Kisah pertemuan saya dengan tokoh penting di balik postingan blog ini https://akusregepsinau.blogspot.com/

Assalamu alaikum, apa kabar? Semoga Sobat semua dalam keadaan sehat, tetap ceria dan salam Sahasapos (Satu Hari Satu Postingan)!

Setiap hari Senin hingga Jumat blog ini berisi tentang kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Pembelajaran yang diselenggarakan jarak jauh selama masa pandemi Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Namun untuk Sabtu dan Minggu tetap Sahasapos dong…

Oh ya, sebelum lanjut ke cerita hari ini, ingin sekali saya mengucapkan  terima kasih banyaaak….pokoknya terima kasih to the moon and back deh buat sobat Sahasapos yang setia mengunjungi blog ini.

Blog ini baru saya buat bulan Juli 2020, mengawali BDR Semester I Tahun Ajaran 2020/2021, alhamdulillah pengunjungnya hingga hari ini sudah mencapai 461.520 orang. Dukungan yang luar biasa dari Sobat semua, menyemangati saya untuk terus menulis di blog ini.

Namun tahukah Sobat tokoh-tokoh penting di balik postingan blog ini? Yuk, simak kisahnya berikut ini!

 

Blog ini bukan blog pertama saya, sebelumnya saya juga menulis blog di Kompasiana dan Wordpress, namun blog-blog tersebut tak terurus karena berbagai alasan yang menyebabkan saya jarang posting di blog-blog tersebut.

Di awal Semester I Tahun Ajaran 2020/2021, berkaca pada pengalaman melaksanakan BDR di semester sebelumnya yang kurang efektif, maka saya berusaha mencari cara agar pembelajaran yang diikuti peserta didik kelas saya dari rumah bisa berjalan dengan lebih baik. Berangkat dari niat itulah akhirnya saya membuat blog ini yang saya khususkan untuk kegiatan pembelajaran peserta didik Kelas IV, sesuai dengan kelas yang saya ampu tahun pelajaran ini.

Setiap hari di grup WhatsApp sekolah dibagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk bahan acuan mengajar di semua kelas, mulai dari kelas I hingga kelas VI.

Ketika saya pelajari RPP tersebut, ternyata isinya merupakan kegiatan rinci dan menggambarkan kegiatan pembelajaran yang akan diselenggarakan esok hari mulai dari awal hingga akhir pembelajaran.

Wah kegiatan belajarnya sudah detail langkah-langkahnya. Bagaimana ya cara sederhana menyampaikan ke peserta didik di kelas saya, sekaligus mendokumentasikan kegiatan tersebut? Begitu yang terlintas dalam benak saya. Tentu saya harus membuat tautan yang dapat saya lampirkan di Google Classroom dan WhatsApp grup kelas saya.

Akhirnya saya buatlah blog ini untuk kelas IV dan membagikan tautannya ke Google Classroom dan grup WhatsApp kelas saya. Karena RPP yang dibagikan dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta itu lengkap dari kelas I hingga kelas VI, maka saya mencoba untuk mengisi blog ini dengan kegiatan pembelajaran Belajar Dari Rumah untuk kelas I sampai dengan kelas VI, dan ternyata teman-teman merasa terbantu dengan adanya blog ini untuk dimanfaatkan di kelasnya. Setiap hari tak kurang dari 6.000 orang mengunjungi blog ini.

 

Pada awal mengisi blog ini, saya konsultasi terlebih dahulu melalui media Telegram ke Bapak Andi Sulistiyono dari Pusdatin Kemendikbud, karena saya merasa awam tentang hal-hal mengenai hak cipta dalam penulisan blog. Saat itu saya baru saja selesai mengikuti webinar “Blog Sebagai Media Pembelajaran” yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud dan nara sumbernya adalah bapak Andi Sulistiyono. Saya tanyakan apakah boleh saya menuliskan kembali kegiatan di RPP yang dishare dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta itu di blog saya. Saya lega ketika beliau menjawab, boleh. Kalau memang RPP itu dishare dari Dinas Pendidikan, ya tentu boleh untuk digunakan, cantumkan saja sumbernya, begitu saran beliau.

Nah, tokoh penting yang saya maksudkan di awal tadi, adalah beliau-beliau yang membidani RPP yang saya pindahkan kegiatan belajarnya di blog ini. Sebenarnya saya memang berkeinginan untuk menemui beliau, mengucapkan terima kasih atas sharing ilmunya yang sangat bermanfaat. Ternyata secara tak sengaja saya dapat bertemu beliau pada sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat SD dan Pusdatin di Hotel D’Anaya di Bogor, Jawa Barat.

Saya meyakini bahwa tak ada yang kebetulan di dunia ini. Semua adalah kehendak Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang mengantar langkah kita menuju kepada sesuatu yang kita usahakan. Beliau adalah Bapak Drs. Joko Sugiarto, M.Pd (Kasudin Wilayah I Jakarta Selatan), Ibu Dr. Sri Handayani, M.M dan Bapak Rusto Wibowo, M.Pd. Terima kasih Ibu dan Bapak untuk sharing ilmunya yang sangat bermanfaat. Semoga kesehatan dan kesejahteraan kehidupan senantiasa menyertai hari-hari Ibu dan Bapak, dan menjadi amal jariyah yang akan mengalir terus dan memberatkan timbangan amal kebaikan di hari perhitungan kelak. Terima kasih juga untuk para guru di bawah bimbingan Ibu dan Bapak yang telah menulis RPP yang dibagikan kepada kami.

Terima kasih juga untuk dukungan sobat Sahasapos yang menjadi suplemen saya dalam menulis di blog ini. Sampai jumpa  esok hari di BDR Kelas I sampai dengan Kelas VI.

Wassalamu alaikum, salam Sahasapos!

 

Samini

Cakung, 6 September 2020

0 Komentar