu merupakan sebuah platform yang memudahkan guru dalam membuat media pembelajaran digital interaktif berbasis 3D dan AR.

Kali ini saya membuat media pembelajaran interaktif berbasis 3D/AR muatan pelajaran IPA Kelas 1 berjudul "Tempat Hidup Hewan" Pada projek ini saya menggunakan asset 3D Cartoon Hewan dan lingkungan air serta lingkungan hutan.

Untuk menambahkan efek-efek animasi, saya menggunakan fitur interactivity yang ada di Assemblr Studio:
- Move Custom
- Scale Custom
- Rotate
- Media Video Play
- Media Video Stop
- Jump Up - Switch Scene

Walaupun  hanya sedikit asset 3D  yang saya gunakan, namun saya berusaha berusaha menarik perhatian siswa dengan memberikan efek-efek berputar sambil turun ke bawah, berputas sambil maju ke depan, serta muncul dari arah yang saya tentukan. 

Untuk suara atau voice over pada projek ini saya rekam sendiri menggunakan suara saya, lalu saya gunakan fitur voice changer dari aplikasi kinemaster, lalu saya upload ke youtube. Nah, link youtube inilah yang saya masukkan ke fitur video lalu saya nol kan ukuran videonya sehingga tidak tampak video, namun suara tetap dapat didengarkan.

Penasaran seperti apa hasilnya? Yuk silakan Sobat simak medianya berikut ini!


Projek ini masih jauh dari sempurna, namun saya selalu mencoba untuk membuat karya ini selain dapat dimanfaatkan bersama peserta didik, sekaligus mengasah ketrampilan saya dalam membuat media pembelajaran digital berbasis 3D dan AR menggunakan Assemblr Edu

Akhirnya, semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menginspirasi Sobat semua.
Salam merdeka belajar bersama Assemblr Edu

#assemblrworld #assemblrEDU #augmentedreality #tutorialaugmentedreality

0 Komentar