BDR KELAS 4 KAMIS, 1 OKTOBER 2020
Kelas: IV
Tema: 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema: 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran: 5
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi, melakukan apresiasi karya seni rupa mozaik dengan percaya diri jujur.
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukanaktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
Tahukah Ananda bahwa hewan yang berbeda mempunyai tempat yang berbeda untuk hidup? Tuhan menciptakan hewan dengan bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Setiap jenis hewan memiliki tempat hidup dengan karakteristik masing-masing. Tempat hidup tergantung kepada ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh hewan tersebut.
Ciri-ciri khusus hewan mempunyai hubungan yang erat dengan karakteristik tempat hidupnya. Ayo, cari tahu lebih lanjut tentang hubungan karakteristik tempat hidup hewan dengan ciri-ciri khususnya melalui video berikut ini!
Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis hewan yang hidup di sekitar wilayah tersebut.
Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi). Hewan apa saja yang cocok hidup di wilayah tersebut? Kelompokkan hewan tersebut berdasarkan karakteristik tempat hidupnya. Kamu dapat menggali informasi dari berbagai sumber buku, internet, atau bertanya kepada ayah/bunda narasumber.
Tulis hasil temuanmu pada kolom berikut ya!
Ceritakan hasil temuanmu melalui voice note dan kirimkan ke WA Bapak/Ibu guru ya!
Pada pertemuan sebelumnya kamu dan teman-temanmu telah membuat karya seni mozaik tentang hewan atau tumbuhan. Pamerkan mozaik tersebut dengan mengirimkan fotonya di WA Grup ya!
Jelaskan hasil karyamu kepada teman-temanmu dengan melalui tulisan atau voice note. Amati hasil karya teman-temanmu tersebut dan beri komentar sebagai bentuk apresiasimu! Tuliskan pada buku tulismu. Pilih salah satu hasil karya temanmu.
Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.
Tuliskan pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru! Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini!
Sampai jumpa besok!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
Dr. Sri Handayani, MM
Rusto Wibowo, M.Pd
0 Komentar