Mari Kita Lawan Konten Hoaks

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh

Salam Kemerdekaan.....

Merdeka!

Merdeka!

Merdeka!

Hari ini Senin, 17 Agustus 1945 tepat 75 tahun Indonesia merdeka. Usia yang tak muda lagi bagi bangsa ini. Jika kita analogikan dengan usia manusia, maka usia 75 tahun bukan lagi sekedar dewasa. Semoga demikian dengan bangsa ini. Sudah lebih dari dewasa.

Lalu, kita sebagai rakyat dari bangsa besar ini, kontribusi apa yang sudah kita berikan untuk bangsa ini? Semoga kita semua dapat memberikan yang terbaik untuk kemajuan dan kesejahteraan Indonesia. Sebab, kemerdekaan Indonesia tak diraih dengan mudah. Darah, air mata, dan nyawa telah banyak dikorbankan. Hingga akhirnya Allah meridloi kemerdekaan Indonesia.

Kini, kita tak perlu mengangkat senjata.

Namun, apakah kita tak lagi perlu berjuang? Perjuangan kan terus berlanjut. Mengisi kemerdekaan ini adalah tanggung jawab yang ada di pundak kita. Kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia menjadi tanggung jawab kita bersama. Bukan melulu menjadi tugas pemerintah. 

Mari berkarya mengisi kemerdekaan ini. 

Bagi kita para pendidik, maka tentu saja kita bisa berkontribusi untuk negara kita tercinta ini melalui karya-karya yang bermanfaat dalam bidang pendiikan sehingga pendidikan Indonesia maju dan menjadi contoh bagi negara-negara lain.

Di sini saya mencontohkan membuat video pembelajaran. Mengapa membuat video pembelajaran? Karena dengan membuat video pembelajaran, maka bisa dimanfaatkan untuk peserta didik kita. Selain itu juga untuk melawan konten-konten hoaks yang tersebar di internet. Melalui postingan-postingan konten  positif, kita sudah berkontribusi untuk mengisi kemerdekaan ini. Menghentikan penyebaran konten-konten hoaks hampir tak mungkin. Sebab ketika satu situs diblokir, maka orang dengan mudah dapat membuat situs baru.

Maka dari itu apa yang kita bisa lakukan untuk melawan konten-konten hoaks dan konten-konten negatif, adalah dengan cara memproduksi konten-konten positif. Jika setiap kita membuat dan memposting konten positif, sehingga jumlahnya sangat banyak, maka dengan sendirinya konten-konten hoaks itu akan tenggelam.

Tentu sebagai pemula seperti saya, membuat dulu konten-konten sederhana. Contoh video pembelajaran yang saya buat ini hanya menggunakan HP. Merekam video dengan HP kemudian saya edit menggunakan aplikasi Kinemaster yang bisa dengan mudah didownload dari play store untuk HP Android. Kemudian setelah selesai, upload ke youtube, seperti contoh video pembelajaran saya yang bisa sahabat semua kunjungi di channel youtube saya di:

https://contohvideopembelajaran 

Atau sahabat dapat saksikan videonya di sini:

 
 
Nah, jika hanya dengan menggunakan HP Android yang memang sudah sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari, kita bisa berkontribusi dalam dunia pendidikan, mengapa kita tak lakukan?
Yuk berkarya!
Mari kita jadikan moment kemerdekaan ke 75 ini menjadi tonggak sejarah kita memulai berkarya!
Selamat berkarya ya sahabat....
Merdeka!
 
Samini Share
Senin, 17 Agustus 2020
 
 


 

0 Komentar