Tema: 5. Pahlawanku

Subtema: 1. Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran: 6

Tujuan Pembelajaran 

Setelah mencermati tayangan video, peserta didik dapat menjelaskan makna nilai-nilai sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dan menjelaskannya secara lisan dengan bahasa sendiri dengan santun dan bertanggung jawab.

Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya! Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!

Ananda, Tahukah kamu, siapa lagi pahlawan yang berjuang untuk mempertahankan wilayahnya? Bagaimana sifat perjuangan pahlawan tersebut? Salah satu pahlawan yang berjuang demi mempertahankan wilayahnya adalah Pangeran Diponegoro. Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang Pangeran Diponegoro melalui tayangan berikut ini!

 

Catatlah informasi penting yang kamu peroleh dari video tersebut. Berdasarkan informasi yang kamu peroleh, buatlah peta pikiran mengenai Pangeran Diponegoro!

 

Buatlah peta pikiran tersebut pada buku tulismu, selanjutnya paparkan informasi pada peta pikiran tersebut kepada bapak/ibu guru melalui rekaman suara/voice note!

Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati.

Usaha ini berhasil karena Pangeran Diponegoro melakukannya disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.

Banyak hal yang dapat kita teladani dari perilaku dan perjuangan yang telah dilakukan oleh Pangeran Diponegoro.

Selanjutnya, jawablah soal-soal berikut ini!

1.Apa yang dapat kamu teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro? Jelaskan jawbanmu!

2.Apakah semangat Pangeran Diponegoro menyatukan rakyat yang berbedabedadapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh!

3.Sejalan dengan sila berapakah sikap pangeran Diponegoro tersebut?

4.Apakah kamu menemukan sikap lain yang mencerminkan sila-sila dalam Pancasila yang bisa diteladani dari Pangeran Diponegoro?

5.Apakah kamu pernah bekerja sama dengan teman yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan?

Tulis pengalaman bekerja sama yang pernah kamu lakukan!

Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru!

Sampai di sini pembelajaran hari ini. Ucapkanlah terima kasih kepada ayah/bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah! Mari kita akhiri dengan membaca doa!

Sampai jumpa besok!

Kunjungi juga:
BDR KELAS 6: https://bit.ly/bdrkelas6hariini
BDR KELAS 5: https://bit.ly/bdrkelas5hariini
BDR KELAS 4: http://bit.ly/bdrkelas4hariini
BDR KELAS 3: https://bit.ly/bdrkelas3hariini
BDR KELAS 2: https://bit.ly/bdrkelas2hariini
BDR KELAS 1: https://bit.ly/bdrkelas1hariini 

 

Sumber: RPP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

---------------------------------------------------------------------------------

 

0 Komentar