Kelas: IV

Tema: 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Subtema: 1: Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran: 2.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari –hari serta membuat karya seni kolase.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Anak-anak, sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak bagaimana PSN hari ini? Masih ada jentikkah? Bila kalian menemukan jentik dari tempat penampungan air yang tidak bisa dikuras maka taburi tampungan air tersebut dengan bubuk abate. Abate yang ditabur di bak penampungan air akan mampu membasmi jentik. Bebas jentik bebas demam berdarah!

Nah sekarang coba kalian amati hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar rumah kalian. Hewan apa yang menarik perhatian kalian? Kalian bisa lho membuatnya dalam karya kolase. Bahan yang digunakan cukup mengambil bahan yang ada di sekitar kalian. Kita lihat yuk contohnya pada video berikut!

Kalian bebas memilih hewan yang akan di buat kolasenya dan bebas pula memilih bahannya!

Selamat berkarya, Anak-anak telah mengisi waktu dengan produktif. Produktif artinya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Hasil karyanya dipajang ya, kemudian foto dan kirimkan ke Bapak/Ibu Guru ya!

Waaah hasil kolasenya bagus-bagus lho. Anak-anak, siapa yang di rumahnya ada kebun? Atau siapa yang pernah mengunjungi kebun milik petani? Tanaman apa yang kalian lihat? Tuhan menganugerahi kita tanah yang subur, kita punya hak untuk memanfaatkan tanah itu. Anak-anak jika kalian diberikan hak atas sebidang tanah yang subur, coba pikirkan tanah tersebut akan kalian apakan ya?

Anak-anak tahu tidak tanggal 11 September ini merupakan Hari Radio Republik Indonesia (RRI)? Apa yang kalian tahu tentang radio? Ya betul, Penyiar!

Dalam rangka memperingati hari Radio maka isilah waktu libur kalian untuk berakting sebagai penyiar. Kalian bertugas sebagai penyiar cilik yang menyiarkan kepada masyarakat tentang (pilih)

1.Upaya memutus mata rantai Covid-19

2.Pentingnya terus belajar di masa pandemic

3.Tema lain tentang kesehatan/pendidikan

Rekam aksi kalian dalam voice note dan kirimkan ke Bapak/Ibu guru pada hari Senin mendatang ya

Ucapkan terima kasih pada ayah, bunda, atau siapapun yang membantu kalian belajar.

Sampai jumpa pada pembelajaran minggu depan ya.

 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 

0 Komentar