Kelas: IV

Tema: 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Subtema: 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran: 4

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, menentukan faktor dan kelipatan suatu bilangan dengan telitidan percaya diri.

Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga Ayah/Bunda senantiasa dalam keadaan sehat. Pada hari ini kita masih melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Mohon bimbingan Ayah/Bunda untuk mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.

Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan wabah demam berdarah. Terima kasih.

Tumbuhan di sekitar kita memiliki banyak manfaat. Namun harus diingat, kita harus bijak dalam memanfaatkannya ya! Selain menggunakan dengan tidak berlebihan. Tanaman juga perlu kitarawat. Tanaman yang kita rawat menjadi subur. Ketika tanaman subur kitaakan mendapatkan manfaat yang lebih baik dari tanaman.Sekarang, ayo kita membaca cerita Lani dan adiknya dalam merawat tanaman pada tautan berikut!

Lani dan Adiknya

Lani mempunyai tanaman yang ditanamnya di rumah. Setiap pagi dan sore hari, Lani selalu menyiram tanamannya. Selain menyiram Lani juga memberikan pupuk seminggu sekali. Tanaman Lani tumbuh dengan subur. 

Adik Lani juga mempunyai tanaman yang ditanam di rumah. Sering kali, ia lupa untuk menyiram tanamannya. Ia juga jarang memberikan pupuk. Lani sudah sering mengingatkan adiknya. Namun, adik Lani selalu lupa. Ia lebih senang menonton TV dan bermain. Tanaman miliknya layu dan hampir mati.

Setelah membaca cerita tersebut, jawablah pertanyaan-peretanyaan berikut ini!


Ananda, pada pembelajaran berikutnya kita akan mempelajari tentang Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Baik FPB maupun KPK sering kali digunakan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum mempelajari FPB dan KPK, kita harus memahami terlebih dahulu faktor dan juga kelipatan suatu bilangan.

Mari kita simak penjelasannya pada video berikut!

Bagaimana? Mudah bukan? Apabila ada penjelasan yang kurang dipahami, Ananda dapat bertanya kepada ayah/bunda di rumah atau bapak/ibu guru ya!

Selanjutnya, ayo coba kita kerjakan soal-soal berikut ini!

1.Faktor dari 15 = ....

2.Faktor dari 24 = ....

3.Kelipatan bilangan 8 =....

4.Kelipatan bilangan 15 = ....

5.Kelipatan bilangan 21 =....

Kerjakanlah pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan hasil pekerjaanmu kepada bapak/ibu guru!

Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Sampai jumpa

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

 


0 Komentar