Kelas : IV
Tema : 2. Selalu Berhemat Energi
Subtema : 1. Sumber Energi
Pembelajaran : 2

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat Menentukan sikap yang benar dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat serta dapat menyanyikan lagu dengan tempo dan tinggi rendah nada dengan tepat dan percaya diri.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. 

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan! 

Kalian sudah mempelajari manfaat energi panas matahari. Salah satu manfaat energi panas adalah untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Hari ini kita akan belajar menyanyikan lagu yang bertemakan tanaman. Apa ya kira-kira judul lagunya? Ya, hari ini kita akan belajar menyanyikan lagu ‘Menanam Jagung’.

Kamu dapat melihat teks dan notasi angkanya di bawah ini:

Dalam menyanyikan sebuah lagu kita harus memperhatikan tinggi rendah nada. Tahukah kamu apa itu tinggi rendah nada?

Berikut ini adalah urutan tinggi rendah nada:


Semakin ke kanan nada akan semakin tinggi.

Pada lagu tersebut tertulis bahwa biramanya adalah 4/4, artinya dalam satu birama terdapat 4 ketukan. Satu ketukan bernilai 1/4. 

menunjukkan bahwa kedua nada dalam satu ketukan. Masing-masing 1/8 ketukan.

Bagaimana cara menyanyikannya? Yuk, kita simak video berikut ini!

 
Sumber:  https://youtu.be/mDXbBirxa2g 
Mintalah bantuan Ayah/Bunda untuk membimbing mempelajarinya, kemudian cobalah menyanyikannya! Jangan lupa rekam dalam bentuk video atau voice note kemudian kirim ke WA bapak/ibu guru ya!

Tanaman jagung dapat tumbuh karena mendapat energi panas matahari dan juga air. Nah, air juga merupakan salah satu sumber energi yang sangat penting.

Tubuh kita membutuhkan air untuk beraktivitas. Tidak hanya manusia, tumbuhan, dan hewan juga membutuhkan air. Selain diminum, air juga kita gunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan lain-lain.

Air juga dapat dimanfaatkan sebagi sumber energi listrik. Salah satunya dengan menggunakan kincir air.

Kita semua berhak mendapatkan air bersih, namun jangan sampai lupa kita juga berkewajiban untuk senantiasa menjaga ketersediannya.

Tahukah ananda apa itu hak dan kewajiban? Mari kita simak video berikut ini!


Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari video tersebut ya!

Selanjutnya, kita kerjakan latihan berikut ini yuk!

Kalau sudah selesai fotokan hasil pekerjaanmu dan kirimkan kepada bapak/ibu guru ya! 

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi ananda belajar hari ini. Mari kita akhiri kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa sesudah belajar. Terima kasih, sampai jumpa!

 

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

1 Komentar