Assalamu alaikum...

Salam Sahasapos (Satu hari satu postingan) di blog. Semoga Sahasaposer semua dalam keadaan sehat dan selalu ceria ya. Kali ini aku mahu bahas tentang cara membuat blog mudah hanya menggunakan HP saja. Bagaimana caranya, simak tulisan berikut dan ikuti langkah-langkahnya ya.

Sebelum kita mulai membuat blog, yuk kita cari tahu dulu apa sih yang dimaksud dengan blog itu? Untuk apa blog itu dan siapa saja yang dapat membuat blog? Blog adalah catatan harian yang diunggah ke internet dalam platform website yg bisa dibaca orang sedunia, demikian menurut Pak Dedi Dwitagama, seorang blogger terkenal yang sudah keliling Indonesia, bahkan ke luar negeri karena tulisan-tulisannya di blog.

Isi blog itu sendiri bebas ya, karena ibarat majalah pribadi jadi bebas mahu menulis apa saja. Tentu saja hal-hal yang baik ya. Kalau bisa hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain sehingga kita juga bisa beramal jariah dengan blog tersebut. 

Apakah menulis di blog itu harus tulisan yang bagus, ilmiah dan menggunakan bahasa sesuai dengan tata bahasa yang benar? Nah ini adalah miskonsepsi yang akan mengganggu dan menjadi kendala kita dalam menulis. Menganggap bahwa posting tulisan di blog itu harus bagus, membuat seseorang akan berhenti menulis. Untuk itu kita perlu meluruskan hal ini, bahwa blog yang kita buat adalah milik kita. Kita direkturnya, kita pemimpin redaksinya, dan kita pula penerbitnya. Jadi bebas kita mau membuat tulisan apa saja yang penting tidak melanggar norma-norma agama dan norma-norma sosial budaya tentunya. Tulisan-tulisan yang telah kita posting di blog masih dapat kita perbaiki. Jadi misalnya ketika kita membaca ulang, kita ingin perbaiki, masih bisa. Jadi mulai saja menulis, dan teruslah menulis.

Apapun yang kita tulis di blog, pasti bisa terbit karena tanpa sensor sana sini. Berbeda dengan ketika kita mengirimkan tulisan kita ke majalah-majalah, atau ke koran-koran untuk diterbitkan. Ini tentu tidak dapat dipastikan bahwa tulisan kita itu pasti akan terbit. Namun melalui blog pribadi ini, maka tulisan yang kita buat sudah pasti bisa diterbitkan dan dapat dibaca oleh orang sedunia. Waah keren ya. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera membuat blog sekarang juga. 

Menurutku, blog yang paling mudah dibuat dan gratis seumur hidup itu adalah blogspot. Blogspot merupakan produk dari google dan mudah dibuatnya. Bahkan tanpa menggunakan laptoppun kita tetap dapat membuat blog lalu menulis dan posting menggunakan HP. Bagaimana caranya ya? Yuk simak tayangan video melalui link berikut ini:

Sumber: https://youtu.be/haQYX0_AKZo

Nah, mudah sekali bukan? Karena mudah dibuat, maka siapa saja dapat membuat blog. Para pengusaha untuk mempromosikan usahanya, para dosen, guru dapat memberikan pembelajaran melalui blog ini. Bahkan emak-emak juga bisa membuat blog lalu menawarkan barang-barang dagangannya dengan memposting foto-foto yang menarik minat para calon pembelinya. 

Dan, anak-anak sekolahpun juga dapat membuat blog, dan tentu saja bagi anak-anak sekolah, blog sangat banyak manfaatnya. Selain untuk latihan menulis, maka dengan ngeblog maka pasti pengetahuannya akan bertambah, sebab sebelum menulis di blog, meskipun hanya akan menulis curhatan pribadi, tentu perlu melihat-lihat contoh postingan orang sehingga membaca-baca tulisan orang lain, buku, atau majalah. Selain itu, menjadi dokumentasi yang keren. Jika membuat blog sejak usia dini, maka sejarah hidup seorang anak itu akan terdokumentasi dengan baik hingga kelak ia dewasa. 

Menulis adalah sebuah keterampilan yang bisa dilatih. Ketika rajin berlatih menulis, maka semakin hari akan semakin lancar dan merasa ada yang kurang jika sehari saja tidak menulis. Untuk itu bagi para siswa mulai dari siswa Sekolah Dasar, segeralah membuat blog. Tuliskan apa saja yang ingin kalian tulis di blog. Meskipun isi blog kalian nanti cuma curhatan, tapi yakinlah suatu saat nanti kalian akan menjadi penulis handal.

Akhirnya semoga tulisan ini menginspirasi dan menyemangati kita semua untuk terus menulis setiap hari.

Salam Sahasapos.. Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

#Sahasapos

#SaminiSinau

#blogspot

#blogger

0 Komentar