Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 1. Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran: 4 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menuliskan makna sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyajikan hasil identifikasi kerajaan Buddha di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini dengan mandiri dan tanggung jawab.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu.

Kamu sudah mengetahui perjuangan Raja Purnawarman dan sikap-sikap kepahlawanan yang dimilikinya. Maukah kamu mencari tahu perjuangan raja lainnya? Berikut ini ada kisah tentang Raja Balaputradewa dari Kerajaan Sriwijaya. Mari kita simak tayangannya melalui tautan berikut!

 

Setelah menyimak tayangan tersebut, selanjutnya jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

Kerjakanlah pada buku tulismu, bila telah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Balaputradewa berjuang membangun armada laut dan menjadikan Sriwijaya kerajaan yang makmur. Banyak hal-hal yang dapat kita petik dari perjuangannya.

Berdasarkan perjuangan Balaputradewa, tulislah sikap-sikap yang sesuai dengan sila keempat Pancasila! Jelaskan pula alasanmu!

Selanjutnya, jawablah  soal-soal berikut ini!

1.Bagaimana dengan daerahmu? Apakah ada tokoh sejarah? Tulislah hal-hal baik yang bisa kamu contoh dari tokoh tersebut!

2.Bagaimana denganmu? Apakah kalian sudah mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

3.Sikapku yang sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah ....

4.Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah ....

5.Rencana perbaikan yang harus aku lakukan adalah ....

Kerjakanlah pada buku tulismu, bila telah selesai fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa!

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

0 Komentar