BDR KELAS 4 JUMAT, 9 OKTOBER 2020
Kelas: IV
Tema: 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Subtema: 3. Ayo Cintai Lingkungan
Pembelajaran: 5
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari–hari, melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis dengan santun dan bertanggung jawab.
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Sebelum memulai kegiatan hari ini ayo kita lakukan PSN terlebih dahulu di rumah agar lingkungan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit demam berdarah! Laporkan kegiatan PSN-mu kepada bapak/ibu guru ya.
Ananda, hari ini tanggal 9 Oktober 2020 diperingati sebagai hari pos sedunia.
Tahukah Ananda apa itu pos? Pos merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan pengiriman, seperti: dokumen tertulis, uang, ataupun barang. Pos di Indonesia sudah ada sejak zaman Hindia-Belanda.
Pada saat itu pos banyak diguakan untuk berkomunikasi secara tertulis dengan saling berkirim surat. Namun, seiring perkembangan zaman dan ditemukannya telepon genggam, masyarakat semakin sedikit yang menggunakan pos untuk mengirim surat.
Apakah kamu atau anggota keluargamu memiliki pengalaman berkirim surat, uang, atau barang menggunakan jasa Pos Indonesia? Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang Pos Indonesia dengan bertanya kepada ayah/bunda di rumah sebagai narasumber!
Buatlah daftar pertanyanmu, kemudian lakukan kegiatan wawancara dengan ayah/bunda di rumah. Selanjutnya tuliskan hasil wawancaramu dalam bentuk laporan hasil wawancara yang meliputi:
Latar belakang: ………………………………………………….
Maksud dan tujuan: …………………………………………….
Topik dan tujuan: ………………………………………………..
Topik wawancara: ……………………………………………….
Waktu dan tempat kegiatan: …………………………………….
Laporan hasil wawancara: ……………………………………….
Kesimpulan: ………………………………………………………..
Buatlah laporan hasil wawancaranya pada buku tulismu kemudian fotokan dan kirimkan kepada bapak/ibu guru!
Anak-anak, bagaimana sikap kita terhadap lingkungan? Yuk kita perhatikan video berikut ini!
Menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam merupakan tugas kita bersama. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, dimulai dari hal yang kecil hingga yang besar.
Tuhan menciptakan sumber daya alam untuk dapat dimanfaatkan oleh manusia. Pemanfaatan sumber daya alam secara bijak adalah hal yang sangat penting untuk keseimbangan dan kelestarian alam. Sikap bijak tersebut merupakan wujud kecintaan terhadap lingkungan.
Apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan? Sikap apa yang mencerminkan tidak mencintai lingkungan? Apa ciri-ciri warga yang mencintai lingkungan?
Tuliskan cara pandangmu tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut pada diagram berikut!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan kepada bapak/ibu guru! Ucapkan terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah.
Sampai jumpa pada pembelajaran berikutnya!
Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta
0 Komentar