Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 2. Pahlawan Kebanggaanku

Pembelajaran: 2

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah menyimak tayangan video, peserta didik dapatmenemukan informasi baru dari teks non fiksi, menghubungkan pengetahuannya dengan simbol ke-5 Pancasila, serta menentukan tempo nada pada lagu dengan percaya diri.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Anak-anak masih ingat pelajaran kemarin? Hari ini Jumat, saatnya kita melakukan PSN ya dengan melakukan 3M agar terhindar dari penyakit baik DBD maupun Covid-19. Melaksanakan PSN bersama-sama di rumah merupakan cerminan dari pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung pada sila ke-5 pancasila. Yaitu: suka bekerja keras dan suka melakukan kegiatan untuk mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

Orang yang mau berbuat untuk kebaikan orang lain boleh disebut pahlawan. Dalam kehidupan seseorang pastilah ada tokoh yang dibanggakan.

Siapakah tokoh kebanggaan kalian? Yap! Simpan dulu jawaban kalian.

Sila ke-5 dilambangkan dengan gambar padi dan kapas, mengapa? Karena kedua tanaman tersebut melambangkan kebutuhan dasar manusia yaitu pangan (padi) dan sandang (kapas).

Sekarang untuk lebih jelasnya kita buka link berikut ya, sambil menyimak video, siapkan buku dan catat hal-hal penting atau informasi baru ya.

 

Nah, setelah menyimak video tersebut tugas kalian adalah menyajikan informasi yang kalian catat dari video tersebut. Tuliskan informasi baru yang kalian dapat dalam bentuk teks. Tulis dengan bahasamu sendiri, kemudian fotokan hasilnya dan kirim ke WA bapak/ibu guru ya.

Terima kasih anak-anak yang telah menyelesaikan tugas pertamanya. Pada pertemuan pertama tadi kalian sudah menyimpan tokoh yang kalian anggap sebagai pahlawan kebanggaan kan? Yuk kita hadiahkan kepada pahlawan kebanggaan kita dengan sebuah lagu.

Namun sebelum kita menyanyi sebaiknya kita belajar tentang tempo lagu. Setiap lagu dilengkapi dengan tanda tempo.

Tanda tempo adalah tanda yang digunakan untuk menunjukkan cepat atau lambat dalam menyanyikannya. Ada bermacam tanda tempo, misalnya: Allegro (cepat), allegretto (agak cepat), Moderato (sedang agak cepat), Adagio (lambat), largo (lambat sekali), Andante (sedang).

Nah, berikut akan disajikan beberapa lagu, kalian tentukan tanda tempo yang sesuai ya.

 

Bila sudah diisi foto ya dan kirim ke WA bapak/ibu guru ya.

Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! Sampai Jumpa minggu depan ya.

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

0 Komentar