Tema: 4. Berbagai Pekerjaan

Subtema: 3. Pekerjaan Orang Tuaku

Pembelajaran: 6

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengidentifikasi makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila, mengidentifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi, menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya, mengidentifikasi keragaman ekonomi di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang, Mengenali karakteristik gambar dan bentuk tiga dimensi.

Anak-anak, sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membacadoa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila mintabantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, hari ini adalah tanggal 10 November. Tahukah kamu diperingati sebagai hari apa setiap tanggal tersebut? Ya, tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan untuk mengingat pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945.

Saat itu rakyat Surabaya bersama para pejuang bertempur melawan tentara Inggris. Pada pertempuran tersebut, jumlah kekuatan tentara sekutu sekitar 15.000 pasukan. Sekitar 6.000 rakyat Indonesia pun gugur dalam pertempuran tersebut.

Pada zaman dahulu generasi muda harus berperang dengan bambu runcing dan persenjataan seadanya dalam memperjuangkan kemerdekaan. Di era modern ini, kita dapat turut berjuang dengan belajar serta mengangkat derajat dan martabat bangsa.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, sekarang kita membuat gambar yang bertema kepahlawanan yuk! Berikut ini contohnya!


Gambar tersebut hanyalah contoh ya Anak-anak. Kamu bebas berkreasi membuat gambarmu sendiri!

Buatlah pada buku/kertas gambarmu! Apabila telah selesai, fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Tidak terasa kita sudah berada di akhir pembelajaran Tema 4. Apakah ada hal-hal yang belum Ananda pahami dengan baik? Ananda dapat berdiskusi dengan bapak/ibu guru atau ayah/bunda di rumah ya!

Kita dapat mengambil pelajaran penting dari hal-hal yang telah kita pelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga ilmu yang kita dapatkan dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri, orang lain, dan lingkungan.

Selanjutnya, untuk mengetahui lebih lanjut tentang penguasaan dan pemahaman Ananda tentang pembelajaran yang telah kita lakukan, ayo kita kerjakan soal-soal pada tautan berikut ini!

https://forms.gle/5jS9Rzb5Bop8xc7bA

Bagaimana hasilnya? Apakah kamu memperoleh skor yang tinggi? Hebat! Apabila kamu belum mencapai skor yang tinggi, jangan berkecil hati. Pelajari kembali materi-materinya dan terus berlatih!

Kalau sudah selesai screenshoot skor perolehanmu dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!

Sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Mari kita akhiri pembelajaran hari ini dengan membaca doa! Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah. Sampai jumpa besok!

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

0 Komentar