Assalamu alaikum Sahabat semua...

Pandemi yang tak kunjung usai ini mahu tak mahu, suka tak suka harus kita jalani. Bagaimana dan seperti apa cara kita menjalani, itu yang akan menjadi sejarah yang tercatat. Mungkin suatu ketika nanti anak cucu kita menemukan karya kita. Mungkin mereka memanfaatkan karya kita. Mungkin orang-orang merasa terbantu dengan karya kita. Nah, tentu senang sekali kita dikenang seperti itu. Mengisi masa pandemi dengan karya yang berguna. Oleh karenanya yuk kita terus berkarya dengan segala cara yang kita bisa. Tak perlu menunggu sempurna, learning by doing.

Kali ini aku membuat satu lagi Media Pembelajaran Interaktif dengan menggunakan Software Smart Apps Creator. Software yang aku gunakan ini software gratis trial selama sebulan. Hal ini tidak menyurutkan langkahku untuk terus berkarya. Mungkin hobiku juga otak-atik aplikasi tanpa koding seperti ini. Aku menikmati setiap prosesnya.

Pada Media Pembelajaran Interaktif Jelajah Angkasa yang telah aku buat, semua asetnya disediakan oleh panitia pelatihan yang aku ikuti dan sudah aku ceritakan sebelumnya. Namun kali ini aku membuat lagi Media Pembelajaran Interaktif dengan judul Siklus Hewan yang merupakan materi pembelajaran untuk kelas 4, 5, dan 6 Sekolah Dasar.

Media Pembelajaran Interaktif "Siklus Hewan" ini aku buat sendiri. Aku kumpulkan aset-aset gambar dari berbagai sumber yang disediakan gratis di web seperti freepik.com, pixabay.com dan banyak penyedia-penyedia gambar-gambar keren dan gratis yang bisa kita gunakan. Musik juga aku ambil musik-musik gratis dari situs penyedia musik gratis seperti bensound. Sedangkan untuk materi aku juga ambil dari berbagai sumber. 

Nampak sederhana memang, hanya membahas tentang siklus hewan. Namun ternyata butuh usaha yang sungguh-sungguh. Apalagi media pembelajaran ini tanpa pengkaji materi dan pengkaji media, tentu harus lebih hati-hati agar tidak ada informasi yang salah atau materi yang tidak benar. 

Serunya membuat media pembelajaran interaktif menggunakan SAC ini adalah tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk dijadikan aplikasi Android. Begitu selesai, bisa langsung dikirim ke HP Android, install lalu mainkan. Tanpa koding yang ribet-ribet dan njlimet.

 

 Gambar Koleksi Pribadi: Media Pembelajaran Interaktif Siklus Hewan

Sekali membuat media pembelajaran interaktif ini, rasanya ingin membuat lagi, dan tentunya karena software yang aku gunakan ini masih versi trial, tentu aku harus berkejaran dengan waktu. Berharap selama masa trial ini bisa benar-benar menguasai trik-triknya sehingga ketika nanti memutuskan untuk memiliki software yang berlisensi dapat memanfaatkan dengan baik dan dapat menghasilkan banyak karya yang bermanfaat.

Apapun karya kita di masa pandemi ini, itulah jejak langkah kita. Semoga kita semua dapat melewati masa pandemi ini dengan menorehkan karya-karya dan menuai hasilnya kelak sebagai ladang ibadah kita.

#SaminiSinau

#SmatAppsCreator

0 Komentar